Kamus Istilah Properti

Plafon PVC

istilah properti

Plafon PVC

Rumah yang bagus dan kokoh tentu didukung dengan material yang berkualitas dan kuat. Tidak heran banyak orang yang membangun rumah dengan mengutamakan kualitas bahan bangunan rumah, salah satunya adalah plafon PVC.

Berbicara tentang rumah, biasanya plafon rumah adalah benda yang paling sering rusak. Entah mengalami kebocoran, retak, hingga pecah akibat cuaca ataupun hewan pengerat yang tinggal di atas plafon.

Oleh karena itu, pemilihan plafon memang tidak bisa sembarangan. Salah satu plafon yang paling sering digunakan adalah plafon PVC. Bagi Pins belum mengenal apa itu plafon PVC dan modelnya. Yuk simak lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga:

Apa Itu Plafon PVC

plafon pvc

(Pinterest)

Eternit PVC atau Polyvinyl Chloride adalah polimer yang dijadikan bahan dalam pembuatan eternit atau plafon. Jenis plafon yang satu ini disebut-sebut banyak memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan plafon yang terbuat dari gypsum, triplek maupun fiber. Bahan PVC ini lebih lentur dan ringan. 

Tidak hanya itu material PVC pada plafon juga sangat awet dan mampu bertahan bertahun-tahun. Mungkin banyak dari Pins yang bertanya-tanya mengapa bisa awet? Hal ini karena plafon mengandung Polymer Isosianat yang membuat PVC tidak lapuk. Plafon ini juga cenderung mudah dibersihkan dengan lap basah.

Saat ini eternit PVC juga telah dikembangkan dengan berbagai model. Banyak sekali varian warna dan motif yang sangat unik dan menarik. Jadi Pins tidak perlu membeli cat tambahan untuk menghias jenis plafon yang satu ini karena tersedia dengan banyak varian.

Baca juga:

Kelebihan Penggunaan Eternit PVC

plafon pvc

(Pinterest)

Penggunaan eternit PVC banyak sekali mendatangkan keuntungan bagi kamu. Selain awet dan tahan lama, masih ada beberapa daftar keuntungan yang bisa kamu nikmati.

Mudah Dipasang

Plafon yang satu ini memang sangat mudah dipasang dibandingkan jenis plafon lainnya. Hal ini karena bobot plafon yang ringan sehingga sangat memudahkan proses pemasangan di rumah.

Mudah Dibersihkan

Plafon dengan material PVC ini sangat mudah untuk dibersihkan. Plafon yang terkena debu, noda, atau kotoran dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan lap basah. Berbeda dengan plafon-plafon jenis lain yang harus menggunakan perawatan khusus.

Tidak Mudah Terbakar

Plafon dengan menggunakan bahan PVC cukup tahan dengan api. Sehingga tidak mudah terbakar. Jika terbakar api yang menyala tidak akan mudah merambat ke seluruh plafon karena bahan PVC membuat api lebih cepat mati karena lelehan plafon saat terbakar.

Tersedia dalam Bentuk Tahan Air

Beberapa merk plafon jenis PVC ini bahkan dibuat dengan material yang tahan air sehingga tidak mudah rusak apalagi rusak. Jadi Pins tidak perlu khawatir menggunakan plafon yang satu ini.

Tersedia dalam Berbagai Model dan Warna

Biasanya orang akan sangat picky mengenai eternit karena modelnya yang sangat biasa saja. Namun pada plafon berbahan PVC ini tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang bisa menambah estetika pada ruangan kamu lho! Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli cat demi menghias plafon.

Berbagai Model Plafon PVC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tersedia berbagai macam model eternit PVC. Mulai dari warna, bentuk hingga motif eternit PVC ini sangat beragam. Nah bagi kamu yang penasaran apa saja model plafon bahan PVC, ini dia daftarnya.

Waffle

plafon pvc
(Unsplash)

Apakah kamu pernah memakan waffle? Bentuk waffle memang cukup menarik karena memiliki motif bertekstur garis-garis yang khas. Begitu juga dengan jenis model plafon atau ceiling bahan PVC yang satu ini, memiliki garis-garis bertekstur kotak yang khas mirip dengan waffle.

Pins bisa menggunakan plafon ini sebagai plafon pada ruang tamu, ruang keluarga ataupun ruang makan yang akan menambah estetika pada ruangan.

Drop Ceiling

Model plafon drop ceiling bahan PVC yang satu ini telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Bentuknya yang khas membuat ruangan di rumah terasa lebih rapi.

Selain itu, model plafon yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menggunakan lampu gantung karena akan menampilkan membuat lampu gantung menjadi center dari langit-langit rumah.

Plafon PVC Garis-Garis

(Pinterest)

Model plafon yang satu ini sangat sederhana dan akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih rapi. Dengan model yang satu ini, Pins bisa menggunakan interior lain yang lebih mencolok agar ruangan tidak terlalu ramai.

Model plafon garis-garis ini tersedia dalam berbagai warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu.

Baca juga:

Plafon PVC Lingkaran

plafon pvc
(Pinterest)

Model plafon yang satu ini cukup unik dan dapat membuat ruangan di rumah kamu menjadi terlihat mewah lho! Kamu bisa menggunakan lampu gantung untuk menjadikannya sebagai center pada langit-langit rumah.

Tidak hanya lampu gantung, Pins juga bisa memasang lampu di sepanjang garis lingkaran plafon supaya membuat garisnya semakin tegas.

Itulah informasi mengenai apa itu plafon PVC, kelebihan dan berbagai macam model plafon ini yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membeli plafon. Jangan lupa untuk mengukur ruangan yang akan kamu pasangkan plafon, supaya tidak salah membeli model plafon ya!

Baca juga:

Featured Image Source: Home Stratosphere

Editor: Syahya Rembulan

Last Edited: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.