Presiden Nixon bertemu dengan pengunjuk rasa anti-perang di Lincoln Memorial

Diperbarui oleh ∙ December 22, 2021 ∙ 2 menit membaca

Sejarah hari ini – Pada dini hari tanggal 9 Mei 1970, Presiden Richard Nixon yang kelelahan memulai apa yang akan digambarkan oleh Kepala Stafnya sebagai “hari teraneh sejauh ini” dalam masa kepresidenannya. Disibukkan dengan penembakan di Kent State baru-baru ini dan kerusuhan yang telah menyebar ke kampus-kampus di seluruh negeri, Nixon melakukan kunjungan mendadak dan aneh ke sekelompok pengunjuk rasa anti-perang di Lincoln Memorial .

Pada hari Jumat setelah pembantaian di Negara Bagian Kent, di mana Pengawal Nasional Ohio menewaskan empat siswa dan melukai sembilan lainnya selama protes anti-perang, Nixon tidak dapat tidur. Sekitar jam 4 pagi, setelah menghabiskan beberapa jam melakukan panggilan telepon, dia membangunkan pelayan pribadinya, Manolo Sanchez, dan bertanya apakah dia pernah melihat Lincoln Memorial di malam hari.

Mengetahui dia akan bertemu dengan kerumunan pengunjuk rasa mahasiswa yang berkemah di National Mall, Nixon berangkat dengan Sanchez, dokternya dan tim Secret Service.

Catatan Nixon tentang peristiwa tersebut sangat berbeda dari para pengunjuk rasa, meskipun keduanya menegaskan bahwa itu adalah momen yang aneh. Nixon menggambarkan siswa yang dia temui di sana sebagai “kagum” dan menggambarkan percakapan itu sebagai percakapan sipil.

Dia mengatakan kepada para pengunjuk rasa bahwa dia memahami kebencian mereka terhadap perang, dengan mengatakan, “Saya tahu mungkin sebagian besar dari Anda mengira saya seorang SOB. Tapi saya ingin Anda tahu bahwa saya mengerti bagaimana perasaan Anda.”

Mencoba untuk memulai percakapan yang bersahabat, dia bertanya di mana mereka pergi ke sekolah, dan ketika beberapa menjawab bahwa mereka berasal dari Syracuse, presiden menjawab dengan membicarakan tentang tim sepak bola sekolah. “Di sini kami datang dari universitas yang benar-benar tegang, melakukan pemogokan,” kenang seorang mahasiswa,”dan ketika kami memberi tahu dia dari mana kami berasal, dia berbicara tentang tim sepak bola.”

Nixon berpendapat tentang manfaat perjalanan, khususnya ke Praha, Warsawa, dan Asia, tetapi para pendengarnya kesulitan untuk mengikutinya. “Sejauh struktur kalimat,” salah satu dari mereka kemudian mengatakan kepada reporter, “tidak ada.”

Percakapan berlangsung lebih dari satu jam dan kedua belah pihak setidaknya berhasil menjelaskan pandangan mereka tentang perang, meskipun tidak ada yang meyakinkan satu sama lain. Nixon tidak tidur malam itu, malah bersikeras mengajak Sanchez melihat-lihat lantai DPR sebelum menyantap sarapan pagi di Hotel Mayflower.

Entri buku harian yang ditulis hari itu oleh HR Haldeman, Kepala Staf Nixon, menguatkan versi kejadian siswa: “Saya prihatin dengan kondisinya … dia hanya memiliki sedikit tidur untuk waktu yang lama dan penilaiannya, temperamen dan Akibatnya, suasana hati menjadi sangat buruk.”

Baca juga: Presiden Nixon membela invasi Kamboja

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia