Rekomendasi 6 Merek Kabel AUX Terbaik dan Murah

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 25 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Dalam dunia audiophile, ada beberapa jenis kabel aux terbaik yang bisa digunakan. Perangkat ini merupakan sebuah perangkat yang membantu dalam memperjelas suara. Terutama jika ingin kualitas suara lebih jenis.

Beberapa orang menganggap bahwa jenis device tidak berpengaruh terhadap kualitas suara. Namun beberapa orang lain malah menyebut bahwa jenis device punya pengaruh besar terhadap suara.

Untuk itu, dalam dunia audiophile ada banyak sekali pilihan jenis device. Beberapa alternatif ini disediakan untuk memberikan pilihan. Terutama bagi jika menilai kualitas datang dari mereknya.

Secara sederhana, perangkat ini memiliki peran sebagai penghantar gelombang listrik. Namun, dalam perkembangannya terdapat beberapa fungsi tambahan. Misalnya mengurangi atau menambah kualitas suara yang dihasilkan oleh audio.

Karena itu, Anda sebaiknya memahami karakteristik perangkat tersebut. Hal ini supaya Anda mampu menilai apakah jenis kabel berpengaruh besar atau tidak. Mungkin saja, dengan memahaminya Anda bisa membuatnya sendiri.

Pengertian Kabel Aux Terbaik

Jika dilihat dari segi penggunaan, perangkat ini merupakan perangkat tambahan yang biasa digunakan. Biasanya, hal ini berkaitan dengan device tambahan seperti ponsel, komputer, dan sejenisnya.

Dari segi bentuk, umumnya kabel ini hanya berukuran sekitar 3,5 mm. Meskipun begitu, semua device memiliki kecocokan dengan perangkat satu ini. Apalagi, port aux menjadi salah satu fitur utama.

Jika Anda melihatnya dengan jelas, maka ini merupakan tambahan berupa jack female kepada jack male. Oleh sebab itu, beberapa orang audiophile menyebutnya sebagai perangkat tradisional.

Selain itu, penggunaan perangkat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan peralatan yang tersedia. Tentunya hal tersebut akan jauh lebih hemat.

Fungsi Pada Speaker Bluetooth

Fungsi kabel aux sendiri pada speaker bluetooth cukup bervariasi. Tergantung dari tujuan yang ingin Anda capai. Namun, beberapa fungsi bisa golongkan dalam beberapa kegunaan sekaligus.

  • Penghubung perangkat

Salah satu fungsi dari kabel ini adalah untuk menghubungkan perangkat tertentu. Perangkat seperti ponsel atau sejenisnya dihubungkan dengan home speaker. Namun, perlu diperhatikan bahwa jack port harus seusai.

  • Menghubungkan device dengan perangkat lain

Fungsi dari kabel aux lainnya adalah menghubungkan device lain dengan bluetooth. Contohnya adalah jika ponsel memutar musik melalui perangkat tersebut, maka bisa dipastikan pemutaran akan berhasil.

  • Koneksi device pada mobile

Menggunakan jaringan nirkabel biasanya akan berpengaruh terhadap kualitasnya. Apalagi jika ada gangguan tidak terduga. Maka akan lebih baik jika Anda menggunakan aux untuk pemutaran musik saat sedang berkendara.

Tips Memilih Kabel Aux Terbaik

Cara memilih kabel aux sendiri sebenarnya ada banyak cara. Tentunya Anda bisa menyesuaikan sendiri apakah ingin membeli yang harganya mahal atau tidak. Mahal belum tentu memberikan kualitas bagus.

  • Ukuran kabel

Saat akan memilih kabel aux, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adakah ukurannya. Karena sudah banyak perangkat kabel dalam audiophile, maka sesuaikan ukurannya jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

  • Jenis kabel

Disini, perlu Anda pahami bahwa setidaknya ada 2 jenis kabel. Pertama adalah dengan jenis serabut, kedua adalah jenis konduktor tunggal. Setiap jenis tentu memiliki kelebihan masing-masing bagi setiap orang.

  • Impedansi kabel

Impedansi adalah kualitas dari sebuah kabel. Biasanya, kabel aux yang mahal menggunakan tembaga murni. Tembaga murni sangat baik dalam menghantarkan gelombang elektrik sehingga hasil output lebih baik.

  • Panjang kabel

Kabel aux adalah yang memiliki panjang sesuai ukurannya. Jangan sampai memiliki kabel yang hanya memiliki panjang beberapa cm saja. Namun pastikan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa Rekomendasi Kabel Aux Terbaik

Ada beberapa jenis kabel aux yang mungkin bisa Anda pilih. Setiap jenis mungkin akan memberikan fungsi serta kelebihan berbeda-beda. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, bukan?

1. Aux Ivanky

Aux Ivanky RekomendasiMerk

Kabel aux pertama adalah Aux Ivanky. Jika dilihat dari spesifikasinya, maka tipe ini adalah yang terbaik. Harganya murah serta tahan lama dan memiliki kualitas pengiriman suara baik.

Harga iVanky AUX Cable 2 Pack Rp 260.000

2. Vention

Vention Male to Male RekomendasiMerk

Dibuat dengan bahan kain katun premium, kuat dan tahan Lama, kabel ini dibalut dengan lapissan warna keemasan. Desain dan bahan fleksibel dan tidak mudah pecah

Jika Anda ingin memaksimalkan USB Type-C, maka Vention bisa jadi pilihan. Tipe ini bisa dipakai untuk beberapa jenis device, misalnya Motorola Moto Z hingga Samsung Galaxy.

Harga Vention Kabel Aux Audio 3.5mm Male to Male Rp 60.000

3. Idars 3.5mm Male AUX Cable

Idars 3.5mm Male AUX Cable RekomendasiMerk

Idars menjadi salah satu yang terbaik karena mampu bekerja melalui konektor lightning produk Apple. Sebagai contoh, idars bisa dipakai untuk ipad, iphone, hingga jenis ipod.

Harga Idars 3.5mm Male AUX Cable Rp 485.000

4. Cable Matters

Cable Matters RekomendasiMerk

Salah satu kelebihan dari Cable Matters adalah mampu menggulung sendiri ketika tidak terpakai. Jadi cukup praktis dan mudah dalam penggunaan melalui konsep retractable yang dibawanya.

Harga Cable Matters Rp 150.000

5. Cable Creation

Cable Creation RekomendasiMerk

Jika Anda mencari kabel dengan kriteria Best Coiled, maka Cable Creation 5 adalah pilihan terbaik. Memiliki panjang serta berat yang seimbang sehingga sangat cocok digunakan.

Harga Cable Creation Rp 72.500

6. Ugreen

Kabel aux Ugreen RekomendasiMerk

Kabel aux Ugreen 7 merupakan tipe Best Flat serta Best Splitter. Penggunaannya cukup fleksibel mulai dari menonton film hingga yang lainnya. Desain yang dibawanya juga tidak membuatnya kusut.

Harga Ugreen AUX Cable male to male Rp 81.000

Baca juga: Rekomendasi 10 Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya

Cara Menggunakan Kabel Aux Terbaik di Mobil

Bagi Anda yang mungkin masih belum mengerti cara menggunakannya di mobil, maka kami akan berikan caranya. Sebenarnya hampir sama dengan saat menggunakan device di perangkat lain.

  1. Pertama, hubungkan salah satu perangkat seluler, misalnya ponsel, ke port aux. Supaya lebih nyaman, gunakan perangkat audio dengan ukuran 1/8-inch-to-1/8-inch. Kemudian colokan pada salah satu ujung headphone.
  2. Kedua, pada stereo mobil akan muncul tombol “AUX” dan Anda harus menekannya. Jika sudah, Anda hanya perlu mengatur volume besar atau kecil. Sesuaikan saja menggunakan tombol di stereo mobil Anda.

Cara Menggunakan Kabel Aux di Speaker Bluetooth

Jika Anda ingin cara menggunakan aux, maka bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya. Sebenarnya caranya juga cukup mudah karena tidak membutuhkan pemahaman khusus saat menghubungkan dengan bluetooth.

  1. Masukkan salah satu dari ujung perangkat ke dalam input atau port aux. Untuk letaknya sendiri biasanya bervariasi, namun umumnya ada di bawah bagian speaker.
  2. Anda hanya perlu memasukan ujung device lain ke port output aux. Biasanya port ini juga tidak jauh dari port input. Jadi Anda bisa dengan mudah memasukkannya.
  3. Pada perangkat speaker akan ada sebuah kenop. Anda perlu memutar kenop tersebut dari source ke aux. Kemudian tekan sekali saja dan kemudian akan aktif dengan sendirinya.

Aux Send dan Aux Return

Dalam perangkat kabel aux di audio mixer, biasanya ada fasilitas tambahan lain. Fasilitas ini bernama aux send dan aux return yang memiliki fungsi serta tugasnya masing-masing.

  • Aux Send

Secara umum, fungsi dari fasilitas ini adalah untuk mengirimkan sinyal output sebagai monitor. Tujuannya supaya di setiap channel bisa dimonitoring pada Pad Cabinet monitor audio mixer.

  • Aux Return

Sedangkan pada fasilitas aux return bertugas sebagai slot tambahan. Umumnya, slot ini sebagai bahan pendukung, misalnya memperindah suara vokal. Jadi, secara fungsi ini jauh lebih lebih sederhana.

Memiliki kabel aux memang sangat penting, terutama jika Anda ingin mendengarkan pemutar musik tanpa gangguan. Apalagi jika Anda memiliki salah satu dari rekomendasi kabel aux terbaik tersebut.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal SolarTuff, Inovasi Baru untuk Atap Rumah Modern

Pernah dengar tentang atap solartuff? Jenis atap yang satu ini memang masih terbilang baru dan belu

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia