Pinhome x OCBC : Melayani Pelanggan Bak Raja Dengan Strategi Desain CX

Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 5, 2021 ∙ 4 menit membaca

Jangan salah! Pengalaman pelanggan menentukan kesuksesan brand, Pins. Berikut penjelasan Dayu Dara Permata, CEO & Founder Pinhome di event OCBC Future Smart Future Workforce (FSFW) 2020. Penasaran seperti apa? Scroll ke bawah ya!

Pinhome – Pelanggan adalah raja. Tentu Pins sudah sering mendengar istilah tersebut, bukan? Yap, di dunia bisnis, pelanggan adalah prioritas, karena mereka adalah pihak yang secara langsung bersentuhan dengan apa yang perusahaan kita tawarkan. Kepuasan mereka tercipta bukan hanya dengan sekali bersentuhan dengan pelayanan kita, namun merupakan suatu penilaian yang holistik terhadap setiap interaksi, mulai dari awareness hingga terjadi referral. Menciptakan pengalaman pelanggan atau customer experience yang baik tidaklah cukup, karena konsumen akan semakin dan semakin lagi menuntut pelayanan yang lebih maksimal. Simak pengalaman pribadi CEO & Founder Pinhome, Dayu Dara Permata dalam menciptakan customer experience yang mulus dan berkelanjutan ya, Pins!

Pinhome di OCBC NISP Future Smart Future Workforce 2020

Pada Kamis, 24 September 2020 kemarin, Mbak Dara, sapaan akrab Dayu Dara Permata, berkesempatan untuk membagikan ceritanya kepada karyawan Bank OCBC NISP dalam sesi FSFW 2020 Speaker Series mengenai implementasi customer experience yang mulus dan berkelanjutan yang selama ini ia bangun di Pinhome. Just like everything, pengalaman adalah guru terbaik. Mbak Dara sendiri terjun langsung saat membangun customer experience (CX) di Gojek, dimana apabila dulunya proses dispatch masih harus dilakukan secara manual oleh manusia dan memakan waktu yang cukup lama, saat ini, semua digantikan oleh otomatisasi algoritma yang hanya memakan waktu sekian detik. Dengan demikian, pelanggan pun menjadi lebih terbantu dengan proses yang jauh lebih cepat. Namun, apakah percepatan proses dispatch akan menjamin terciptanya CX yang maksimal?

Pertama-tama, kita harus lebih dalam memahami CX. Customer Experience (CX) merupakan titik pertemuan dari semua usaha yang sudah dilakukan oleh perusahaan atau brand, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible). Pelanggan bukan hanya melakukan penilaian terhadap satu bagian dari pelayanan saja, tapi secara holistik atau keseluruhan. Maka, penting bagi kita nih, untuk selalu memastikan bahwa setiap tahap yang dilewati oleh seorang konsumen dari tahap awareness, activation, acquisition, revenue, hingga retention dialami dengan mulus dan memuaskan agar mereka menjadi pelanggan yang secara loyal dan tulus memberikan rekomendasi terhadap brand kita. Hal-hal berwujud dan tidak berwujud apa aja sih, yang memengaruhi CX itu?

(1) Layanan, misalnya bagaimana customer service membantu masalah yang dialami pelanggan dengan cepat dan tanggap sehingga masalah tersebut dapat diatasi, atau sesederhana senyuman, sopan santun, bahkan kebersihan tempat layanan kita pun sangat memengaruhi pengalaman pelanggan; (2) offline touchpoints, misalnya ketika kita menerima kartu kredit dengan desain yang dipersonalisasi (personalized) sesuai dengan keinginan kita; (3) online touchpoints, yaitu seluruh hal yang bisa diakses pelanggan secara online, misalnya website dan aplikasi yang lancar mudah diakses, ataupun konten media sosial dan newsletter yang menarik dan informatif; dan yang terakhir (4) brand experience, yaitu aspek tidak berwujud yang secara subjektif dialami pelanggan, misalnya terciptanya sebuah koneksi dengan nilai-nilai atau visi misi perusahaan kita. Lalu, bagaimana implementasi CX di Pinhome?

Pinhome berusaha untuk mengimplementasikan CX yang mulus dan berkelanjutan, sehingga tidak ada proses yang menyusahkan pelanggan dalam bertransaksi properti. Pelanggan bisa menemukan properti idaman, melakukan survei dan negosiasi, pengajuan KPR, hingga akad melalui satu jalur saja dengan menggunakan teknologi yang terintegrasi secara end-to-end. Keren ya, Pins?

Di dunia digital seperti sekarang ini dimana pelanggan selalu menuntut lebih, kita jangan sampai ketinggalan ya, Pins! Terus menjadi pendengar yang baik, terus memperbaiki dan mengembangkan diri supaya kamu selalu bisa mempersembahkan pelayanan terbaik bagi pelanggan kamu!


Sadar gak, Pins? Kamu sudah belajar dan mengembangkan diri dengan membaca artikel ini, lho! So, nantikan terus event Pinhome lainnya yang gak kalah menarik dan berisi ilmu mahal di sini ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia