Pinhome

Tips Properti

Perpaduan Warna Biru untuk Cat Rumah

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 13 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Menurut psikologi, biru adalah warna yang melambangkan kepercayaan dan tanggung jawab. Biru juga memiliki simbol rasa aman dan kepercayaan diri. Tidak heran jika warna ini menjadi favorit banyak orang, terutama untuk diaplikasikan sebagai warna-warna pada rumah. Perpaduan warna biru juga dapat memberikan beragam kesan. Kira-kira warna apa saja yang pas dikombinasikan dengan warna biru?

Pinhome – Warna biru dipercaya sebagai warna peredam emosi. Sehingga, bila kamu menginginkan ketenangan jiwa dan raga, bisa memilih perpaduan warna biru untuk cat rumah pada ruang keluarga, ruang kerja, atau kamar tidur. Kekalutan dan kejenuhanmu bisa diserap oleh warna ini sehingga pikiran dapat lebih segar serta terhindar dari stres. Selain dapat langsung diaplikasikan pada tembok rumah dan ruangan, warna biru juga bisa dipadukan dengan warna-warna lain agar dapat tampil lebih indah. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Paduan Biru dengan Putih

(Shutterstock)

Perpaduan cat warna biru dengan putih umum dijumpai di berbagai rumah. Paduan warna biru dan putih merupakan kombinasi yang pas. Apalagi, jika kamu menginginkan kesan luas dan lega pada ruangan, kombinasi dua warna ini patut untuk diterapkan. Paduan warna biru dan putih akan menampilkan tema nautikal yang menenangkan. Elemen warna biru dapat disimbolkan sebagai birunya air laut dan langit, sedangkan warna putih merupakan awan-awan yang bergerak tenang.

Paduan Biru dengan Kuning

(Desain ID)

Untuk menampilkan kesan ceria, warna kuning bisa dipilih sebagai kombinasi dengan warna biru. Tidak harus diaplikasikan di tembok rumah, warna kuning bisa diperoleh dari perabot atau ornamen yang menjadi pelengkap ruangan. Warna biru terkadang juga diasosiasikan dengan kesedihan dan kekecewaan, oleh karena itu paduan dengan warna kuning akan membuatnya terkesan lebih ceria.

Paduan Biru dengan Merah

(Shutterstock)

Perpaduan warna biru dengan merah mungkin terdengar aneh karena keduanya sangat kontras. Namun, bila diaplikasikan dengan baik, kombinasi dua warna tersebut dapat memunculkan kesan yang cantik. Warna biru yang memiliki efek menenangkan dan warna merah yang memberikan semangat dapat membuat ruangan menjadi terkesan lebih hangat, sangat cocok bila digunakan sebagai warna pada ruang keluarga. Warna merah yang dipadukan bisa berasal dari warna sofa, meja, lemari, atau perabot lainnya.

Paduan Biru dengan Warna Netral

(Kompas)

Perpaduan warna biru dongker dengan warna-warna netral bisa diaplikasikan pula di berbagai ruangan favoritmu, Pins. Pemilihan warna netral ini merupakan salah satu cara teraman dalam mengkombinasikan warna biru. Paduan warna ini dapat membuat ruangan terasa lebih tenang dan kalem. Bila sebelumnya warna biru diaplikasikan pada tembok, kali ini dibalik. Gunakan warna biru dongker untuk salah satu dinding ruangan dan perabotan yang ada, lalu aplikasikan warna netral pada tembok-tembok ruangan. Dengan begitu, warna biru akan menjadi fokus utama di dalam ruangan.

Paduan Biru dengan Warna Merah Jambu

(Rumahpedia)

Warna merah jambu atau pink juga bisa dipilih sebagai kombinasi dengan warna biru. Perpaduan warna biru dongker dengan warna merah jambu ini bisa menjadi alternatif untuk warna pada ruangan yang dimaksudkan memiliki kesan yang menyenangkan. Tidak harus biru dongker, paduan warna biru lainnya dengan warna merah jambu akan tetap membuat ruangan terlihat apik dan istimewa.

Paduan Biru dengan Warna Jingga

(Qhomemart)

Penggunaan warna biru dan jingga atau oranye di dalam rumah patut dicoba pula. Warna jingga akan membuat suasana ruangan terlihat lebih cerah dan segar. Penggunaan furnitur dengan warna-warna jingga akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Kombinasi warna ini dapat digunakan untuk warna kamar tidur anak, ruang keluarga, atau ruang tamu.

Paduan Biru dengan Warna Hijau

(Asianpaints)

Beberapa orang di Indonesia, masih banyak yang keliru menyebut warna biru dengan warna hijau, begitu sebaliknya. Hal ini tidak mengherankan, karena biru dan hijau merupakan warna yang berdekatan di dalam diagram warna. Perpaduan warna biru dengan hijau untuk rumah akan sangat cocok dan selaras. Gradasi antara dua warna tersebut bisa membikin ruangan tidak menjemukan, tidak juga membuat ruangan tampak lebih ramai. Dengan kata lain, sangat pas.

Paduan Biru Toska dan Warna Lain

(Spacestock)

Warna toska atau turquoise adalah warna biru kehijauan yang banyak disukai. Warna ini biasa juga disebut dengan warna biru pirus dan menyimbolkan warna lautan atau samudera. Biru toska bisa dikombinasikan dengan warna netral lain, seperti putih. Paduan tersebut dimaksudkan agar ruangan nantinya tidak terlalu sepi. Warna-warna putih bisa dipilih untuk furnitur atau ornamen pelengkap ruangan, sementara warna biru pirus diaplikasikan ke tembok ruangan.

Gradasi Warna Biru

(Desain Bangunan)

Selain bermain perpaduan warna biru dengan warna lain, kamu juga dapat mengecat rumah atau ruangan di dalamnya dengan warna biru berdasarkan gradasi warnanya. Warna-warna biru ternyata dapat dikombinasikan secara cantik sehingga menampilkan ruangan dengan kesan elegan. Ruangan juga tidak menjemukkan atau membosankan, tetapi lebih terlihat menyejukkan.

Bagaimana, Pins? Apakah sudah menentukan perpaduan warna biru yang tepat untuk hunianmu nanti? Pilih warna-warna yang sesuai ya agar rumahmu kelak dapat menjadi tempat tinggal yang menyenangkan.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel