Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Rahasia Agar Kucing Anda Tidak Tidur Sembarangan di Rumah

Hobi

Rahasia Agar Kucing Anda Tidak Tidur Sembarangan di Rumah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kucing tergolong hewan peliharaan yang manja. Saking manjanya bisa jadi sangat merepotkan. Terlebih bila tidak diberikan pelatihan dari awal atau tidak dipelihara sejak kecil. salah satu tingkah laku kucing yang sangat merepotkan adalah kebiasan kucing yang suka tidur di sembarang tempat.

Bisa jadi, tempat favorit kucing peliharaan adalah di bagian yang pribadi, mulai dari sofa, keset di depan pintu, sampai yang paling menyebalkan, saat lupa menatap pintu kamar, kucing peliharaan naik dan mengambil alih ranjang atau tempat tidur tuannya. Tentu ini adalah hal yang sangat menyebalkan.

kucing di rumah
kucing di rumah

Tapi taukah anda, meski demikian kucing juga bisa diarahkan untuk tidak tidur sembarangan. Asal, sang pemilik telaten dalam melakukan beberapa kiat berikut ini. Apa saja kiatnya? Bisa jadi salah satunya sudah sering dilakukan atau bisa juga sama sekali belum terpikirkan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Tempatkan Alas Tidur Yang Disukai Di Sudut Ruangan, Lakukan Pembiasaan Seperti Pada Manusia

Salah satu alasan mengapa kucing dijadikan hewan peliharaan favorit adalah karena tingkahnya yang lucu dan mengemaskan. Tetapi bila tak terlatih, kebiasaan kucing seperti dijelaskan diawal bisa menyebalkan. Untuk itu, cobalah kita berikut ini.

1. Tempatkan Alas Tidur Di Luar Rumah Yang Nyaman Dan Terlindung Dari Hujan

Sudah lazim bahwa kucing adalah hewan yang segan dengan air. Untuk itu, tempatkan alas tidur atau tempat khusus untuk kucing tidur di bagian luar rumah. Berikan alas yang empuk seperti kain perca atau pakaian bekas pakai yang lusuh dan tak lagi terpakai agar kucing nyaman dan betah tidur disana. Bila sudah terbiasa maka kebiasaan untuk kucing tidur sembarangan tak akan lagi jadi masalah.

2. Tutup Pintu, Terutama Pintu Kamar

Hewan peliharaan tak lagi bisa disalahkan bila kita sebagai pemilik teledor untuk membiasakan diri. Salah satu kebiasaan yang akan membuat kucing terbentuk dan tak terbiasa tidur di sembarang tempat adalah dengan menutup pintu-pintu kamar. Terutama di siang hari ketika kucing beraktifitas. Dengan demikian kucing tidak akan singah ke kamar tidur serta menguasa ranjang kesukaan.

3. Sedikit Kasar, Sapu Lidi Bisa Jadi Pelajaran

Bila dirasa sangat mendesak, terlebih untuk kucing liar yang bisa jadi membawa penyakit. Sapu lidi adalah alat yang sudah sangat lama dikenal untuk menghalau kucing. Tak perlu sampai memukul hewan lucu ini. Cukup kebas-kebaskan saja, atau pukulkan ke dinding. Suara yang timbul biasanya akan efektif membuat kucing menjauh.

Bila sudah berurusan dengan hewan peliharaan, ada baiknya memang mempersiapkan dengan baik sarana pendukung. Kandang yang nyaman, serta latihan yang benar bisa membuat hewan dan pemiliknya tak bersinggungan apalagi sampai beristegang. Ciptakan lingkungan yang nyaman dengan hewan peliharaan terawata dan terlatih dengan kesabaran, dan pastinya sarana pendukung yang memadai.

Tags :

Bagikan Artikel