Pinhome

Uncategorized

Persilangan Antara Burung Derkuku Dan Puter

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Persilangan antara burung derkuku dan puter memang sudah tidak asing lagi untuk kita. Banyak sekali persilangan yang fungsinya untuk memperoleh kualitas keturunan yang terbaik. Nah kali ini kita akan berbicara mengenai dekuku dan puter yang disilangkan. Perkawinan silang ini bertujuan untuk menghsailkan kualitas suara yang tentunya lebih bagus, kemudian merdu serta dengan variasi warna yang baru

Dari beberapa penelitian mengenai Persilangan antara burung derkuku dan puter yang ada memang menyarankan supaya lebih baik untuk menyilangkan yaitu antara puter pelung betina dan pejantan dari derkuku local. Dalam beberapa kali persilangan juga di harapkan bisa memperoleh kualitas anakan derkuku meiliki suara yang semakin lama semakin halus. Maka dari itu dalam hal ini Anda perlu yang namnanya kesabaran. Dan pastinya jika Anda sabar dalam melakukan persilangan tersebut maka akan mendapatkan harga jual yang cukup tinggi.

Dari hasil persilangan inilah yang bisanya orang memberikan sebutannya dengan Derkuku sinom. Yang diperoleh dari perkawinan silang yang ke 3 dan setrusnya. Sampai memang benar-benar memperoleh anakan yang memang sesuai dengan keinginan kiat dan juga kuat dar segi genetinya, sehingga sifat dari indukan tersebut bisa turun ke anakannya.

Nah untuk waktu yang dibutuhkan memang tidaklah cepat mungkin bisa jadi sampai 3-6 tahun untuk memperoleh suara dari derkuku yang halus dan bisa untuk di harapkan. Itulah sebab kenapa harga jual sinom tersebut bisa sampai jutaan rupiah.

Untuk Persilangan antara burung derkuku dan puter yang pertama akan menghasilkan anakan yang disebut dnegan cuhu. Untuk cuhu jantan dan betina selanjutnya di kawinkan dengan dekuku jantan local kembali. Dari situ Anda akan memperoleh keturunan F2 (sinom F2), lalu kemudian untuk derkuku sinom F2 betina di kawinkan tau di silangkan lagi dengan pejantan dari derkuku local sehingga ini akan menghasilan F3 sinom. Nah pada tahapan yang ini di harapkan Anda sudah memperoleh keturunan yang bagus, yaitu dengan memiliki kualitas suara yang halus.

Nah Anda bisa melihat gambar skema untuk Persilangan antara burung derkuku dan puter. Bisa Anda lihat sendiri untuk mendapatkan hasil yang ideal tersebut;

Sudah kita ketahui bersama bahwa untuk memperoleh hasil yangb bagus tersebut maka memerlukan untuk proses perkawinan silang balik. Dengan melalui proses tersebut, maka di harapkan bisa di wariskan dengan beberapa sifat genetic dari tetua kepada keturunannya. Baik itu yang bersifat kualitatif ataupun bersifat kuantitatif. Yang dimana untuk performa turunannya di harapkan supaya bisa melebihi rata-rata untuk performa tetuantya atau di harapkan adanya heterosis.

Yang di maksud dengan heterosis disini yaitu merupakan perbedaan rata-rata dari hasil keturunan atau dari persilangan dengan hasil rata-rata dari tetuanya. Nah lebih lanjut yang dikemukakan bahwa heterosis ini bisa terjadi dikarenakn ada 3 kemungkinan, diantaranya yaitu:

  1. Berkurangnya proporsi dari individu homosigot repesif terdapat pada populasi ternak hasild ari persilangan.
  2. Adanya over dominan yaitu dinamakan dengan genotype heterosigot yang lebih dominan dari tetua.
  3. Memiliki aapitas dari pasangan gen yang tidak sealel.

Nah sobat bisa kita lihat beberapa hal mengenai Persilangan antara burung derkuku dan puter yang pastinya ini akan menambah wawasan Anda dalam hal persilangan burung dekuku dan puter tersebut. Untuk proses yang dilakukan supaya memperoleh hasil yang bagus memang membutuhkan waktu yang panjang, maka dari itu untuk Anda yang melakukan persilangan dekuku tersebut haruslah sabar an juga tekun merawatnya dengan baik dari satu fase ke fase yang berikutnya.

Jika sobat berhasil untuk memperoleh anakan yang bagus dari persilangan tersebut maka pastinya akan sangat senang sekali. Kemudian juga bisa sobat ikutkan dalam perlombaan yang pastinya sobat akan sangat senang, apalagi kalau menang ketika burung tersebut sobat ikutkan dalam perlombaan.

Itulah sobat informasi yang dapat saya bagikan kepada Anda mengenai Persilangan antara burung derkuku dan puter. Semoga informasi yang saya berikan tersebut dapat memberikan manfaat untuk Anda serta memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sobat. Sekian dan terimakasih.

Tags :

Bagikan Artikel