BlogPemilik PropertiDesain HunianModel Plafon GRC Sederhana Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
0
0

Model Plafon GRC Sederhana Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 7, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan dan kekurangan plafon grctop-right-banner

Plafon adalah langit-langit rumah yang berfungsi membatasi hunian dengan bagian atap ruang. Langit-langit rumah ini terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya adalah GRC. Model plafon GRC sederhana menawarkan berbagai keindahan yang layak dipasang di rumah minimalis kamu.

Plafon GRC tentu memiliki beragam kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan jenis plafon lainnya. Bagi Pins yang ingin mempercantik rumah eksklusif mu layaknya perumahan The Agathis ataupun rumah di Cipayung di sekitar Cibubur Junction. Simak ulasan lengkap di bawah ini, yuk!

Apa Itu Plafon GRC?

Plafon GRC (Glass Fiber reinforced Cement) merupakan plafon yang terbuat dari pasir halus, kaca, serat, semen, dan polimer. Plafon yang satu ini memanfaatkan penguat berbahan dasar glass fiber dan juga bisa dipakai untuk membatasi ruangan memakai dinding tembok.

Dibandingkan plafon berbahan beton, GRC cenderung memiliki bobot yang lebih ringan ketika diaplikasikan. Bahkan, plafon ini mempunyai bahan yang awet terhadap suhu lembap sehingga tidak mudah bocor.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon yang Bagus dan Punya Kesan Minimalis

Model-model Plafon GRC yang Sederhana

Nah, setelah mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan dari plafon GRC, tentu kamu ingin mencari inspirasi untuk langit-langit rumah ini. Berikut ini kumpulan model plafon GRC sederhana yang bisa jadi referensi.

1. Model Plafon GRC Motif Kayu

model plafon grc sederhana
Source : Pinhome

Salah satu model plafon GRC yang bisa Pins terapkan di ruang tamu minimalis adalah motif kayu. Jenis plafon ini memberikan tampilan yang sangat sederhana, tetapi bisa menciptakan ruangan yang lebih luas dan lega. Alhasil, tamu yang datang akan merasa leluasa dan tidak sesak ketika bersantai di ruang tamu minimalis kamu.

2. Model Plafon GRC Minimalis

model plafon grc sederhana
Source : Pinhome

Sesuai namanya, model plafon minimalis memang mempunyai tampilan yang simpel. Meski begitu, model plafon satu ini mampu mencuri perhatian karena biasanya berbentuk persegi panjang atau menyesuaikan ruangan.

Umumnya, beberapa lampu bisa disematkan pada pinggir plafon untuk menambah cahaya dan mempercantik tampilan rumah. Bila memungkinkan, pilih lampu berwarna putih guna memperlihatkan ruangan yang lebih luas.

3. Model Plafon GRC Industrial

model plafon grc sederhana
Source : Pinhome

Bagi Pins yang ingin menambah sentuhan industrial di dalam rumah bisa memadukan plafon GRC dengan kayu. Perpaduan plafon rumah ini bisa menciptakan tampilan klasik dan unik.

Jika jadi, kamu bisa menggunakan plafon GRC untuk menutup sebagian langit-langit ruangan. Sementara itu, sisanya memakai perpaduan papan GRC dan kayu yang dijejerkan. Bila ingin tambah menarik, kamu bisa menaruh lampu di setiap garis guna menghias plafon.

4. Model Plafon GRC Klasik

model plafon grc sederhana
Source : Pinhome

Salah satu desain plafon yang paling banyak dipakai adalah model klasik. Pasalnya, model plafon GRC klasik menampilkan kesan sederhana, tetapi tetap bisa menutupi bagian permukaan langit-langit dengan tepat.

Selain itu, model langit-langit ini tidak terdiri dari banyak aksen. Namun, kamu akan meleihat adanya sedikit perubahan ketinggian pada bagian bingkai. Walau terbilang klasik, model satu ini tidak ketinggalan zaman dan masih bisa dipadupadankan dengan lampu hias yang serasi.

Kelebihan Plafon GRC

kelebihan plafon grc
Source : Pinhome

Penggunaan model plafon GRC sederhana ternyata memberikan berbagai kelebihan untuk hunian Pins. Sebagai contoh, jenis plafon ini bisa Pins pasang di ruangan yang lembap, seperti dapur atau kamar mandi.

Ini karena langit-langit GRC bisa bertahan pada ruangan dengan kelembapan tinggi. Tidak hanya itu, ada beragam keuntungan yang ditawarkan oleh plafon GRC terbaru. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mudah Dipasang

Salah satu keunggulan menggunakan plafon GRC model terbaru adalah proses pemasangan yang mudah. Namun, tidak semua jenis plafon GRC menawarkan kelebihan yang sama, melainkan jenis board atau lembaran. Pasalnya, jenis plafon GRC ini telah memiliki tanda pada bagian pinggur untuk menyatukan lembaran dengan lembaran lainnya.

Pins juga bisa melihat dari perbedaan ketebalan plafon. Bagian tipis yang disebut recessed menjadi bagian yang disambungkan. Ini yang menjadi alasan mengapa pemasangan plafon GRC bisa menghemat penggunaan compound, yaitu bubuk putih penutup celah kecil plafon.

2. Tahan di Ruangan Lembap

Seperti yang sudah disebutkan, plafon GRC cenderung lebih tahan di ruangan lembap. Maka dari itu, Pins bisa menggunakan plafon GRC di ruangan seperti kamar mandi atau dapur yang mengeluarkan uap panas. Bahkan, beberapa orang memanfaatkan jenis plafon ini di teras semi outdoor yang rentan terhadap cipratan air hujan.

Baca juga: 13 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

3. Fleksibel dan Tahan Lama

Penggunaan model plafon GRC sederhana ternyata menawarkan sifat yang lebih fleksibel, tidak seperti plafon tripleks atau kayu yang berbentuk rata. Kamu bisa lho membentuk plafon GRC sesuai keinginan karena material plafon ini terbuat dari campuran material glass fiber.

Dengan begitu, Pins bisa membuat lengkungan sempurna dari bahan satu ini. Tidak heran banyak orang yang memanfaatkan plafon ini pada masjid yang berbentuk kubah. Bagi kamu yang ingin langit-langit rumah berbentuk unik, plafon GRC bisa menjadi pilihan tepat.

4. Harga Lebih Terjangkau

Selain dari segi material, harga beli plafon GRC ternyata cenderung lebih terjangkau dibandingkan plafon lainnya. Dengan ragam keuntungna yang bisa kamu dapatkan, Pins bisa menggunakan plafon ini sebagai pembatas atap dan hunian terbaik.

5. Aman Bagi Kesehatan

Seperti yang diketahui, pemakaian plafon asbes dalam jangka waktu cukup lama bisa mengganggu kesehatan paru-paru. Lain hal dengan GRC karena terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan tanpa memicu risiko keracunan ketika dipakai dalam waktu lama. Ini tentu tidak akan menimbulkan kekhawatiran ketika memakai material plafon yang belum ada kejelasannya.

6. Tahan Api dan Air

Plafon GRC tidak hanya tahan di ruangan lembap, melainkan juga terhadap api dan air. Plafon GRC tidak mudah terbakar maupun mudah terpapar api sehingga aman digunakan. Bahkan, bahan dari plafon GRC juga anti bocor. Jadi, Pins tidak perlu khawatir adanya kebocoran di rumah ketika musim hujan!

Baca juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Kekurangan Plafon GRC

kekurangan plafon grc
Source : Pinhome

Walau memberikan segudang kelebihan, model plafon GRC minimalis masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Ini ulasan lengkapnya.

1. Proses Pemasangan Cenderung Lama

Plafon GRC memang menawarkan kemudahan saat dipasang, terutama yang terbuat dari lembaran. Sayangnya, proses finishing plafon ini cenderung lama karena tergolong rumit. Namun, kamu bisa melewati tantangan ini dengan menggunakan jasa pemasangan plafon yang tersedia di pasaran, kok.

2. Rentan Terkena Benturan

Tidak hanya dalam proses pemasangan yang rumit, bahan GRC ternyata rentan terhadap benturan benda-benda keras. Walau sudah berhati-hati dan tidak terburu-buru, terkadang proses pemasangan plafon GRC masih menyebabkan keretakan pada bagian penyambung papan.

Nah, itu tadi sederet model plafon GRC sederhana dan minimalis yang bisa kamu terapkan di ruang tamu maupun kamar tidur. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download