Racikan Makanan Burung Murai Batu Agar Gacor - Pinhome

Pinhome

Racikan Makanan Burung Murai Batu Agar Gacor

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 2 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Racikan Pakan Murai Batu – Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang dapat dijumpai di hutan yang rapat atau hutan sekunder dengan kemampuan menirukan berbagai macam suara di atas rata-rata.

Karena kemampuanya, banyak para kicau mania yang ingin merawat burung ini untuk dijadikan burung lomba. Selain itu, burung Murai Batu memiliki kelas tersendiri di lomba burung kicau.

Merawat burung peliharaan seperti Murai Batu agar mereka selalu berada dalam kondisi yang fit dan gacor, tidak hanya dilakukan dalam bentuk perawatan hariannya saja, tapi juga harus disertai dengan pemberian makanan tinggi nutrisi.

Ada banyak jenis makanan burung Murai yang bisa ditemukan di pasaran, beberapa di antaranya bahkan memiliki kandungan yang kaya gizi. Meskipun dalam voer pakan Murai Batu sudah terdapat gizi yang lengkap, namun belum tentu voer buatan pabrik tersebut mengandung nutrisi yang cukup untuk burung kicau yang kamu pelihara.

Sehingga para kicau mania membuat racikan makanan burung Murai batu sendiri, untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh burung Murai mereka. Seperti apa racikannya? Berikut ini racikan makanan burung Murai.

Makanan Burung Murai Batu

makanan burung murai
(Shutterstock)

Sebenarnya pakan Murai Batu di alam liar yaitu cacing dan jenis serangga. Informasi tersebut kami peroleh dari beberapa orang pemikat Murai Batu. Mereka sering melihat Murai Batu yang sedang menjepit cacing di antara kedua paruhnya, apalagi pada musim trotolan di hutan.

Mengapa burung Copsychus sangat suka sekali dengan cacing? Karena kemudahan dalam memperolehnya, ada sebagian kicau mania yang menggunakan cacing sebagai alat untuk melatih Murai Batunya untuk memakan voer, dan berhasil.

Selain cacing, Murai Batu juga suka sekali memakan serangga berupa belalang. Belalang merupakan salah satu organisme dalam ekosistem hutan dan wilayah dataran rendah.

Dengan kemampuannya yang unik ketika berkembang biak, maka menjadikan belalang menjadi sumber makanan utama bagi sebagian besar burung pemakan serangga.

Sebagian besar protein, vitamin, dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan Murai Batu berasal dari belalang. Belalang banyak diyakini sebagai makanan yang bisa membuat bulu-bulu Murai Batu terlihat cerah dan mengkilat.

Karena, sumber makanan yang menjadi makanan belalang secara tidak langsung dapat membantu murai batu untuk dapat mengkondisikan penampilannya. Nah biasanya para penghobi burung sering memberi makanan tambahan atau EF kepada burung kesayangannya.

Berikut ini makanan burung Murai Batu harian yang baik dan mudah didapat:

  • Jangkrik
  • Orong-orong
  • Belalang
  • Cacing
  • Kroto
  • Ulat
  • Voer

Racikan Makanan Murai Batu

makanan burung murai
(Shutterstock)

Nah bagi kamu yang masih ragu tentang asupan gizi dalam voer untuk burung Murai Batu. Dalam artikel berikut ini kami akan memberikan resep khusus racikan pakan Murai Batu agar gacor dan tetap dalam kondisi sehat.

Bahan-Bahan Racikan

Telur ayam (kuning telur)
Daging giling
Voer kering sekitar 350 gr
Ikan sarden dengan kandungan garam yang rendah

Cara Membuat Racikan

Haluskan Voer

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam mebuat racikan pakan Murai Batu adalah menggiling voer dengan cara di blender sampai halus.

Bersihkan Ikan

Ikan sarden harus dibersihkan untuk menghilangan sisa kandungan garam yang ada didalamnya. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa mengganti ikan sarden dengan ikan tongkol.

Dapatkan : Suara Murai Batu Betina Gacor Untuk Masteran Burung dan Pancingan

Bersihkan Daging

Daging giling sebaiknya direndam di dalam air hangat untuk menghilangkan kandungan lemak selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan tiriskan pada kain berbahan kasa agar sisa air bisa terserap keluar.

Mencampur Bahan

Jika semua bahan racikan sudah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan tersebut dengan mesin penggiling agar bisa tercampur dengan sempurna.

Tambahkan Kuning Telur

Bagian telur ayam yang dibutuhkan untuk membuat racikan ini adalah bagian kuningnya saja. Masukkan kuning telur ke dalam sebuah mangkok dan campurkan secara merata ke dalam adonan bahan-bahan tadi.

Mencetak Voer 

Langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan kental ke dalam mesin pencetak voer, sehingga terbentuk butiran-butiran padat yang lebih mudah dikonsumsi burung.

Keringkan Voer

Voer yang sudah dicetak selanjutnya dikeringkan untuk menghilangkan sisa air dengan menggunakan boiler atau panci tekan.

Berikan Voer Pada Burung

Voer yang sudah kering siap disajikan kepada burung Murai Batu kesayanganmu.

Baca juga : Cara Merawat Murai Batu Dorong Ekor Agar Cepat Tuntas

Sekian informasi tentang racikan makanan burung Murai Batu yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel