Peta India

Diperbarui oleh ∙ October 31, 2022 ∙ 3 menit membaca

Peta IndiaIndia adalah sebuah negara berbentuk republik, terletak di benua Asia. Jumlah penduduk menempati urutan kedua terbanyak di dunia, populasinya lebih dari 1 milyar jiwa. Berdasarkan ukuran wilayah geografisnya, India merupakan negara terbesar ke-7 di dunia. Mulai tahun 1980-an penduduk India tumbuh pesat.

India terletak di Asia selatan dengan batas-batas wilayahnya meliputi: bagian selatan berbatasan dengan Laut Arab, Laut Laccadive, dan Teluk Bengal, bagian utara berbatasan dengan Bhutan, Nepal, Cina, dan Pakistan, dan bagian timur berbatasan dengan Bangladesh dan Myanmar (Burma).

Peta di bawah ini meliputi peta wilayah, peta negara bagian, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.  

Peta Negara India

Negara-negara Berbatasan India

Peta Regional

Peta Negara Bagian India

Peta Negara Bagian India

Gambar Peta India

Peta Politik India
Peta Politik India

Di mana letak India?

Peta Letak India

India negara terbaik untuk bisnis

Hal-hal yang perlu diketahui

Kota Penting India

Agartala, Agra, Ahmedabad, Aizawl, Allahabad, Amritsar, Balasore, Bengaluru, Bareilly, Bhopal, Bhubaneswar, Bhuj, Bikaner, Chandigarh, Chennai (Madras), Coimbatore, Cuddalore, Cuttack, Daman, Dehradun, Dibrugarh, Dispur, Diu, Gandhinagar, Gangtok, Gorakhpur, Guntakal, Gwalior, Haldia, Hyderabad, Imphal, Indore, Itanagar, Jabalpur, Jaipur, Jaisalmer, Jammu, Jamnagar, Jamshedpur, Jhansi, Jodhpur, Kakinada, Kanpur, Kargil, Kavaratti, Kochi, Kohima, Kochi Kolkata (Kalkuta), Kota, Kozhikode, Leh, Lucknow, Ludhiana, Madurai, Mangaluru, Mumbai (Bombay), Nagpur, Nagpur, New Delhi, Panaji, Paradip, Pathankot, Patna, Porbandar, Port Blair, Puducherry, Pune, Raipur, Rajkot, Ranchi, Shillong, Silchar, Silvassa, Shimla, Solapur, Srinagar, Surat, Thiruvananthapuram, Thoothukudi, Tinsukia, Udaipur, Vadodara, Varanasi (Benares), Vasco da Gama, Vijayawada,dan Visakhapatnam.

Nama Negara bagian India

Andhra Pradesh, Arunachal Pradesh, Assam, Bihar, Chhattisgarh, Goa, Gujarat, Haryana, Himachal Pradesh, Jammu dan Kashmir, Jharkhand, Karnataka, Kerala, Madhya Pradesh, Maharashtra, Manipur, Meghalaya, Mizoram, Nagaland, Odisha, Punjab, Rajasthan, Sikkim, Tamil Nadu, Telangana, Tripura, Uttar Pradesh, Uttarakhand, dan Benggala Barat.

Wilayah Serikat India

Kepulauan Andaman dan Nicobar, Chandigarh, Dadra dan Nagar Haveli, Daman dan Diu, Delhi, Lakshadweep, dan Puducherry.

Lokasi strategis India

Kepulauan Andaman, Laut Andaman, Laut Arab, Rentang Aravalli, Teluk Bengal, Sungai Bhima, Sungai Chambal, Sungai Chenab, Danau Chilka, Danau Dhebar, Sungai Gangga (Gangga), Sungai Ghaghara, Sungai Godavari, Gurun Besar India (Gurun Thar) , Teluk Khambhat, Teluk Kutch, Teluk Mannar, Himalaya, Sungai Kaveri, Sungai Krishna, Laut Laccadive, Kepulauan Lakshadweep, Sungai Mahanadi, Mulut Gangga, Sungai Narmada, Kepulauan Nicobar, Nizam Sagar, Teluk Palk, Selat Palk, Danau Pulicat, Rann of Kutch, Sungai Rihand, Sungai Son, dan Sungai Yamuna.

Sumber Daya Alam India

India memiliki cadangan batubara terbesar keempat di dunia. Sumber daya terkait bahan bakar lainnya adalah gas alam dan minyak bumi. Ada sejumlah sumber daya logam yang meliputi kromit, bauksit, bijih besi, bijih titanium, mangan, dan mika. Sumber daya alam lainnya termasuk berlian, batu kapur dan tanah subur.

Bencana Alam India

India memiliki sejumlah bahaya alam, yang meliputi kekeringan, badai petir parah, banjir bandang, dan gempa bumi, serta banjir yang meluas dan merusak dari hujan monsun.

Masalah Lingkungan India

Masalah lingkungan untuk India banyak. Ini termasuk deforestasi, erosi tanah, penggembalaan berlebihan, dan penggurunan. Negara ini memiliki populasi yang besar dan terus bertambah yang melimpahi sumber daya alam. Air keran tidak dapat diminum di seluruh negeri, dan ada polusi air dari limpasan pestisida pertanian dan limbah mentah. Selain itu, India memiliki polusi udara dari limbah industri dan emisi kendaraan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia