Pinhome

Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor Ngeplong

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 1 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor Makanan merupakan asupan gizi yang penting untuk jenis burung kicau. Tak terkecuali burung Cucak Jenggot. Memberi makanan Cucak Jenggot dengan pakan bernutrisi tinggi, merupakan hal yang wajib demi terpenuhinya kebutuhan asupan gizi burung. Terlebih lagi, jika burung peliharaanmu sedang menjalani masa reproduksi.

racikan pakan cucak jenggot agar gacor
(Hargaweb.id)

Pinhome – Singkatnya, memberikan makanan yang tepat untuk burung Cucak jenggot memang sudah menjadi kewajiban para pemiliknya. Bukan hanya sekedar untuk perawatan saja, makanan yang kurang gizi, tentu akan berpengaruh pada kesehatan cucak Jenggot. Karenanya, di sini kami akan memberikan racikan makanan burung Cucak Jenggot agar gacor ngeplong.

Baca Juga:

Makanan Burung Cucak Jenggot

Meskipun banyak dijual, pakan burung dengan berbagai varian di pasaran, namun tidak semua jenis pakan atau voer tersebut terjamin komposisi gizinya. Selain itu, belum tentu burung cocok dengan jenis voer yang kita beli dari kios pakan burung. Khususnya untuk burung Cucak Jenggot, kamu tidak boleh asal-asalan memberinya makanan begitu saja.

Makanan Burung Cucak Jenggot
(Shutterstock)

Burung Cucak Jenggot biasanya lebih suka dengan jenis makanan yang alami seperti binatang ataupun buah-buahan. Suara yang dihasilkan burung Cucak Jenggot tergantung pada EF dan perawatan harian. Namun, jika ingin membuat burung Cucak Jenggot gacor, kamu dapat mencoba membuat racikan makanan burung Cucak Jenggot seperti berikut ini.

Baca Juga: 

Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor

burung cucak jenggot
(Pinterest)

Bahan Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor

Gunakan beberapa racikan pakan terbaiknya berikut ini:

Telur Puyuh

Fungsi telur puyuh untuk burung Cucak Jenggot yaitu menambah birahi, yang mengakibatkan gacor. Kandungan protein di dalamnya juga dapat menyehatkan burung.

Buah Apel Merah

Buah Apel diyakini oleh para kicau mania utuk menaikkan birahi burung dan menyebabkan burung Cucak Jenggot rajin berkicau.

Kandungan Gizi Buah Apel :

  • 49 kilo kalori (kkal) per 100 gram.
  • 84 persen air yang sangat menyegarkan.
  • Karbohidrat ( 13,81 gram).
  • Protein (0,4 gram).
  • Gula (11,8 gram).
  • Vitamin A (2 mg), yang penting bagi pertumbuhan saraf mata, otot-otot tubuh, menjaga kesehatan kulit dan bulu.
  • Kandungan Vitamin C (15 mg), dapat menghambat radikal bebas.
  • Vitamin B1 (0,02 mg).
  • Kandungan Vitamin B3 (0,091 mg).
  • Vitamin B2 (0,01 mg).
  • Kandungan Vitamin B6 (0,5 mg).
  • Asam Folfat

Dari kandungan tersebut kita akan tahu, bahwa buah apel dapat menyehatkan, menyegarkan dan menabah stamina burung. Jika burung merasa staminanya baik maka akan gacor atau rajin berbunyi.

Kroto

EF yang satu ini sangat banyak mengadung protein yang menyebabkan burung Cucak Jenggot jadi gacor. Nah untuk pemberian pakan kroto, pilihlah yang segar sudah tersisihkan dengan semutnya. Pastikan kroto yang kamu berikan pada Cucak Jenggot tidak berbau.

Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor Dengan Vitamin 

Vitamin burung sebagai pelengkap. Kita tidak mungkin hanya mengandalkan EF atau semua jenis vitamin dari asupan pakan utama, seperti voer dan makanan hewani. Maka dari itu kita harus menambahkan vitamin tambahan.

Racikan Pakan Alami Cucak Jenggot Agar Gacor

(Cherewed.com)

Nah bagi kamu yang belum tahu makanan atau EF hewani yang menjadi favorit Cucak Jenggot, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai pakan Cucak Jenggot dalam bentuk hewan (Serangga) dan voer yang mereka sukai.

Baca Juga: 

Jangkrik

Jangkirik merupakan salah satu jenis pakan favorit Cucak Jenggot. Di dalam jangkrik terdapat kandungan protein tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan volume suara pada burung Cucak Jenggot.

Meskipun kandungan dalam jangkrik berprotein tinggi tersebut bagus untuk Cucak Jenggot, namun pemberiannya harus dibatasi jangan sampai berlebihan karena dapat menimbulkan over birahi. Cukup berikan 3/3, 4/4, dan 5/5 ekor jangkrik untuk menambah stamina Cucak Jenggot.

Belalang

Belalang menjadi binatang dan pakan tambahan yang juga memiliki kandungan protein tinggi. Jika kesulitan mencari Jangkrik, kamu bisa menggantinya dengan belalang yang biasanya tersedia di toko atau pasar unggas sebagai alternatif penambah stamina sang burung Cucak Jenggot.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Jenggot Macet Bunyi

Kroto

Khasiat hewan mungil ini memang sudah tidak diragukan lagi. Kroto memiliki manfaat besar dan membut Cucak Jenggot rajin berbunyi. Selain itu dengan pemberian kroto akan menjadikan bulu cucak jenggot menjadi terkesan mengkilap dan cantik.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong menjadi pakan tambahan Cucak Jenggot yang sangat di sukai. Meskipun kandungan protein yang ada didalam ulat hongkong cukup tinggi, maka pemberian wajib kita batasi. Jika memberi pakan Cucak Jenggot dengan ulat hongkong secara berlebihan, dapat mengakibatkan lumpuh dan mata menjadi bengkak.

Ulat Bambu

Kandungan gizi yang terdapat dalam ulat bambu sangat baik untuk burung. Fungsi memberi pakan EF ulat bambu dapat menurunkan birahi pada Cucak Jenggot. Hal tersebut juga berguna bagi penggemar Murai Batu dan Kacer. Nah, dengan demikian jika Cucak Jenggot mengalami over birahi, kamu dapat memberikan pakan ulat bambu sebagai penetralnya.

Baca Juga: 

Voer Untuk Cucak Jenggot

racikan pakan cucak jenggot agar gacor
(Burungnya.com)

Voer adalah makanan harian burung yang bisa kita beli dan dapatkan di pasar burung atau toko burung terdekat. Kandungan yang terdapat dalam voer yaitu ada protein, mineral serta vitamin. Kandungan dari voer tersebut sangat baik bagi Cucak Jenggot. Selain itu, voer juga mengandung lemak rendah dan baik bagi pertumbuhan Cucak Jenggot. Ada beberapa macam voer yang baik untuk Cucak Jenggot yaitu:

  • Ronggolawe
  • Topsong
  • Crispy
  • Oriental White Eye VOC

Baca juga : Racikan Pakan Kolibri Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Cara Membuat Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor

racikan pakan cucak jenggot agar gacor
(Hobiburung.org)

Racikan Pakan Telur Puyuh

racikan pakan cucak jenggot agar gacor
(Cnnindonesia.com)

Bahan – bahan:

  • 1-2 butir telur puyuh rebus
  • 1 buah apel merah
  • Kroto segar
  • Vitamin burung jika diperlukan

Cara Membuat:

  • Buah apel merah dikupas kulit, dan dibuang bijinya. Setelah itu, daging buah diparut dan ditampung dalam wadah atau nampan.
  • Masukkan potongan telur puyuh rebus dan sudah dibuang cangkangnya ke dalam parutan apel tersebut.
  • Tambahkan kroto segar (secukupnya), dan sudah dibersihkan dari semutnya, ke dalam parutan apel tersebut.
  • Campur dan aduk ketiga bahan itu dengan menggunakan sendok hingga merata.
  • Setelah teraduk rata, taburkan tepung BirdVit seukuran 1/2 penthol korek (jika adonan hanya untuk 1 burung) ke dalam adonan. Apabila menggunakan BirdVit cair, dosisnya 2-3 tetes. Adonan kembali diaduk hingga rata, agar multivitamin tersebar ke seluruh permukaan pakan.
  • Kini adonan bisa dipindah ke cepuk pakan, dan langsung diberikan kepada Cucak Jenggot.
  • Untuk meningkatkan efektivitas multivitamin, pemberian pakan racikan sebaiknya dilakukan dalam kondisi burung sudah dijemur. Sebab, vitamin merek apapun, jika dicampur dalam pakan maupun air minum dan terkena sinar matahari secara langsung dipastikan akan berkurang kandungannya.

Racikan Pakan Putih Telur 

(Halodoc.com)

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur bebek mentah yang hanya diambil putihnya saja.
  • Kroto segar dan bersih sebanyak dua sendok makan.
  • 1 butir buah apel merah yang masih segar.

Cara Membuat:

  • Buah apel ditumbuk hingga hingga menjadi butiran halus / sedikit kasar. Bisa juga menggunakan parutan untuk membuat apel menjadi butiran-butiran yang agak halus dan sedikit kasar.
  • Setelah itu masukan apel yang telah menjadi butiran halus tersebut dalam sebuah wadah, lalu campurkan putih telur mentah kedalamnya, setelah itu diaduk hingga merata.
  • Kemudian masukan dua sendok makan kroto segar dalam campuran tersebut, lalu kembali diaduk hingga merata.

Cara Memberikan Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor

(Suhukicau.com)

Pakan racikan ini bisa diberikan kepada Cucak Jenggot dua kali dalam seminggu. Silakan tetapkan jadwal pemberian yang rutin, misalnya setiap Selasa dan Kamis. Di luar kedua hari tersebut, Cucak Jenggot kembali dengan setelan EF seperti biasa.

Pada hari akan diberikan pakan racikan, sebaiknya burung tidak diberikan buah-buahan, seperti pisang atau yang lainnya. Sebab jika dalam sangkar masih terdapat buah, Cucak Jenggot cenderung akan mengabaikan pakan barunya dan akan memilih buah-buahan.

Dapatkan : Suara Cucak Jenggot Betina Untuk Masteran dan Pancingan

Manfaat pemberian pakan racikan ini bukan sekadar menggacorkan Cucak Jenggot, tetapi juga menyehatkan (kaya gizi), dan kondisi fisik atau stamina burung selalu terjaga. Jika kamu rutin memberikan pakan ini dua kali dalam seminggu, niscaya akan terjadi perubahan secara bertahap dan natural pada Cucak Jenggot di rumah, dengan hasil akhir rajin bunyi dan stabil.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel