BlogLifestyleEdukasi10 Rekomendasi Warna yang Bagus Untuk Kaligrafi
0
0

10 Rekomendasi Warna yang Bagus Untuk Kaligrafi

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kaligrafi merupakan seni menulis dengan gaya yang unik sehingga menciptakan tulisan yang indah. Tulisan yang dibuat dalam teknik kaligrafi dapat digunakan untuk keperluan literatur maupun hiasan. Selain kemampuan dalam pembuatan tulisan tersebut, perpaduan warna yang bagus untuk kaligrafi juga mendukung terciptanya karya kaligrafi yang indah.

Menciptakan suasana rumah yang nyaman dan indah memang impian semua orang. Selain harus menyiapkan budget yang bisa dibilang tidak sedikit, Pins juga harus memikirkan faktor-faktor penunjang keindahan suatu rumah. Mulai dari memilih warna cat tembok, memilih desain rumah, furnitur, hingga dekorasi rumah di dalamnya.

Penempatan dekorasi seperti lukisan kaligrafi dapat menjadi salah satu contoh ide hiasan rumah yang dapat Pins pertimbangkan. Hal penting yang perlu Pins ketahui bahwa pemilihan warna yang bagus untuk kaligrafi akan menambah kesan tersendiri bagi ruangan.

Apa Pins sudah mengetahui apa warna yang bagus untuk kaligrafi sebagai hiasan ruangan? Seorang ahli yang mengetahui cara mewarnai kaligrafi yang bagus memang sudah mulai banyak di pasaran. Pins dapat membelinya di toko online maupun memesannya secara kustom.

Tapi sebelum itu, simak dulu yuk mengenai serba-serbi kaligrafi serta perpaduan warna yang bagus untuk kaligrafi sebagai salah satu dekorasi ruangan di rumah!

Baca juga: 13 Dekorasi Ramadhan Simple yang Pastinya Membuat Hunian Syahdu

Mengenal Jenis Kaligrafi

Karya seni tulisan kaligrafi sudah terkenal di Arab dari abad ke-3 sebelum masehi. Al-Quran dan puisi islam tertuang dengan indah dengan kekhasan gaya kaligrafi yang ditulis oleh masyarakat Arab. Maka dari itu tidak heran bahwa kaligrafi identik dengan tulisan Arab islami yang dibuat dengan penulisan indah.

Padahal, seni kaligrafi juga berkembang di beberapa negara Eropa dan China. Untuk Pins yang sudah berencana ingin menempatkan tulisan kaligrafi sebagai dekorasi rumah, ada baiknya Pins mengenal terlebih dahulu ragam jenis ornamen kaligrafi islam berikut ini:

Khat Nasakh

Source : failfaire.org

Khat Kufi

Source : failfaire.org

Khat Riq’ah

warna kaligrafi yang bagus
Source : failfaire.org

Khat Tsuluts

Source : failfaire.org

Khat Diwani

Source : failfaire.org

Perpaduan Warna Kaligrafi yang Bagus Untuk Dekorasi

Setelah Pins mengetahui ragam jenis tulisan kaligrafi yang dapat dijadikan dekorasi rumah, kini anda pun harus mengetahui perpaduan warna kaligrafi agar selaras dengan tema ruangan. Berikut adalah warna yang bagus untuk kaligrafi beserta contoh lukisan sebagai ide dekorasi rumah Pins.

Kaligrafi Warna Hitam dan Putih

Source : alibaba.com

Hitam dan putih memang merupakan warna yang bagus untuk kaligrafi simple. Rumah minimalis Pins yang banyak mengambil warna dasar yang simpel, dapat memakai dekorasi kaligrafi dengan warna hitam putih. Dipadupadankan dengan desain sofa minimalis berwarna abu-abu, lukisan kaligrafi akan terlihat lebih menonjol. Apa Pins tertarik?

Kaligrafi Warna Gradient yang Lembut

Source : bp-guide.id

Cara mewarnai kaligrafi yang bagus, dapat terlihat dari teknik pewarnaan yang tepat pada lukisan. Permainan warna menarik yang indah seperti warna gradasi dapat Pins adaptasi sebagai hiasan dekorasi ruang tamu.

Dengan permainan warna latar belakang yaitu putih maka, tulisan kaligrafi akan terlihat lebih lembut dan menarik. Warna kaligrafi satu ini cocok diaplikasikan untuk desain ruang tamu mewah dengan kesan lembut.

Kaligrafi Warna Abstrak

warna kaligrafi yang bagus
Source : bp-guide.id

Perpaduan warna kaligrafi yang unik juga dapat anda gunakan pada desain lukisan abstrak. Cocok untuk Pins yang menyukai desain rumah industrial maupun rumah dengan corak penuh warna. Lukisan kaligrafi ini dapat Pins pasang di ruang keluarga maupun ruang tamu. Baik tanpa frame maupun dengan frame.

Kaligrafi Warna Hitam dan Emas

warna kaligrafi yang bagus
Source : blibli.com

Rekomendasi selanjutnya untuk desain warna kaligrafi yang menarik adalah hitam dan emas. Kedua warna ini bila dijadikan satu kesatuan akan menimbulkan kesan elegan dan mewah. Kaligrafi seperti ini memang cocok ditempatkan pada rumah dengan gaya modern yang elegan. Warna kaligrafi ini juga cocok ditempatkan untuk melengkapi desain mushola dalam rumah.

Kaligrafi Warna Biru Muda dan Biru Tua

warna kaligrafi yang bagus
Source : rafigambar.blogspot.com

Warna kaligrafi selanjutnya adalah perpaduan warna biru. Jenis kaligrafi Khat Kufi yang modern bisa Pins padupadankan dengan warna biru muda dan biru tua seperti pada contoh di atas.

Cara mewarnai kaligrafi yang bagus memang dapat terlihat dari bagaimana dekorasi kaligrafi tersebut sedap dipandang mata. Bayangkan bila lukisan di atas dipajang di ruang keluarga milik Pins? Warna biru laut cocok untuk dipadukan dengan desain rumah minimalis dengan sedikit aksesoris di dalamnya.

Kaligrafi Warna Coklat dan Gold

Source : Pinterest

Bagi Pins yang menyukai dekorasi ruangan mewah, mungkin perpaduan warna kaligrafi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Perpaduan warna coklat dan gold ini mampu menciptakan kesan mewah dan elegan meski di ruangan minimalis sekalipun. Tambahkan aksen gold dengan finishing yang nampak berkilau untuk menambahkan kesan yang lebih mewah.

Kaligrafi Warna Hitam dan Silver

warna yang bagus untuk kaligrafi
Source : Pinterest

Jika sebelumnya perpaduan warna coklat dan gold cocok diterapkan pada desain rumah mewah, maka perpaduan warna hitam dan silver ini cocok untuk diterapkan pada desain rumah monokrom. Desain simpel dengan warna hitam dan tulisan silver tentunya akan sangat cocok jika dipadukan dengan warna ruangan monokrom yang netral.

Kaligrafi Warna Hijau dan Cream

Source : Pinterest

Jika Pins ingin menggunakan kaligrafi sebagai dekorasi kamar tidur, mungkin perpaduan warna hijau dan cream yang satu ini bisa kamu pilih. Selain mampu mempercantik kamar tidur, hiasan calligraphy pada kamar tidur ini juga mampu memberikan kesan ketenangan saat Pins berada di sana.

Kaligrafi Warna Pink Salem

warna yang bagus untuk kaligrafi
Source : Pinterest

Perpaduan warna yang bagus untuk kaligrafi selanjutnya adalah pink salem. Seperti yang kita ketahui, warna pink dan salem memang merupakan jenis warna pastel yang mampu memberikan kesan lembut pada ruangan. Pins bisa menggunakan kalimat asmaul husna atau nama-nama Allah SWT sebagai inspirasi.

Kaligrafi dengan Perpaduan Tiga Warna

warna yang bagus untuk kaligrafi
Source : Pinterest

Terakhir, Pins juga bisa memadukan 3 warna yang berbeda untuk kaligrafi yang menawan. Namun sebelum memadukan tiga warna tersebut, pastikan Pins memilih warna yang cocok ya! Sebagai inspirasi, Pins bisa menirukan perpaduan warna hitam, coklat, dan putih seperti pada gambar di atas.

Demikianlah beragam perpaduan warna yang bagus untuk kaligrafi. Semoga dapat membantu Pins dalam memilih dekorasi kaligrafi yang cocok sebagai hiasan rumah, ya! Jangan lupa untuk selalu sesuaikan dengan budget sebelum membeli kaligrafi yang Pins inginkan!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download