Uji Kreativitasmu dengan Membuat Rak Buku Kardus, Lebih Ramah Kantong Pula.

Diperbarui oleh ∙ November 2, 2022 ∙ 3 menit membaca

Dalam mengisi furniture pada hunian tentu saja selain memperhatikan kualitas, model dan bahan yang digunakan ketersediaan budget dalam belanja pun harus diperhatikan. Tak banyak yang kurang dapat mengatur pembelanjaan tersebut.

Padahal banyak hal yang bisa disiasati loh, misalnya pemanfaatan perabot lama yang dapat di recycle kembali dan dimanfaatkan, membeli barang secondhand¸bahkan dengan membuat berbagai perabot secara mandiri.

Banyak yang mengeluhkan jika tak memiliki skill  khusus untuk membuatnya. Namun di zaman sekarang banyak media yang dapat dimanfaatkan bukan?

Yuk uji kreativitasmu dengan membuat berbagai barang atau furnitur untuk pelengkap hunianmu secara mandiri, atau banyak orang sering menyebutnya DIY atau  Do It Yourself. Nah untuk mengawalinya anda dapat membuat hal sederhana, misalnya rak buku.

Rak buku adalah salah satu ha penting yang harus ada pada hunian anda untuk menjaga keteraturan buku- buku yang anda miliki bukan? Nah untuk membuat rak buku ini dapat memanfaatkan barang bekas yang mudah dicari, seperti kardus.

Kardus bukanlah barang bekas yang sulit dicari, pun dengan kualitas yang baik,kardus dapat dimanfaatkan ulang. Untuk membuat DIY rak buku dari kardus, berikut beberapa tips yang dapat anda perhatikan:

1. Mencari Referensi Model

Rak Buku Kardus Mencari Referensi Model

Sebelum membuat suatu barang pastilah kita butuh inspirasi model seperti apa yang akan kita buat. Namun hal tersebut bukan semata mata mencontek karya orang lain lho ya. Mencari inspirasi model kemudian dapat kita recreate dengan memodifikasi sesuai dengan gaya kita.

Banyak tempat yang dapat kita manfaatkan untuk mencari referensi, selain mencari secara langsung seperti berkunjung ke tempat pebelanjaan furnitur, atau window shopping di toko tertentu untuk mencari inspirasi model tertentu.

Selain itu juga dapat kita lakukan memalui portal online seperti Youtube, Instagram, maupun pinterest. Bukan hal yang sulit untuk mencari refrensi dijaman yang serba digital seperti ini.

Mencari refrensi model seperti ini dilakukan agar kita dapat memperoleh suatu gambaran bagaimana kita dapat memuali dan membuat DIY yang benar- benar sesuai dengan diri dan kreativitas kita.

2. Mengenali Bahan yang Digunakan

Rak Buku Kardus Cara Membuat dengan Baik

Setelah memperoleh model yang sesuai, maka hal berikutnya adalah mengenali karakteristik bahan yang digunakan. Misalnya disini menggunakan bahan dasar kardus. Kenali kardus, misal dari katahanannya maupun kualitas dan ketebalannya.

Sebaiknya kardus yang hendak digunakan adalah kardus yang memiliki ketebalan cukup sekitar 1cm. Pun jika tidak menemukan kardus yang tebal dapat disiasati dengan menumpuk kardus dengan lem. Pilih lem dengan ketahanan reka yang kuat.

Memilih kardus atau bahan dasar ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari barang yang akan kita buat nantinya, disini adalah rak buku.

3. Cara Eksekusi yang Baik

Rak Buku Kardus Mengenali Bahan

Kerapihan serta ketepatan dalam mengukur, membuat pola ataupun merekatkan bagian bagian dari rak buku ini merupakan hal yang mesti dipertahatikan. Pun dari segi memotong kardus, pilihlah alat potong yang tajam agar tiap sisi dapat terpotong dengan rapi, juga ukur ketepatan agar hasil potongan bisa presisi.

Dalam pemasangan ini merupakan gong dari pembuatan rak buku. Apakah rak buku dapat jadi seperti ekspektasi yang kita harapkan atau tidak. Memang membutuhkan trial and eror dalam segala sesuatu, dan hal ini adalah wajar dan dapat dipelajari. Bagaimana tertarik untuk membuatnya dirumah?

Oya ada hal yang perlu anda perhatikan juga, yaitu saat rak buku sudah jadi penataan buku juga harus diperhatikan. Tak inginkan rak buku yang sudah terbuat apik rusak karena salah penataan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa Itu NFT Art? Contoh dan Cara Menjualnya

Pernahkah kamu mendengar apa itu NFT art? Istilah yang memiliki kepanjangan Non-Fungible Token ini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Gadget
Gadget 3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran

Finansial
Finansial 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT market

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia