Pinhome

Pinhome x Glints: Kiat Proses Desain Produk Secara Remote Working

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Tantangan ketika bekerja dari rumah akan selalu ada, Pins. Terutama dalam mendesain sebuah produk yang nyaman digunakan. Dalam Webinar Pinhome x Glints: Level Up Design Process Fundamental, Joshua membagikan kiat-kiat desain UX yang ia gunakan, yaitu model double diamond. Seperti apa model ini? Scroll terus ke bawah ya!

Dari skala 1-10, udah seberapa terbiasa sih, Pins bekerja dari rumah? Well, saat ini, bekerja dari rumah memang masih merupakan pilihan terbaik ya, untuk segera memulihkan keadaan biar bisa cepat kembali seperti semula. Walau sebagian besar orang sudah mulai terbiasa, tapi gak bisa dipungkiri juga kalau masih ada beberapa yang merasa kesulitan untuk bekerja dari rumah. So, di Glints Expert Class edisi 4 November 2020, salah satu Pinfam, Joshua Atmadja, Product Designer Pinhome berkesempatan untuk sharing mengenai kiat-kiat apa yang bisa kita lakukan supaya nyaman bekerja dari rumah, khususnya untuk proses desain yang mulus supaya User Experience yang nyaman bisa tercipta.

(Pinhome x Glints: Proses Desain Produk Secara Remote Working)
(Pinhome x Glints: Proses Desain Produk Secara Remote Working)

Pertama-tama, Joshua mengatakan bahwa hal-hal yang paling esensial untuk mendukung Work From Home (WFH) adalah koneksi internet yang stabil, device untuk kita pakai, dan juga beberapa software & hardware untuk mendukung performa kita. Makanya, gak heran kalau conference call via Zoom atau Google Meet jadi makanan sehari-hari bagi yang menerapkan WFH, ya. So, kuncinya adalah kemauan untuk beradaptasi dengan terus belajar dan memanfaatkan sarana yang ada supaya pekerjaan yang kita lakukan bisa lebih efisien dan praktis.

Joshua yang sehari-hari berhubungan dengan User Experience (UX) pun mengakui bahwa sebelum bisa mencapai UX yang memberikan kenyamanan bagi pengguna, kita harus terlebih dahulu memastikan bahwa produk yang kita miliki itu benar-benar fungsional, bisa diandalkan, bisa dipakai, dan pastinya berguna. Salah satu model yang bisa digunakan dalam proses desain UX adalah model Double Diamond yang terdiri dari empat tahap, yaitu discover, define, develop, dan deliver. Lalu, gimana caranya untuk menerapkan model tersebut dari rumah?

Langkah pertama yang harus Pins lakukan yaitu discover dan define, yang bertujuan untuk mendalami setiap detail dari masalah yang ingin kita pecahkan dan merumuskannya menjadi penjelasan yang komprehensif. Tentunya, langkah ini bisa dilakukan dengan metode wawancara, group discussion, dan survei yang pastinya dilakukan secara online, misalnya dengan menggunakan Google Meet, Zoom, Typeform, dll. Baik data yang umum maupun spesifik, dalam jumlah banyak atau sedikit, semua bisa kamu dapatkan secara online! Setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, Pins kemudian bisa melanjutkan dengan workshop dan ideation untuk bersama-sama menentukan ide-ide yang berpotensi menjadi solusi bagi permasalahan yang ada untuk segera dieksekusi di langkah berikutnya.

Di tahap develop dan deliver, langkah yang harus langsung Pins lakukan adalah membuat prototype. Gak perlu yang terlalu sempurna banget, yang penting selalu kasih beberapa alternatif dari prototype yang kamu buat dan jangan lupa, selalu berkolaborasi dengan pihak lain supaya solusi yang kamu berikan bisa semakin pakem. Selanjutnya, lakukan uji coba dari prototype tersebut, selalu observasi, dan catat hal-hal apa yang bisa diperbaiki. Setelah itu, kamu bisa deh untuk memfinalisasi desain yang sudah kamu buat bersama engineers atau developers lain, dan voila, jadi deh desain produk kamu!

At the end of the day, pasti akan selalu ada tantangan untuk bekerja, khususnya melakukan proses desain produk dari rumah. So, Joshua juga memberikan tips bagi Pins supaya tetap semangat, nih. (1) Jangan takut terhadap kendala dan limitasi, harus berani keluar dari zona nyaman biar kamu bisa makin kreatif; (2) Komunikasikan persoalan-persoalan ketika masih kecil, jangan tunggu sampai menjadi masalah besar yang gak bisa terkontrol; dan (3) Jangan lupa untuk beristirahat sejenak kalau capek, ya!

Menurut Pins, tips nya bisa diterapin di bidang pekerjaan lain gak? Semoga kiat-kiat-kiat di atas membantu kamu ya. Nantikan webinar Pinhome lain nya yang gak kalah menarik dan informatif. See you, Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel