Pinhome

Berita Pinhome

Pinhome x Arsitag: Beli Murah, Jual Mahal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kata siapa rumah seken itu gak oke? Apa kamu salah satu yang mikir begitu, Pins? Pada event kolaborasi Pinhome dan Arsitag, di tanggal 7 Oktober 2020, Nico Andriano, Interior Architect Co+in Collaborative Lab menjelaskan kenapa sih membeli rumah seken itu merupakan keputusan yang tepat, cerdas, dan menguntungkan. Penasaran? Scroll terus ke bawah!

Buat kamu, si pemburu rumah, pasti pernah dong galau mau beli rumah baru tapi harganya melambung jauh tinggi, terus nemuin rumah seken yang harganya pas di kantong, lokasi strategis, tapi gak suka, simply karena rumah itu pernah ditinggali oleh orang lain. Rasanya kurang oke aja gitu, gak sesuai sama kemauan kita. Padahal, rumah seken itu lebih dari sekadar rumah yang pernah ditinggali oleh orang lain loh, Pins. Kalau kamu pintar dalam memilih rumah seken yang tepat dan menyulapnya sesuai dengan keinginanmu, ini akan menjadi sebuah investasi yang menguntungkan buat kamu ke depannya. Kenapa? Karena, kamu membelinya dengan harga murah, tapi bisa dijual kembali dengan harga yang mahal!

Pinhome x Arsitag Keuntungan Beli Rumah Seken

Oke, mungkin Pins bertanya-tanya, faktor apa yang harus dilihat dan dipertimbangkan saat memilih rumah seken yang cocok untuk direnovasi? Nico mengatakan bahwa yang terpenting adalah (1) faktor lokasi, jelas, kamu sebaiknya memilih rumah yang berada di lokasi strategis. Kemudian, kamu harus mempertimbangkan (2) faktor bangunan itu sendiri, apa rumah tersebut masih kokoh? Apa rumah tersebut memiliki banyak kerusakan atau banyak bagian yang hancur? Selanjutnya adalah (3) faktor subjektif kamu sendiri, misalnya rumah tersebut punya struktur bangunan atau bentuk yang sangat kamu sukai, atau rumah tersebut memiliki banyak material yang bisa kamu gunakan dan modifikasi kembali. Ketiga faktor tersebut bisa menjadi panduan esensial kamu untuk pertama-tama memilih rumah seken yang cocok dengan preferensi kamu sendiri.

Setelah kamu menemukan rumah seken yang cocok, barulah kamu bisa bermain dengan ranah renovasi, baik renovasi struktur bangunan, material, bahkan desain interiornya. Untuk kamu yang ingin kemudian menempati rumah itu, tentunya kamu bisa merenovasinya sesuai dengan keinginanmu pribadi. Tapi, kalau kamu berencana untuk menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal, pastikan kamu mengetahui secara pasti apa tujuan dari dibangunnya rumah tersebut, siapa target segmen yang kamu tuju dan fungsi utama dari rumah tersebut. Misalnya, kamu ingin merenovasi rumah tua yang memiliki nilai seni tinggi kepada pasangan muda dengan cita rasa seni luar biasa yang hanya akan menempati rumah tersebut di akhir pekan untuk bersantai. Banyak aspek desain yang bisa kamu terapkan dengan pertimbangan matang, karena seperti kata Nico bahwa nilai sebuah properti bisa meningkat secara signifikan dengan adanya desain yang dituangkan dengan penuh perhatian. Terlebih karena sentuhan-sentuhan seni khas Indonesia memang memiliki keunikan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Rumah seken itu bagaikan permata yang tersembunyi. Maka, Pins sebagai pemburu rumah seken memang harus telaten dalam memilah dan memilih rumah seken yang paling cocok dan bonafide, yang juga membawa unsur-unsur bersejarah yang tidak bisa dimiliki oleh properti baru. Jangan lagi merasa takut akan keadaan rumah seken yang kurang baik, kurang layak, atau tidak menguntungkan. Karena dengan renovasi dan penerapan desain yang bijaksana, rumah seken kamu bisa jadi ciamik deh!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel