BlogLifestyleEdukasi3 Tips Persiapan Sebelum Konsultasi Desain Rumah ke Arsitek
0
0

3 Tips Persiapan Sebelum Konsultasi Desain Rumah ke Arsitek

Dipublikasikan oleh Abdurrahman Marangga dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Persiapan sebelum konsultasi desain rumahtop-right-banner

Pinhome – Sebelum membangun rumah, tidak hanya dana yang harus Pins sediakan tetapi juga waktu untuk melakukan konsultasi desain rumah. Namun sebelum melakukan konsultasi desain rumah dengan seorang arsitek atau penyedia jasa bangun rumah, Pins sebaiknya melakukan beberapa persiapan sebelum konsultasi desain rumah.

Baca juga: Tips Memilih Arsitek Bangun Rumah

Libatkan Keluarga Dalam Persiapan Sebelum Konsultasi Desain Rumah

Persiapan sebelum konsultasi desain rumah
Source : Pixabay

Dalam hal merencanakan bangunan rumah, seringkali hanya Pins sendiri yang melakukan konsultasi desain rumah dengan sang arsitek tanpa melibatkan pasangan dan anak-anak untuk mengetahui pendapat mereka juga.

Setelah rumah selesai dibangun, para anggota keluarga komplain karena desain rumah baik interior atau eksterior tidak sesuai dengan keinginan merek. Baik furnitur yang akan ditempatkan tidak pas, pencahayaan yang diinginkan tidak sesuai sampai bentuk jendela yang tidak sesuai dengan yang diinginkan masing-masing anggota keluarga.

Ketika Pins akan membuat desain rumah dan memutuskan untuk menggunakan jasa seorang arsitek, terkadang sang arsitek pun meminta beberapa hal untuk dipenuhi dan dipersiapkan sebelum mendesain rumah.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Hal ini kelihatannya gampang, namun bisa menghambat proses desain. Oleh karena itu, Pins harus melibatkan anggota keluarga seperti istri dan anak-anak. Jika melibatkan istri dan anak-anak, sang arsitek pun merasa lebih leluasa dan puas karena hasil desain rumah yang dia kerjakan akan sesuai dengan kebutuhan semuanya.

Ya, bagaimanapun akan ada beberapa orang dengan karakter berbeda yang tinggal dalam satu rumah tersebut sehingga keinginan setiap anggota rumah tangga harus ditangkap oleh sang arsitek ketika konsultasi desain rumah. Misalnya, suami menginginkan ruang kerja yang sesuai dengan dirinya, istri lebih dominan di bagian dapur dan anak-anak menginginkan kamar tidur sesuai dengan impiannya.

Persiapan sebelum konsultasi desain rumah
Source : PIxabay

Membawa Gambar Sertifikat Tanah dari BPN

Sebelum melakukan konsultasi desain rumah, Pins pun harus menyiapkan gambar sertifikat tanah dari BPN agar sang penyedia jasa desain bisa melakukan pengecekan ulang terhadap lokasi. Hal ini akan memudahkan si arsitek mendesain rumah Pins, mulai dari mengamati lingkungan sekitarr, mengatur arah pencahayaan dan melihat karakter bangunan.

Utarakan Bentuk Rumah Impian

Persiapan sebelum konsultasi desain rumah
Source : Pixabay

Hal ini perlu diantisipasi agar bangunan rumah Pins tidak terlihat kontras dan tidak menimbulkan efek sosial yang tidak baik. Kemudian Pins bisa menentukan konsep arsitektur rumah yang akan dibangun apakah Pins ingin konsep rumah minimalis, etnik atau kontemporer.

Pins perlu mencamkan bahwa arsitek bukanlah paranormal yang bisa menebak keinginan Pins mengenai rumah idaman Pins. Oleh karena itu, Pins perlu mengungkapkan semua keinginan Pins agar sang arsitek bisa merancang dengan leluasa tanpa menerka-nerka.

Pins juga harus menyiapkan keinginan bentuk rumah yang sesungguhnya agar pekerjaan tidak hanya berkutat pada mengutak-atik denah rumah. Bagaimana bisa pekerjaan selesai jika Pins pun harus bingung bagaimana bentuk rumah yang Pins inginkan?

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

Nah, kalau Pins sudah menyiapkan semuanya, Pins pun bisa langsung mencari sang arsitek. Karena persiapan sebelum konsultasi desain rumah sudah dipenuhi. Kemungkinan besar rumah yang akan dibangun sesuai dengan semua keinginan anggota keluar, arsitek pun ikut merasa puas karena hasil karyanya disukai.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download