Pinhome

  • Blog
  • Berita Pinhome
  • Property Academy x #donotsettle: Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Properti Hunian

Berita Pinhome

Property Academy x #donotsettle: Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Properti Hunian

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memilih properti hunian bukan perkara mudah, diperlukan pemahaman yang mendalam terkait apa yang kita butuhkan dari sebuah properti hunian dan cara-cara canggih agar kita bisa menemukan properti tersebut. Yuk, simak rekap kelas Property Academy by Pinhome berikut agar Pins tahu kiat-kiat memilih properti hunian!

Mengangkat tema Pertimbangan dalam Memilih Properti Hunian, Property Academy by Pinhome kembali menyelenggarakan kelas, kini dengan berkolaborasi bersama Youtuber dan content creator Wahyu Pratomo. Tidak hanya itu, Albert Karwelo, ahli properti dari Pinhome juga ikut berkontribusi dalam memberikan materi. Sesuai dengan temanya, kelas ini berfokus untuk membantu Pins mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih properti untuk dihuni.

Pada sesi pertama, Albert Karwelo memberikan penjelasan mengenai kiat-kiat memilih properti hunian sesuai dengan kebutuhan. Albert, terlebih dahulu menjelaskan jika terdapat dua jenis properti yang dapat dipilih untuk dihuni yaitu properti primer dan properti sekunder. Kedua properti ini memiliki keuntungannya masing-masing, properti primer menguntungkan karena memiliki desain dan bangunan baru dan opsi pembiayaan yang lebih banyak sementara properti sekunder menguntungkan karena harganya yang lebih murah, siap huni, dan relatif strategis. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki kekurangannya masing-masing, properti primer misalnya relatif lebih mahal dan tidak siap huni sementara properti sekunder kekurangannya adalah opsi pembiayaan yang lebih terbatas dan banyaknya biaya tambahan. Diantara dua opsi ini kita perlu menyesuaikan properti pilihan dengan kebutuhan dan kemampuan, pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait untuk apa dan siapa Pins membeli properti perlu dijawab apakah untuk dihuni jangka panjang atau jangka pendek? Untuk dihuni sendiri atau bersama keluarga? Juga pertanyaan-pertanyaan terkait keputusan finansial seperti apakah Pins sanggup untuk membeli properti hunian yang diinginkan, apakah properti tersebut memiliki potensi pengembangan yang baik sehingga tidak menjadi beban investasi dan masih banyak lagi.

Berikutnya, Wahyu Pratomo memberikan materi terkait tips memilih properti hunian.dari sudut pandang konsumen. Wahyu menjelaskan jika tahap pertama yang perlu dilakukan untuk memilih properti adalah melalui digital property hunt via platform jual beli rumah seperti Pinhome. Dalam memilih properti hunian, pastikan kita memiliki hunian ideal dari sisi tipe rumah/properti, budget, dan lokasi yang kita cari meskipun perlu tetap terbuka terhadap opsi-opsi lain. Pada tahap ini penting untuk melakukan pencarian ke seller sebanyak-banyaknya, selain dari platform jual beli rumah juga bisa melalui agen, bank, relasi, hingga Google Maps. Penggunaan kata-kata kunci seperti BU atau rumah lelang juga akan membantu kita lebih mudah menemukan properti yang cocok. Selanjutnya, setelah menemukan properti yang sesuai dengan keinginan, perlu dilakukan survei langsung, terutama pada saat musim hujan untuk melihat apakah daerah tersebut banjir atau tidak, dan ketika jam kerja untuk melihat kondisi lalu lintas. Setelah melakukan survei, analisis multikriteria bisa dilakukan dengan menghitung poin variabel keinginan Pins dari properti hunian (seperti aksesibilitas, kemudahan akses transportasi publik, dan kriteria lainnya).

Wah banyak banget tips menarik ya? Temukan kelas-kelas Property Academy by Pinhome lainnya disini

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Bagikan Artikel