Pertanian Modern: 8 Alat Modern Untuk Pengembangan Pertanian Pins

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 8 Alat Pertanian Modern Untuk Pengembangan Pertanian Kamu

8 Alat Pertanian Modern Untuk Pengembangan Pertanian Kamu

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 6 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Alat pertanian modern adalah solusi untuk meningkatkan hasil pertanian. Alat alat pertanian ini bisa mempercepat proses penanaman bibit dan juga menghemat waktu. Produk yang Pins tanam pun juga bisa berbuah dengan optimal.

Alat pertanian modern menggunakan mesin sebagai penggerak. Maka dari itu, kecepatannya pun bisa optimal. Dibandingkan alat-alat manual dan tradisional atau bahkan hewan selaku tenaga alami, alat modern cenderung lebih mahal.

Namun, produk pertanian yang dihasilkan akan sebanding dengan harganya. Nah, jangan bingung, berikut rekomendasi alat pertanian modern dan fungsinya untuk Pins.

Alat Pertanian Modern: Alat Pengolah Lahan

Rotavator

harga alat pertanian modern
(Pixabay)

Sebelum menanam kecambah, Pins memang harus mempersiapkan tanah sebagai media tanam. Proses ini dapat diselesaikan oleh rotavator yang berfungsi membalik tanah dari atas ke bawah dengan cara yang teratur.

Rotavator berguna untuk mengangkat tanah bagian dalam yang lebih berkualitas. Jadi, Pins tak perlu capai mencangkul secara manual apabila memiliki mesin yang satu ini. Waktu dan tenaga pun tak akan terbuang.

Kultivator

alat pertanian tradisional
(Pixabay)

Kultivator merupakan alat yang digunakan untuk mengaduk tanah dan menghancurkan gumpalan-gumpalan besar tanah yang mengganggu proses cocok-tanam. Kultivator dapat bekerja tanpa merusak segala jenis tanaman, termasuk tanaman toga, yang sudah ditanam.

Hasil maksimal dari kultivator ini tak lain dipengaruhi oleh gigi-gigi yang mampu menancap ke tanah dan juga sumber tenaga penggerak seperti cakram, misalnya. Alat ini akan sangat mempercepat proses untuk meningkatkan kualitas tanah.

Bajak Singkal

alat alat pertanian
(Pixabay)

Menanam padi memang membutuhkan usaha lebih. Peralatan modern bajak singkal membantu Pins untuk membajak tanah. Ini dilakukan supaya tanah semakin gembur dan siap untuk ditanami padi dan benih-benih lain.

Ada dua pilihan bajak singkal. Yang satu adalah bajak singkal dua arah dan lainnya adalah satu arah. Hasil optimal dan lebih cepat diberikan oleh bajak singkal dua arah, tetapi tentu harganya lebih tinggi daripada bajak singkal satu arah.

Bajak Subsoil

mesin panen padi
(Pixabay)

Bajak subsoil merupakan jenis alat yang mampu memecahkan tanah. Kedalaman tanah yang dapat digapainya sampai dengan 36 inci. Cukup dalam, bukan?

Bajak subsoil jamak digunakan dalam pembuatan parit untuk tanaman tertentu yang membutuhkan irigasi. Contohnya seperti buah naga. Subsoil memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tetapi hasil dan kecepatannya sepadan.

Alat Penanam Modern

Garu Piring

alat pertanian modern
(Pixabay)

Garu piring adalah alat yang berguna untuk membersihkan rumput-rumput yang mengganggu di lahan penanaman. Garu piring dapat mencabuti rerumputan dalam waktu cepat dan hasilnya pun lebih rapi ketimbang dengan cara manual.

Mayoritas benih yang ditanam di lahan pertanian harus ditutup dengan tanah. Peralatan garu piring dapat membantu proses tersebut berjalan lebih cepat tanpa merusak benih yang sebelumnya sudah Pins tanam.

Mesin Penanam Padi

Para petani di Indonesia memang lihai menanam padi dengan cara manual. Namun, apabila mereka dibantu dengan alat tanam padi modern, tentu saja hasil yang didapatkan akan lebih baik dan tenaga yang dikeluarkan pun tidak akan terlalu besar.

Mesin penanam padi bisa melakukan tanam mundur banyak benih sekaligus. Benih pun tertanam rapi dengan jarak tanam yang teratur. Kedalamannya juga sesuai dengan ketentuannya.

Baca Juga: 22 Fakta Rumah Billgates yang Menakjubkan

Mesin Penanam Jagung

Layaknya mesin penanam padi, mesin penanam jagung juga dapat menanam varietas yang satu ini dalam waktu yang cepat. Mesin untuk menanam jagung bekerja dengan cara membawa semua benih sekaligus. Bagi yang mau membudidayakan jagung, inilah penolong Anda.

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering

Alat Pemanen Padi dan Gandum

Combine Harvester

alat pertanian
(Pixabay)

Segala kemudahan ada pada mesin combine harvester ini. Pasalnya, tidak hanya mengambil hasil panen, alat pertanian canggih yang satu ini juga dapat digunakan untuk menguliti padi dan membersihkannya.

Yang perlu Pins lakukan hanya menerima hasil jadi berupa bulir-bulir beras yang sudah siap untuk diolah lebih lanjut. Alat mesin ini meringkas tiga fungsi mesin (mesin panen padi, mesin pemotong padi, dan mesin perontok padi) menjadi satu.

Untuk bertani dalam skala kecil, seperti menanam sawi di pekarangan rumah menggunakan polybag, alat-alat modern memang tidak diperlukan. Namun, alat-alat ini sangat membantu Pins untuk bercocok tanam dalam skala besar.

Baca Juga: 15 Rumah Termewah di Dunia

Alat Pertanian Modern: Manfaat Alat


Sudah menjadi rahasia umum bahwa mesin pertanian modern sangat berat, membutuhkan penyimpanan dan perawatan khusus, serta mahal. Namun, manfaat yang akan Pins dapatkan melebihi modal yang sudah dikeluarkan. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Menghemat Waktu

Dengan mesin pertanian modern, Pins dapat menghemat waktu dan bisa mempercepat pengolahan hasil pertanian. Untuk pertanian skala besar, ini sangat bermanfaat dan bisa memberikan keuntungan yang bahkan berlipat ganda.

  • Membuat Hasil Lebih Baik

Karena mesin telah dibuat dengan riset dan kontrol kualitas ketat, produk pertanian yang dihasilkan akan konsisten dan lebih rapi. Contohnya seperti combine harvester yang mampu memanen dengan rapi dan mengupas dengan jeli.

  • Menghemat Tenaga

Menanam varietas tertentu, seperti padi misalnya, memang cenderung melelahkan. Itulah alasan mengapa banyak orang menyerah dengan proses ini. Nah, untuk Pins yang merasa butuh bantuan tenaga besar, mesin pertanian modern jadi solusinya.

Quote:

Mesin pertanian modern mampu mengerjakan pekerjaan satu orang bahkan lebih dalam waktu yang lebih cepat. Jadi, Pins hanya tinggal mengoperasikan mesin dan juga mengontrol hasil pertanian yang diberikan oleh mesin tersebut.

Itulah beberapa alat pertanian modern yang layak dimiliki untuk pertanian kelas menengah hingga skala besar. Kesemuanya mendukung pertanian organik yang menjadi dambaan para konsumen produk urban gardening.

Baca Juga: 9 Cara Memperbaiki Layar HP Berkedip

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel