Peta 10 Negara Anggota ASEAN

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ November 30, 2022 ∙ 10 menit membaca

Peta Asean ialah peta yang menggambarkan wilayah ASEAN, yakni perhimpunan bangsa-bangsa yang berada di wilayah Asia Tenggara. Wilayahnya cukup luas dan mencakup berbagai negara kepulauan, termasuk Indonesia.

Letak geografis ASEAN yakni sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh, sebelah utara berbatasan dengan China, sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Luas wilayah peta Asean mencapai 4.479.210,5 km² dengan kepadatan penduduk sekitar 135 per km². Jumlah penduduk diperkirakan mencapai 601 Juta pada sensus tahun 2010. Bila anda lihat petanya, akan anda dapatkan pulau-pulau kecil yang bertebaran di sepanjang Samudera. Hal ini dikarenakan banyak dari negara anggota ASEAN yang berupa negara kepulauan.

Peta Asean memiliki nilai historis yang mendalam sehingga sejarahnya sangat erat kaitannya dengan pembentukannya sebagai kesatuan negara-negara Asia Tenggara. Jika dilihat, gambar peta Asean terdiri dari peta negara-negara anggotanya yang memiliki luas berbeda.

Masing-masing negara memiliki karakteristik sendiri mengenai tampilan-tampilan yang terdapat dalam Peta. Berikut dibahas satu persatu mengenai sejarah pembentukan peta Asean dan karakteristik negara-negara anggotanya.

Peta ASEAN di bawah ini meliputi peta dataran, peta perairan, peta kota, gunung, batas-batas wilayah dan peta lalu lintas. Peta dataran dan perairan dapat anda lihat pada kotak LEGENDA berupa angka yang tertera.

Peta 10 Negara Anggota ASEAN terdapat ikon-ikon yang menjelaskan hal-hal penting yang ada pada gambar tersebut. Keterangan ikon-ikon peta meliputi sebagai berikut:

  • Ikon ibukota meliputi ibukota provinsi, ibukota kabupaten, kota besar, dan kota.
  • Ikon gunung ada dua yaitu gunung berapi dan gunung saja.
  • Ikon batas meliputi batas negara dan batas provinsi.
  • Ikon lalu-lintas meliputi jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, jalur kereta api, lapangan terbang nasional, lapangan terbang perintis, pelabuhan laut nasional, dan pelabuhan laut penyeberangan.

Untuk melihat detail peta Negara Anggota ASEAN silahkan download gambar di bawah ini dengan ukuran kurang lebih 305 KB saja.

Peta Negara Asean

Peta Negara Anggota ASEAN

Peta Buta Asean

Peta Buta Asia Tenggara
Peta Buta Asia Tenggara

Untuk melihat secara detail peta masing-masing negara silahkan kunjungi tautan di bawah ini:

1. Peta Singapura

Peta Singapura 2018

2. Peta Malaysia

Peta Malaysia
Peta Malaysia

3. Peta Brunei Darussalam

Peta Negara Brunei Darussalam 2018
Peta Negara Brunei Darussalam 2018

4. Peta Kamboja

Peta Atlas Negara Kamboja 2018
Peta Atlas Negara Kamboja 2018

5. Peta Vietnam

Peta Vietnam
Peta Vietnam

6. Peta Laos

Peta Negara Laos 2018
Peta Negara Laos 2018

7. Peta Filipina

Peta Negara Filipina 2018
Peta Negara Filipina 2018

8. Peta Myanmar

Peta Negara Myanmar
Peta Negara Myanmar

9. Peta Thailand

Peta Negara Thailand
Peta Negara Thailand

10. Peta Indonesia

Peta Indonesia HD
Peta Indonesia HD

Sejarah Pembentukan Peta ASEAN

Menurut catatan sejarah, peta wilayah Asia Tenggara (ASEAN) dibuat pertama kali pada tahun 1540 M oleh seorang kartografer bernama Sebastian Munster. Pada saat itu, gambaran Peta Asia Tenggara belum dapat teridentifikasi secara lengkap karena ada beberapa wilayah yang belum terjamah oleh penjelajah.

Selanjutnya peta dikembangkan oleh seorang orientalis bernama Abraham Ortellius pada tahun 1570 M, walaupun sebenarnya masih belum terlalu akurat penggambarannya.

Peta Asean terus mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi lengkap dan akurat pada tahun 1718 M pertama kali oleh Henri Chatelain. Pada peta itu, wilayah Asia Tenggara dapat terlihat jelas dengan nama kota yang tersebar di berbagai daerah. Peta ini terus bertahan hingga pada era modern dan merupakan peta secara umum.

Peta secara resmi dibuat setelah dilakukan pembentukan persyarikatan bernama ASEAN oleh 5 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Selanjutnya diikuti oleh negara-negara yang bergabung, yakni Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Peta secara resmi pada dasarnya hanya menggambarkan wilayah negara-negara anggota tersebut secara lebih rinci dan mendetail.

Lebih jauh mengenai sejarahnya selengkapnya silahkan kunjungi: Sejarah berdirinya ASEAN dan tujuannya

Negara-Negara ASEAN Beserta Karakteristiknya

Anggota ASEAN terdiri dari 10 negara yang tersebar di wilayah Asia Tenggara. Masing-masing negara memiliki karakteristik geografis sebagai berikut :

1. Indonesia

Indonesia adalah negara yang menjadi anggota ASEAN pertama kali dan menjadi tempat dideklarasikannya Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut. Luas wilayah Indonesia adalah 1.904.569 km² dengan kepadatan penduduk 124,66/km². Berdasarkan perkiraan tahun 2015, jumlah penduduknya adalah sekitar 225.461.700 jiwa yang tersebar dari wilayah Sabang hingga Merauke, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di Dunia.

Ibukota Negara Indonesia adalah DKI Jakarta yang terletak di Pulau Jawa. Letak geografis Indonesia adalah sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura dan Laut China Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Papua New Guinea, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara bahkan di Dunia. Selengkapnya baca: Indonesia negara terbesar di Asia Tenggara

2. Malaysia

Malaysia merupakan negara yang menjadi anggota ASEAN yang kedua setelah Indonesia dan menjadi negara persemakmuran Inggris. Luas wilayahnya yakni 329.847 km² dengan kepadatan penduduk 92/km². Berdasarkan perkiraan tahun 2015, jumlah penduduk Malaysia adalah sekitar Rp 30.697.000 jiwa yang terbagi menjadi dua wilayah besar, yakni wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

Ibukota Negara Malaysia adalah Kuala Lumpur yang terletak di Malaysia Barat. Secara geografis, Malaysia berbatasan dengan Thailand dan Brunei darussalam di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah barat, Laut Cina Selatan di sebelah timur, dan Indonesia di sebelah selatan. Bentuk pemerintahan Malaysia adalah monarki konstitusional dengan unsur-unsur Islam yang melekat dalam sistem pemerintahannya. Selengkapnya baca: Malaysia negara penting di Asia Timur

Baca juga: Peta Jawa Tengah

3. Singapura

Singapura memiliki luas wilayah yang kecil dan terletak di wilayah Semenanjung Malaya. Luas wilayahnya adalah 716 km² dengan kepadatan penduduk 7697/km². Jumlah penduduknya sebesar 5.535.000 jiwa pada perkiraan tahun 2015.

Ibukota Negara Singapura adalah Singapura dan memiliki sejarah yang berhubungan dengan Malaysia pada zaman dulu. Batas wilayah Singapura sebelah barat adalah Selat Malaka, batas sebelah utaranya adalah Malaysia, batas sebelah timurnya adalah Laut Cina Selatan, dan batas selatannya adalah Indonesia. Walaupun luas negaranya kecil, namun Singapura menjadi negara paling maju di Asia Tenggara karena pendapatan perkapitanya yang sangat tinggi. Selengkapnya baca: Singapura negara standar hidup tertinggi di Asia

4. Thailand

Thailand dikenal sebagai negara yang dibentuk tanpa melibatkan pertumpahan darah. Luas wilayahnya adalah 513.120 km² dengan kepadatan penduduk 131/km². Jumlah penduduknya adalah 65.104.000 jiwa berdasarkan perkiraan tahun 2015.

Ibukota Negara Thailand adalah Bangkok. Batas wilayah Thailand adalah sebelah utara berbatasan dengan Laos dan Myanmar, sebelah barat dengan Myanmar, sebelah timur dengan Kamboja, dan sebelah selatan dengan Malaysia. Thailand disebut-sebut sebagai negeri yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing (eropa). Selengkapnya baca: Thailand negara yang tidak pernah dijajah

5. Filipina

Filipina merupakan negara kepulauan terbesar kedua setelah Indonesia di Asia Tenggara. Luas wilayahnya adalah 300.000 km² dengan kepadatan penduduk 339,19 km². Jumlah penduduknya adalah 100.981.437 jiwa pada perkiraan tahun 2015.

Ibukota Negara Filipina adalah Manila. Batas-batas wilayahnya adalah Taiwan di sebelah utara, Laut Cina Selatan di sebelah barat, Samudera Pasifik di sebelah timur, dan Laut Sulu di sebelah selatan. Selengkapnya baca: Filipina negara progresif dan berkembang di Asia

6. Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam merupakan negara kecil yang terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) yang beribukota Bandar Seri Begawan. Luas wilayahnya adalah 5.765 km² dengan kepadatan penduduk 67,3/km². Berdasarkan perkiraan tahun 2015, jumlah penduduknya adalah 415.717 jiwa.

Letak geografisnya adalah sebelah barat, timur, dan selatan adalah berbatasan dengan Malaysia. Sementara sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Brunei Darussalam dikenal sebagai negeri kaya raya di Asia Tenggara. Selengkapnya baca: Brunei Darussalam negara mungil di Asia Tenggara

7. Vietnam

Vietnam merupakan negara yang beribukota Hanoi dengan luas wilayahnya adalah 332.698 km². Jumlah penduduknya pada perkiraan tahun 2016 adalah 91.730.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 268/km². Letak geografisnya adalah sebelah timur dan selatan dengan Kamboja, sebelah barat dengan Laos dan Kamboja, dan sebelah utara dengan China. Selengkapnya baca: Vietnam negara selamat dari penjajahan Cina

8. Laos

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan perairan laut dengan ibukota Vientiane. Jumlah penduduknya pada perkiraan tahun 2014 adalah 6.803.699 jiwa dengan kepadatan penduduk 26,7/km² dan luas wilayahnya 236.800 km². Batas sebelah barat adalah dengan Myanmar, sebelah utara dengan RRC, sebelah timur dengan Vietnam, dan sebelah selatan dengan Kamboja. Selengkapnya baca: Laos negara hutan tropis di Asia Tenggara

9. Myanmar

Myanmar ialah negara yang beribukota Naypydaw dengan luas wilayahnya 676.578 km². Jumlah penduduknya pada perkiraan tahun 2015 adalah 53.897.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 76/km². Batas sebelah baratnya adalah dengan Bangladesh, utara dengan RRC, timur dengan Laos, dan selatan dengan Teluk Benggala. Selengkapnya baca: Myanmar negara Tanah Emas di Asia Tenggara

10. Kamboja

Negara Kamboja beribukota Pnom Penh dengan luas wilayah sebesar 181.035 km². Jumlah penduduknya pada perkiraan tahun 2014 adalah 15.458.332 jiwa dengan kepadatan penduduk 81,8/km². Kamboja berbatasan dengan Laos di sebelah utara, Vietnam di sebelah Timur dan Selatan, dan Thailand di sebelah barat. Selengkapnya baca: Kamboja negara pejuang di Asia Tenggara

Itulah hal-hal yang dapat dibahas seputar peta Asean sebagai peta Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. Terdapat sejarah yang berkelanjutan mengenai diciptakannya peta tersebut. Pada akhirnya dibuatlah Peta resmi setelah terbentuknya organisasi ini yang diprakarsai oleh beberapa negara di Asia Tenggara.

Peta Asean terdiri dari peta-peta negara yang memiliki karakteristik geografis tersendiri. Terdapat luas wilayah, jumlah penduduk, dan kepadatan penduduk yang berbeda satu sama lain di setiap negara. Karakteristik pada tiap-tiap peta negara menjadikan peta lebih komplit dan lebih akurat dalam membuktikan geografis negara-negara di Asia Tenggara.

Apa nama negara yang terletak paling utara di Asean?

Negara yang terletak paling utara di Asean yaitu:
1. Myanmar: 10° LU – 29˚ LU dan 92˚ BT – 101˚ BT
Kemudian semakin ke selatan urutannya sebagai berikut:
2. Laos : 14˚ LU – 22˚ LU dan 100˚ BT – 107˚ BT
3. Thailand : 5˚ LU – 21˚LU dan 97˚ BT – 106˚ BT
4. Vietnam : 8˚ LU – 23˚ LU dan 102˚ BT – 109˚ BT
5. Filipina : 5˚ LU – 21˚ LU dan 117˚ BT – 126˚ BT
6. Kamboja : 10˚ LU – 14˚ LU dan 102˚ BT – 108˚ BT
7. Malaysia :1˚ LU – 7˚ LU dan 100˚ BT – 119° BT
8. Brunei Darussalam : 4˚ LU – 5˚ LU dan 114˚ BT – 115,5˚ BT
9. Singapura : 1˚15′ LU – 1˚26′ LU dan 103˚ BT -104˚ BT
10. Indonesia : 6˚ LU – 11˚ LS dan 95˚ BT -. 141˚ BT

Apa batas wilayah Asean berdasarkan letak geografisnya?

Sebelah utara: Dataran China
Sebelah selatan: Samudra Hindia dan Timor Leste
Sebelah timur: Samudra Pasifik dan Papua Nugini
Sebelah Barat: Samudra Pasifik dan India

Bagaimana letak geografis negara Asean?

Secara geografis, letak ASEAN dikelilingi dua samudra, yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Luas laut wilayahnya mencapai tiga kali lipat dari luas daratannya. Selain itu, wilayahnya juga diapit oleh dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia.

Apa iklim Negara ASEAN?

Letak astronomis yang mirip pada sebagian besar negara Asean menyebabkan persamaan iklim, Tetapi ada dua negara yang sebagian wilayahnya beriklim subtropis. Negara di Asia Tenggara yang memiliki dua iklim yaitu tropis dan subtropis adalah Vietnam dan Myanmar. Penyebabnya, kawasan bagian utara kedua negara tersebut berdekatan dengan wilayah subtropis. Myanmar terletak di 28 derajat lintang utara. Sedangkan Vietnam ada di 23 derajat lintang utara.

Apa saja Sumber Daya Alam (SDA) ASEAN?

Negara-negara ASEAN memiliki berbagai sumber daya alam sebagai berikut:
1. Indonesia: minyak bumi, batu bara, timah, emas, perak
2. Malaysia: bijih timah, bauksit, bijih besi, minyak bumi
3. Filipina: tembaga, nikel, emas, timber, seng, kobalt
4. Thailand: timah, mangan Brunei Darussalam: minyak bumi dan gas alam 5. Vietnam: batu bara, besi, timah, emas, antimony, krom, fosfat Laos: timah, briket batu bara, besi, tembaga, emas, gbis, belerang
6. Myanmar: timbal, seng, perak, timah, minyak bumi, amngan, tungsten, emas, batu mulia, batu giok
7. Kamboja: bijih besi, batu bara, tembaga, fosfat, emas

Bagaimana kondisi geografis negara ASEAN?

Luas wilayah Asia Tenggara adalah sekira 2.257.000 km². Letak geografis negara-negara yang tergabung dalam ASEAN adalah di sebelah tenggara Benua Asia. Apabila diperhatikan dalam peta dunia, Asia Tenggara sendiri berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia. Sementara dari sisi lautan, posisi Asia Tenggara berada di tengah-tengah antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jika dilihat posisi astronomisnya, Asia Tenggara ada pada 29,1° LU – 11° LS dan 92° BT – 141° BT. Karena itu kawasan ini dilewati oleh garis katulistiwa atau equator dan garis balik utara. Semua negara yang dilewati oleh garis katulistiwa pasti beriklim tropis, sehingga menjadi kawasan yang banyak memiliki hutan tropis serta alam yang indah dengan aneka ragam flora serta fauna.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Zanjabil Town House Rancaekek di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia