Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Pertimbangan Penting Saat Mengonsep Desain Rumah

Pertimbangan Penting Saat Mengonsep Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membuat desain rumah memang harus sesuai dengan selera si pemilik. Membuat desain dengan bantuan konsultan tidaklah murah. Tentu ada tambahan biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menggunakan jasa arsitek dalam membangun rumah Anda. sebenarnya, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, Anda dapat membuat sendiri desain rumah Anda. Membuatnya tidak terlalu susah. Anda hanya perlu menuangkan ide-ide tentang bagaimana rumah yang Anda inginkan dan letak-letak ruangan dalam rancangan rumah Anda.

konsep desain rumah

Jika Anda kesulitan, Anda dapat mencari inspirasi dengan mencarinya melalui internet. Tentu akan nada banyak sekali contoh-contoh desain dan denah rumah yang mungkin salah satunya cocok dengan yang Anda inginkan. Membuat desain dan denah rumah memang perlu banyak pertimbangan. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam membuat denah rumah sendiri.

  1. Siapkan peralatan untuk menmbuat denah rumah seperti kertas, pensil, penghapus, computer, serta desain arsitektur rumah Anda.
  2. Tentukan berapa ruang yang Anda butuhkan, jangan lupa sesuaikan dengan luas tanah agar ruangan yang ada tidak terlalu kecil dan sempit. Juka luas tanah Anda kurang, Anda dapat mengatasinya dengan membuat rumah tingkat agar semua ruangan yang Anda inginkan terealisasi.
  3. Tentukan hubungan konsep antar ruang agar tidak terkesan terpisah. Tempatkan ruangan sesuai fungsinya. Misalnya, ruang tamu di bagian terdepan rumah, sementara ruang keluarga berada dekat dengan dapur dan ruang tidur. Selain itu, ruangan-ruangan lain perlu diatur agar menjadi lebih nyaman untuk semua anggota keluarga.
  4. Pastikan semua ruangan mendapatkan cahaya dan udara yang cukup. Meskipun hal yang sepele, dengan adanya cahaya dan udara yang cukup akan membuat rumah menjadi lebih sehat dan hemat energi.
  5. Sesuaikan ruangan dengan kepercayaan Anda. jika Anda seorang muslim, bangun rumah yang mendukung adanya mushola yang menghadap kiblat. Jika Anda seorang Chinese maka konsultasikanlah posisi rumah Anda dengan ahli fengsui.
  6. Atur dinding rumah Anda sesuai dengan konsep dan tampilan rumah. Anda dapat menyesuaikan siku, struktur kolam, dan pondasi rumah.
  7. Sesuaikan denah dengan luas lantai. Jika rumah Anda sudah cukup luas, cukup buat dengan satu lantai saja. Namun jika dirasa kurang, Anda dapat membuat dua lantai agar semua ruangan impian Anda dapat terwujud.

Jika Anda ingin lebih berkreasi dalam membuat denah ruangan dalam rumah, Anda dapat berkreasi sendiri menurut keinginan ANda. namun jangan sampai melewatkan poin-poin penting di atas. Membuat denah adalah langkah awal sebelum pembangunan dimulai. Agar tidak terjadi kesalahan, teliti lah dalam membuat desain rumah. Jangan abaikan aspek-aspek penting karena Anda hanya focus pada desain dan kreasi sendiri.

Desain yang Anda buat tidak harus modern. Karena tidak masalah jika Anda menerapkan konsep minimalis saja. Jika Anda mampu memberikan aksen-aksen berestetika tinggi, rumah minimalis pun akan menjadi terlihat mewah dan modern.

Baca Juga :

Tags :

Bagikan Artikel