Pinhome

Berita Pinhome

Pinhome di COMPFEST Talks: Membangun Startup Sosial

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam dunia startup, mereka yang mengejar inovasi untuk menciptakan manfaat bagi masyarakat yang akan bertahan. Seperti yang disampaikan oleh kedua founder Pinhome, Dayu Dara dan Ahmed Aljunied di COMPFEST TALKS By Fasilkom UI, tentang startup sosial, serta penggunaan teknologi AI dalam bisnis. Seperti apa? Simak artikel berikut ini!

Yay, perjalanan Pinhome untuk mengedukasi generasi penerus bangsa terus berlanjut, Pins! Tanggal 3-4 Oktober 2020 kemarin, CEO dan CTO Pinhome diundang sebagai pembicara dalam acara COMPFEST Talks yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pada hari pertama COMPFEST Talks, Dayu Dara Permata, CEO Founder Pinhome berbagi pengalaman dalam topik “First Step to Building a Social Start Up: Profit or Impact?”. Keesokan harinya, Ahmed Aljunied, CTO Founder Pinhome juga membagikan sudut pandangnya mengenai topik “How to Maximize AI for your Business.”

Pinhome di Comfest Talks: Membangun Startup Sosial

Pada sesi “First Step to Building a Social Start Up: Profit or Impact?”, Dara bersama Rorian Pratyaksa (Co-Founder dari Woobiz) bercerita soal bagaimana membangun startup, yang pada dasarnya secara inheren merupakan sebuah gerakan yang baik selama didasarkan oleh dua prinsip yang perlu dipenuhi, yaitu standar do well & do good.

Dari sisi do well, sebuah startup tentunya perlu berjalan dan beroperasi dengan baik dari segi bisnis. Artinya, startup tersebut dapat memonetisasi secara optimum sehingga bisnis bisa terus berjalan dengan lancar. Hal ini sangat esensial, karena ketika suatu startup sudah memenuhi kriteria do well, hal ini memungkinkan mereka untuk membawa impact positif yang berkelanjutan sesuai dengan misi masing-masing startup. Di sisi lain, do good merepresentasikan dimensi bahwa pada dasarnya, setiap startup seharusnya dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah dan membawa dampak positif bagi orang-orang dan kondisi sosial yang ada, mulai dari menciptakan lapangan pekerjaan, penyediaan layanan berkualitas, dan dampak sosial lainnya yang definisinya pun sangat fluid. Meskipun begitu, Dara menekankan jika kedua dimensi ini perlu berjalan secara bersamaan untuk menghasilkan kolaborasi yang lebih baik.

Hari pertama COMPFEST Talks sangat menyenangkan ya, Pins? Semua peserta nampaknya begitu antusias mengenal dunia startup yang sangat menantang namun bikin ketagihan! Makanya, di hari kedua, Ahmed pun gak mau kalah untuk membagikan insight-nya mengenai optimalisasi teknologi Artificial Intelligence untuk bisnis-bisnis di era digital ini.

Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang dioptimalisasi oleh teknologi komputer, diciptakan manusia, untuk membantu manusia dalam memecahkan masalah secara lebih efisien. Artinya, ketika bisnis yang kita jalankan menerapkan AI, tentunya kita akan merasa lebih terbantu oleh teknologi ya, karena tidak lagi membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah yang terlalu banyak untuk bekerja secara manual. Ahmed menjelaskan bahwa AI dapat membantu bisnis dari hal yang paling sederhana, contohnya untuk memproses aktivitas administrasi dan keuangan, mendeteksi dan menginterpretasikan makna dari jumlah data yang besar, dan membantu pelaku bisnis berinteraksi dengan para konsumen juga, Pins! Terus, gimana sih perusahaan bisa lebih memaksimalkan penggunaan AI ini?

Perusahaan yang sudah well-established sangat direkomendasikan untuk membuat divisi khusus untuk mengembangkan AI. Di sisi lain, perusahaan startup bisa mulai memfokuskan penggunaan AI pada produk-produk tertentu saja dan mengembangkannya seiring berjalannya waktu. Intinya, mulailah optimalisasi AI secara sederhana, mulai dari penggunaan data yang akurat dan didukung oleh audit, fitur-fitur yang mudah dimengerti, serta berkolaborasi dengan divisi lain untuk semakin menciptakan pengalaman AI yang mulus dan memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan bisnis. Sip deh!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel