BlogLifestyleEdukasiGambar Peta 34 Provinsi yang Ada di Indonesia
0
0

Gambar Peta 34 Provinsi yang Ada di Indonesia

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 24, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Peta Indonesiatop-right-banner

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang kerap disebut sebagai Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Tenggara. Secara geografis, Indonesia memiliki peta 34 Provinsi dan 16.766 pulau yang tersebar.

Ini adalah salah satu negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, terletak di antara dua daratan yaitu: benua Asia dan Australia, dan dua samudra yaitu: Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Jika Pins ingin mengenal lebih lengkap tentang berbagai Provinsi di Indonesia, simak peta 34 Provinsi meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan!

Peta 34 Provinsi Indonesia

peta 34 provinsi
Source : Tata Ruang

Seperti yang telah kami bahas di atas, Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di 34 provinsi. Untuk Ibu Kotanya sendiri berada di DKI Jakarta, tepatnya di Kota Jakarta Pusat sebagai center point pemerintahan. Berikut ini daftar peta 34 Provinsi yang ada di Indonesia:

NOPROVINSINOPROVINSI
1Aceh18Nusa Tenggara Barat (NTB)
2Sumatera Utara19Nusa Tenggara Timur (NTT)
3Sumatera Barat20Kalimantan Barat
4Riau21Kalimantan Tengah
5Kepulauan Riau22Kalimantan Selatan
6Jambi23Kalimantan Timur
7Sumatera Selatan24Kalimantan Utara
8Bengkulu25Sulawesi Utara
9Lampung26Gorontalo
10Bangka Belitung27Sulawesi Tengah
11DKI Jakarta28Sulawesi Selatan
12Jawa Barat29Sulawesi Barat
13Banten30Sulawesi Tenggara
14Jawa Tengah31Maluku
15Yogyakarta (DIY)32Maluku utara
16 Jawa Timur 33Papua
17Bali34Papua Barat
Source : Pinhome

Peta Politik Indonesia

peta 34 provinsi
Source : Tata Ruang

Dilansir dari Bada Geologi, Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste.

Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini. Untuk itu peran Badan Geologi sangat strategis dalam mengelola wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagan Peta Indonesia

Bagan Peta Indonesia
Source : Tata Ruang

Berdasarkan bagan peta Indonesia di atas, kita bisa melihat berbagai pulau yang ada di negara kita. Dari ribuan pulau yang ada, kepulauan di Indonesia dikelompokan menjadi delapan yaitu Kepulauan Sunda Besar of Sumatra atau Sumatera, Jawa, Sejauh Selatan Borneo atau Kalimantan, Celebes atau Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan Papua.

Peta Buta Indonesia

peta 34 provinsi
Source : Pinterest

Menurut KBBI, peta buta adalah peta yang tidak memiliki keterangan lengkap sebagai alat pengenal. Sebagai rakyat Indonesia, Pins perlu mempelajari peta buta untuk melatih daya ingat, mengenali letak-letak provinsi dan kota-kota di tanah air, hingga mengetahui lebih jauh tentang pentingnya pemahaman membaca peta.

Baca juga: Indonesia negara terbaik untuk bisnis

Tentang Negara Indonesia

Source : Kompas

Setelah mengetahui peta 34 provinsi di Indonesia beserta nama-namanya, sekarang Pins juga perlu mengetahui beberapa hal yang harus diketahui tentang Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kota Penting Indonesia

Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Bogor, Cirebon, Denpasar, Dumai, Garut, Jakarta, Jambi, Jayapura, Kebumen, Kediri, Kendawangan, Kupang, Langsa, Lhokseumawe, Lunjuk-Besar, Makassar, Malang, Manado, Manokwari, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Palu, Pati, Pekalongan, Pontianak, Probolinggo, Rantauprapa, Rengal, Samarinda, Semarang, Singkawang, Sintang, Sorong, Sukabumi, Surabaya, Tandjungredeb, Tanjung Selor, Tegal, dan Yogyakarta.

Nama Pulau di Indonesia

Bali, Kalimantan, Buru, Nusa Tenggara Timur, Jawa, Lombok, Maluku, Nugini, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi, Sumatra, Sumba, Sumbawa, Timor, Trangan, dan Nusa Tenggara Barat.  

Lokasi Strategis Indonesia

Laut Andaman, Laut Arafura, Laut Bali, Laut Banda, Laut Celebes, Laut Seram, Danau Danau Poso, Danau Ranau, Danau Tempe, Danau Toba, Danau Towuti, Laut Flores, Samudra Hindia, Laut Jawa, Selat Makassar, Maluku Laut, Laut Filipina, Laut Sawu, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Laut Sulu dan Laut Timor.

Berbicara tentang lokasi strategis, Pins bisa menemukan berbagai pilihan rumah dengan lokasi strategis dan kemudahan akses transportasi umum melalui fitur Rumah Ekslusif dari Pinhome.

Sumber Daya Alam Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah sumber daya logam yang meliputi bauksit, timah, nikel, tembaga, perak dan emas. Minyak bumi, batu bara, dan gas alam adalah beberapa sumber bahan bakar penting bagi negara. Sumber daya lainnya adalah kayu dan tanah subur.  

Bencana Alam Indonesia

Indonesia memiliki berbagai bahaya alam misalnya: aktivitas gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, kekeringan di tempat tertentu.  

Masalah Lingkungan Indonesia

Indonesia sering dilanda asap dan kabut dari kebakaran hutan, dan polusi udara di daerah perkotaan. Masalah lingkungan lainnya adalah deforestasi. Negara ini juga memiliki polusi air dari limbah dan limbah industri.

Oleh karena itulah, penting untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang limbah sembarangan, melakukan penghijauan, dan sebagainya. Rumah yang tandus akan cenderung beresiko terkena masalah lingkungan.

Begitupun sebaliknya, perumahan asri yang ditanami banyak tumbuhan hijau seperti Nismara Harapan Indah, tentu akan mampu meminimalisir masalah lingkungan seperti yang telah disebutkan di atas.

Nah, itu dia penjelasan tentang peta 34 Provinsi di Indonesia beserta nama-nama Provinsi lengkap! Sekian pembahasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download