BlogPemilik PropertiFinansial8 Produk Bank yang Populer Digunakan dan Manfaatnya
0
0

8 Produk Bank yang Populer Digunakan dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
8 Produk Bank yang Populer Digunakan dan Manfaatnyatop-right-banner

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bank, terlebih dengan banyaknya lembaga finansial ini di Indonesia. Bank sendiri punya banyak jenis, mulai dari bank konvensional, bank syariah, hingga bank untuk kredit. Bicara soal bank, biasanya nasabah paling sering menggunakan produk bank dan manfaatnya berupa tabungan dan pinjaman.

Namun, ternyata bank masih memiliki banyak produk lain, Pins. Meski tidak sepopuler pinjaman maupun tabungan, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja produk bank dan manfaat yang mereka tawarkan. Jadi, kamu tidak lagi bingung mencari ketika sedang membutuhkan. 

Baca juga: Yuk Mulai Investasi Tabungan Emas! Berikut Beberapa Tips Pentingnya

Berbagai Macam Produk Bank dan Manfaatnya

Mengetahui berbagai jenis produk perbankan dan unsur finansial lain terlebih dahulu menjadi aspek penting yang kamu butuhkan sebelum memilih bank tertentu untuk memanfaatkan peranannya dalam mengelola dan menjaga harta yang kamu punya. 

Sebab, setiap produk dan layanan finansial perbankan tidak hanya menawarkan keuntungan atau kemudahan pada para nasabah, tetapi juga ada sisi risiko yang harus kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun kondisi finansial kamu sekarang ini. 

Langsung saja, berikut ini beberapa daftar produk bank dan manfaatnya yang menjadi andalan masyarakat.

Tabungan

Source : Freepik

Tabungan menjadi aktivitas operasional bank yang populer. Produk satu ini tidak hanya terdiri dari satu jenis, tetapi ada banyak sekali cabangnya. Mulai dari tabungan haji, tabungan pendidikan, tabungan berjangka, tabungan pensiun, dan masih banyak lagi. 

Tabungan sangat populer karena bisa menjadi tempat untuk menyimpan harta dengan jaminan keamanan yang tinggi. Oleh karena itulah, perusahaan kini juga menawarkan tabungan untuk karyawan guna memenuhi kebutuhan mereka. Pasalnya, melalui tabungan, kamu pun bisa memindahkan uang dalam waktu singkat dan pastinya lebih aman. 

Saat membuka rekening tabungan pada sebuah bank, kamu akan mendapatkan kelengkapan, antara lain:

  • Buku tabungan. Selain menjadi bukti bahwa kamu sudah terdaftar sebagai nasabah yang memakai produk tersebut. Buku ini juga berfungsi sebagai sentral informasi yang berhubungan dengan transaksi yang kamu lakukan.
  • Kartu ATM. Kartu ini akan membuat kamu lebih mudah saat ingin melakukan transaksi finansial. Manfaat terbesar dari kartu ATM adalah sebagai media saat menarik uang di mesin ATM atau bertransaksi dengan fitur debit.

Deposito

Source : Freepik

Deposito menjadi produk bank dan manfaatnya yang lain yang populer selain tabungan. Sebenarnya, secara umum deposito memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan tabungan, yaitu media menyimpan dana. 

Meski begitu, berbeda dengan tabungan yang uangnya bisa kamu tarik setiap waktu, deposito memiliki jangka waktu tertentu. Jadi, kamu tidak bisa mengambil dana tersebut sebelum tenggat. 

Kamu harus memperhatikan dengan cermat karakteristik dan ciri khas dari deposito. Sebab, kalau kamu memilih menarik uang sebelum batas waktunya, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan penalti dan pengurangan dana deposito. 

Baca juga: Perbedaan Deposito dan Tabungan yang Perlu Diketahui

Kredit

Source : Freepik

Pemberian kredit merupakan salah satu dari tiga peran utama perbankan yang sangat membantu masyarakat. Produk ini memungkinkan individu atau perusahaan untuk membeli berbagai produk dan melakukan pembayaran kembali untuk periode waktu tertentu.

Aturan tentang kredit sebagai salah satu produk bank dan manfaatnya telah tertulis dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, lalu mengalami perubahan pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998. 

Masing-masing bentuk kredit punya ciri khas yang harus kamu cermati, yaitu memiliki tenggat waktu, tingkat suku bunga sesuai dengan kesepakatan, adanya jaminan, cara melakukan pembayaran, biaya administrasi, hingga asuransi jiwa dan uang mengendap yang menjadi antisipasi apabila debitur mengalami kredit macet. 

Online banking

Source : Freepik

Produk bank dan manfaatnya yang sekarang sedang populer dan umum penggunaannya adalah online banking. Produk ini menjadi layanan bank yang memastikan bahwa setiap nasabah lebih mudah dalam transaksi dan mengatur keuangan setiap saat. 

Secara umum, online banking yang ada di Indonesia terbagi menjadi tiga macam, yaitu internet banking, mobile banking dari aplikasi, dan SMS banking. Adanya layanan ini akan membuat nasabah sangat mudah dalam melakukan berbagai transaksi. Mulai dari mengirim uang, membayar tagihan bulanan, hingga membayar belanjaan.

Giro

Source : Freepik

Bagi individu, giro mungkin menjadi salah satu produk dari bank yang asing dan tidak familiar. Sebab, pemanfaatan giro lebih sering mengarah pada produk tabungan oleh suatu perusahaan. 

Tidak sama dengan tabungan biasa yang dapat melakukan pencairan dana dari mesin ATM, mencairkan biro hanya bisa melalui bilyet atau cek dari pihak bank. Pastinya, ini harus mendapatkan persetujuan dari pihak pemilik rekening. 

Safe Deposit Box (SDB)

Source : Pinterest

Apakah kamu pernah mendengar istilah Safe Deposit Box atau SDB? Ini adalah produk dari bank yang memang terasa asing, tak berbeda jauh dengan giro. Mudahnya, SDB adalah jasa dari perbankan untuk nasabah yang berupa penyewaan sebuah kotak untuk tempat menyimpan surat berharga atau bentuk harta lainnya, misalnya emas atau uang tunai.

Inkaso

Source : Freepik

Ada lagi inkaso, penagihan berbagai surat berharga (seperti bilyet giro atau cek) yang memiliki sebutan lain warkat yang asalnya dari luar kota, bahkan luar negeri. Biasanya, proses penagihan ini memerlukan waktu antara 1 minggu sampai 1 bulan, bergantung pada jarak lokasi penagihan. Biayanya juga bergantung dari setiap bank.

Baca juga: Kenali Perbedaan Cek dan Bilyet Giro

Kliring

Source : Freepik

Terakhir adalah kliring yang memiliki fungsi yang sama dengan inkaso. Bedanya, kliring hanya menagihkan surat berharga yang berasal dari dalam kota. Proses penagihannya juga tidak memerlukan waktu lama, biasanya hanya memakan satu hari. Namun, biaya penagihan juga berdasarkan kebijakan dari setiap bank yang bersangkutan. 

Itu tadi beberapa produk bank dan manfaatnya yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Melalui rekomendasi ini, kamu bisa menentukan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Citraland Tallasa City Makassar dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download