Potensi sumber daya alam Indonesia

Diperbarui oleh ∙ November 2, 2022 ∙ 4 menit membaca

Sumber daya alam atau natural resources ialah persediaan alam berupa kekayaan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

Di alam orang menemukan bahan makanan, misalnya padi. Untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan, orang menjadikan padi sebagai tanaman yang senantiasa diperbaharui, dalam arti ditanam untuk mendapatkan produksi yang sama jika persediaan yang ada sekarang telah habis dimakan.

Padi memang dapat diperbaharui dengan jalan bertani. Kebutuhan daging dapat juga dipenuhi secara berkesinambungan dengan beternak hewan. Kebutuhan kayu secara terus-menerus dapat dipenuhi dengan mengganti terus-menerus tumbuh-tumbuhan hutan.

Lebih hebat lagi, jika kita memperhatikan persediaan udara, energi matahari dan air yang sampai dewasa ini tanpa kita harus berusaha memperbaharuinya, sumber alam itu senantiasa ada dan setiap masa dapat kita gunakan. Dengan kata lain, alam sendiri memperbaharuinya, sehingga kekal adanya.

Lain halnya dengan bahan bakar minyak (BBM) yang kita gunakan untuk memasak, menjalankan kendaraan, menggerakkan mesin pabrik dan lain sebagainya. Minyak bumi diambil orang dari persediaan yang ada di dalam kerak bumi.

Barang itu telah terbentuk dalam waktu yang sangat lama. Di suatu ladang minyak terdapat persediaan cadangan minyak dalam jumlah tertentu. Jika orang menyedot minyak itu dari sumber tersebut, lama-kelamaan persediaan minyak di tempat itu akan berkurang dan habis.

Minyak tak dapat berkembang biak atau tumbuh dari persediaan yang ada, dengan kata lain minyak tak dapat diperbaharui. Telah dikatakan di atas bahwa pembentukan minyak bumi memakan waktu sangat lama, tidak dapat ditunggu. Sebagai referensi silahkan baca juga Sejarah terjadinya minyak bumi

Demikian juga bahan galian lain seperti batubara, besi, timah, boksit, emas, perak, tembaga, mangan, nikel dan asbes yaitu sumber alam yang ada di tanah air kita. Jika bahan galian tersebut terus-menerus digali, persediaannya lama-kelamaan akan habis. Makin cepat digali, makin cepat pula saat berakhirnya kekayaan sumber daya alam yang seperti itu.

2 macam sumber daya alam

Sumber daya alam terdiri sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) meliputi sumber daya alam yang kekal, artinya selama Tuhan menghendaki.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources).

 Selengkapnya ikuti pembahasan berikut:

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources)

Sekelompok sumber daya alam yang dapat kita ambil manfaatnya dan dapat kita usahakan agar tetap tersedia di alam sekitar kita atau memang persediaannya tak terbatas di sekitar kita. Inilah yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Tentu saja persediaan itu dapat bermanfaat secara terus-menerus. Jika kita sebagai konsumen berusaha memelihara kelangsungan penyediaan kebutuhan kita itu.

Jangankan sumber daya alam seperti hasil pertanian, hasil peternakan atau hasil kehutanan yang perkembangannya mutlak membutuhkan usaha manusia, sinar matahari, udara, dan air pun, tetap harus dijaga kelestariannya.

Cahaya matahari yang indah dan merupakan salah satu sumber kehidupan itu akan berkurang manfaatnya jika atmosfer bumi dipengaruhi debu-debu yang berasal dari cerobong asap pabrik-pabrik.

Udara yang merupakan tempat oksigen yang menjadi sumber hidup semua organisme menjadi kotor karenanya, lebih lagi jika yang dikandung udara tersebut gas yang berbahaya yang keluar dari limbah industri itu. Demikian juga air.

Oleh karena itu, sumberdaya alam yang dapat diperbaharui itu harus tetap dijaga kelestariannya, jangan sampai rusak. Yang dapat dikembangbiakkan harus diusahakan agar bertumbuh dengan baik. Hutan dijaga pertumbuhannya, dihindarkan dari penebang liar, dijauhkan dari bahaya kebakaran, direboisasikan jika hutan telah rusak atau gundul dan selalu diadakan peremajaan.

Demikian pula peningkatan selalu diusahakan dalam usaha pertanian dan peternakan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources)

Di atas telah kita singgung bahwa persediaan minyak bumi di dalam perut bumi dan barang tambang lainnya akan habis jika terus-menerus diambil. Karena barang tambang tak dapat diperbaharui seperti sumber daya alam yang telah dibicarakan di atas.

Banyak kekayaan bahan galian yang dikandung bumi tanah air Indonesia, namun besarnya persediaan maupun penyebarannya di pulau-pulau atau di tiap provinsi seperti penyebarannya di seluruh dunia, tidak sama dan tidak merata.

Ada daerah atau negara yang kaya akan bahan galian (termasuk the have), tetapi ada pula daerah atau negara yang memiliki sedikit bahkan tidak memiliki sama sekali bahan galian yang bernilai ekonomik berarti (termasuk kelompok the have not).

Artikel Sumber Daya Alam

Baca juga artikel mengenai sumber daya alam pada tautan di bawah ini:

Demikian sedikit ulasan tentang Potensi sumber daya alam Indonesia, semoga menambah kesadaran kita akan pentingnya menjaga kelangsungannya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia