Pinhome

Masuknya Islam ke Nusantara Melalui Seni

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 18 February 2022 ∙ 3 menit membaca

Mungkin, Pins suka bertanya-tanya bagaimana awal mula Islam masuk ke Nusantara? Pasalnya, ada banyak hal yang menjembatani penyebaran agama Islam ke Nusantara. Mulai dari khotbah, mulut ke mulut, hingga seni. Siapa sangka jika seni budaya juga memegang peranan penting dalam masuknya Islam ke Nusantara?

Seni berasal dari bahasa melayu yang artinya kehalusan, kelembutan, keindahan dan keberlanjutan alirannya seperti air. Seni adalah sesuatu yang indah, sesuatu karya manusia yang mengandung keindahan adalah seni. Sedangkan budaya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya akal budi dan kekuatan. Budaya lebih dekat dengan pemikiran akal sehat yang berpihak dengan nilai-nilai spiritual religius.

Msuknya Islam ke Nusantara

Msuknya Islam ke Nusantara
(Islam21c)

Sebelum Islam datang ke wilayah Indonesia (nusantara), bumi pertiwi ini telah berkembang kebudayaan Hindu dan budha. Hal tersebut telah berjalan cukup lama, sehingga telah mendarah daging pada masyarakatnya.

Dominasi seni budaya Hindu-Budha tersebut ditandai dengan adanya pendirian monumen-monumen seremonial yang biasanya terbentuk dalam susunan batu bertulis, candi, stupa dan sebagainya yang merupakan bukti material majunya seni budaya lokal.

Seni memegang peran penting dalam masuknya Islam ke Nusantara. Karena faktanya, Seni budaya merupakan salah satu media yang menjembatani masuknya Islam ke Nusantara. Sehingga Islam mudah diterima bagi masyarakat. Misalnya melalui media wayang kulit, gamelan, tembang dan seni ukir yang telah digandrungi oleh masyarakat pada zaman itu.

Masuknya Islam memberikan toleransi seni budaya yang telah ada, terutama di luar aqidah dan ibadah. Para seniman nusantara mengemas seni yang bernafaskan Islam menjadi seni Islam Nusantara, yang pada akhirnya seni budaya Islam tersebut berbasis nasional.

Ajaran-ajaran Islam yang mudah diterima oleh masyarakat akhirnya membudaya di Nusantara, seperti konsep ummah yang egaliter, yaitu menyamakan harkat dan martabat manusia di hadapan Tuhannya, yang membedakan hanyalah ketaqwaannya. Islam juga menerima bahasa Melayu sebagai bahasa keseharian (lingua franca) dalam penggunaan penyebaran agama Islam di Nusantara.

Arsitektur tempat-tempat peribadatan juga mengadaptasi rancangan bangunan lokal, seni kaligrafi, gaya hidup bersih, adaptasi kalender Hijriyah dan lain sebagainya. Hal tersebut maju dan berkembang secara alamiah yang dipelopori oleh da’i.

Baca juga: Hubungan seni budaya lokal dan tradisi Islam

Tradisi Islam di Nusantara

masuknya islam ke nusantara
(Suara.com)

Tradisi adalah adat kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum agama Islam masuk ke Indonesia, masyarakat sudah mengenal berbagai kepercayaan yang berasal dari ajaran Hindu-Budha.

Hal itu yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat yang sudah berlaku, karena masyarakat sudah percaya bahkan sudah mendarah daging sehingga tidak mungkin untuk dihilangkan secara langsung.

Tradisi Islam merupakan metode yang dilakukan dengan jalan para ulama saat itu tidak menghapus total adat dan kepercayaan yang sudah berlangsung. Para ulama memasukkan ajaran-ajaran Islam ke dalam adat dan kepercayaan mereka. Dengan harapan masyarakat tidak kehilangan adat dan kepercayaan mereka dan ajaran agama Islam dapat diterima.

Tradisi dan kebudayaan tersebut terus mengalami proses perpaduan dengan kebudayaan Islam yang datang, sehingga kebudayaan Islam mendominasi kebudayaan lokal menjadi semakin kuat dan kebudayaan Nusantara yang bercorak Islam. Dengan demikian tradisi Islam bukan merupakan ajaran yang harus dilakukan, tetapi hanya sebagai metode dakwah agama Islam.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia