Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Pertimbangan Sebelum Memelihara Anjing di Dalam Rumah!

Hobi

Pertimbangan Sebelum Memelihara Anjing di Dalam Rumah!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 30 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan. Terlebih lagi menurut beberapa penelitian memiliki peliharaan di rumah akan mengurangi stres. Biasanya beberapa orang yang tinggal sendirian akan memelihara anjing sebagai teman tinggal di rumah.

Namun, terkadang banyak orang tidak memperhatikan apakah rumahnya cocok untuk ditinggali hewan peliharaan. Bisa jadi saat memiliki hewan peliharaan justru rumah menjadi berantakkan karena sempit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memelihara anjing di dalam rumah.

Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Tidur Sembarangan Di Rumah

Memelihara Anjing di Dalam Rumah

Menentukan Batas Ruang

memelihara anjing di dalam rumah
(Shutterstock)

Jika ingin memelihara anjing di rumah yang tak terlalu besar, anjing bisa dilatih untuk tidak melewati beberapa ruang. Hal itu supaya ruangan tetap rapi dan tidak sesak.

Misalnya, anjing hanya boleh berada di ruang tamu dan ruang tv. Jangan biarkan anjing masuk kamar tidur karena akan terasa penuh. Selain itu hal ini memudahkan kita untuk merapikan ruangan, karena tahu dimana saja tempat-tempat yang tak dijamah oleh anjing.

Menyesuaikan anjing dengan ukuran rumah

Rumah-rumah di berbagai negara biasanya luasnya memiliki rasio dengan ukuran anjing. Hal tersebut supaya antara hewan dan pemilik memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.

Berdasarkan ukuran beberapa anjing, anjing kecil bisa dipelihara di rumah yang minimalis, sedangkan ukuran anjing sedang hingga besar cocok untuk rumah yang besar.

Tempat Tidur Untuk Anjing

Anjing peliharaan sebaiknya tidur di tempat yang nyaman dan hangat. Berilah ia ruang tidur di dalam rumah lalu biarkan keluar saat esok harinya. Tentukan spot khusus untuk anjing tiudr sehingga ia tidak perlu berkeliaran di rumah untuk mencari spot tidur.

Tegas dalam Memberikan Makanan

anjing peliharaan
(Shutterstock)

Biasakan untuk memberikan jam kepada anjing pukul berapa saja ia akan makan. Jangan biasakan memberikan makan sembarangan di rumah, karena anjing justru akan mengacak-acak rumah.

Lalu sebaiknya beri makan anjing saat di luar rumah. Pastikan selalu bahwa anjing hanya memakan makanannya di luar rumah supaya makanan tidak berceceran di dalam rumah.

Keluarkan Anjing Setiap Pagi

anjing peliharaan
(Shutterstock)

Anjing tidak bisa terus-terusan berada di dalam rumah. Anjing sama seperti manusia, mereka membutuhkan gerak. Karena itu biarkan anjing periharaan Anda berkeliaran di pagi hari.

Apabila takut anjing merusak barang-barang di dalam rumah, sebaiknya ajak anjing berjalan-jalan keliling kompleks karena hal itu membuat anjing jadi tidak merasa stres.

Terkadang anjing menjadi galak lantaran stres terus-terusan berada di alam rumah. Apabila anjing jarak bergerak, membuat karakternya tidak tersalurkan. Berjalan-berjalan di luar dengan pemilik juga membuat anjing lebih patuh terhadap pemilik dan mengurangi kenakalan di dalam rumah.

Membersihkan Ruangan

Tiap seminggu atau dua minggu sekali bersihkan ruangan yang dilalui anjing supaya kuman-kuman dari tubuh anjing tidak menetap di area tertentu dan menghilang bau yang ditimbulkan akibat dari anjing.

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memelihara anjing di dalam rumah. Jangan asal adobsi aja ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel