Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Permainan Anak-Anak Zaman Dulu yang Punya Nilai Tinggi

Lifestyle

Permainan Anak-Anak Zaman Dulu yang Punya Nilai Tinggi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 10 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pernahkah Pins mengajak si kecil bermain permainan anak-anak zaman dulu? Bermain merupakan salah satu aktivitas yang disukai anak-anak, Pins. Mendampingi si kecil bermain juga bisa menjadi momen bonding antara orang tua dengan si anak.

Pinhome – Saat ini permainan anak semakin berkembang dan banyak pilihannya, mulai dari permainan berbasis teknologi di gawai, permainan yang mengasah motorik si kecil, dan berbagai permainan lainnya. Selain itu, kita juga bisa mengenalkan anak pada permainan anak zaman dulu yang tak kalah seru.

Baca Juga: List Film Anak-Anak Yang Kaya Akan Makna

Manfaat Aktivitas Bermain bagi Anak

(Kabar Gemas)

Aktivitas bermain adalah salah satu hal yang penting untuk mendukung perkembangan anak. Saat bermain, anak bisa mengeksplorasi dan menggunakan kreativitasnya, serta belajar berbagai hal baru, Pins. Bermain juga bisa mengasah kemampuan anak dalam menghadapi masalah, hingga menambah kepercayaan dirinya. Berikut ini beberapa manfaat aktivitas bermain bagi anak yang Pinhome rangkum dari berbagai sumber:

Manfaat Kognitif

Manfaat permainan anak-anak yang pertama adalah mengasah kemampuan berimajinasi dan berpikir kritis anak. Bermain juga mendukung perkembangan anak yang sehat. Anak-anak bisa belajar memahami bagaimana hal di sekitarnya bekerja melalui permainan. Ia akan memanfaatkan indra, keberanian mengeksplor sekitar, dan keingintahuannya. Hal ini mendukung proses kognitif bagi anak.

Baca Juga: Awas, Kondisi Rumah Bikin Prestasi Anak Menurun!

Manfaat Fisik

Anak-anak banyak bergerak saat bermain, seperti berlari, melompat, memanjat, dan yang lainnya. Permainan yang melibatkan fisiknya akan mendukung anak-anak perkembangan motorik halus dan motorik kasar bagi anak.

Manfaat Sosial

Permainan anak-anak yang dilakukan bersama-sama juga membantu anak belajar berinteraksi dengan orang lain. Buah hati Pins bisa belajar memahami orang di sekitarnya, memahami peraturan yang berlaku, memberikan ide, mendengarkan orang lain, dan berkompromi dengan teman bermainnya.

Baca Juga: Lagu Anak Anak Indonesia Yang Mengedukasi

Manfaat Emosional

Manfaat lain yang didapatkan anak saat bermain adalah memahami dan memproses emosinya. Misalnya, anak bisa memproses emosi yang berbeda-beda ketika mengalami kekalahan dalam sebuah permainan. Selain itu, anak manfaat emosi lain dari bermain adalah bisa mendukung rasa percaya diri dan penghargaan dirinya.

Permainan Anak-Anak Zaman Dulu

Anak-anak masa kini perlu mengenal teknologi untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Karenanya, banyak orang tua mengenalkan permainan modern bagi anak. Namun, orang tua juga bisa mengimbanginya dengan mengenalkan anak pada permainan zaman dulu, Pins.

Semasa Pins kecil, mungkin Pins juga pernah memainkan berbagai permainan anak tradisional. Apa saja permainan anak zaman dulu yang sering Pins mainkan? Permainan anak zaman dulu juga memiliki nilai dan kelebihan tersendiri, lho, Pins.

ABC 5 Dasar

(Wikipedia)

Permainan ABC 5 Dasar merupakan salah satu permainan yang populer dimainkan anak-anak zaman dulu. Permainan ini mudah dimainkan dan tidak membutuhkan peralatan khusus ataupun area tertentu. Untuk memainkannya, Pins bisa mengajak anak menentukan kategori apa yang akan ditebak, seperti nama hewan, nama kota, nama buah, dan lain sebagainya. 

Melalui permainan ABC 5 Dasar, si kecil bisa mempelajari banyak hal mulai dari membantu mengenal kategori benda, memperkaya pengetahuan kosakata, hingga mengasah konsentrasinya.

Congklak

(NU Online)

Congklak termasuk salah satu warisan budaya takbenda Indonesia, Pins. Di berbagai daerah, congklak juga memiliki sebutan lain seperti dakon, congkak, dan mokaotan. Anak-anak bisa mempelajari kejujuran melalui permainan ini, Pins. Biji congklak harus diambil dan dimasukan kembali ke lubang sesuai jumlahnya. Kemudian, anak-anak juga bisa mengasah kemampuan mengatur strategi untuk bisa memenangkan permainan.

Gobak Sodor

(Okezone)

Permainan gobak sodor dikenal di daerah-daerah di Jawa Tengah. Permainan ini terinspirasi dari pelatihan prajurit Keraton yang biasanya dilakukan di alun-alun. Dalam permainan ini, pemain dibagi dalam dua kelompok yang saling mempertahankan wilayah masing-masing. Gobak sodor memiliki beberapa aturan tertentu, sehingga anak-anak bisa mengenali aturan dalam permainan. Gobak sodor juga bisa menjadi sarana bergerak aktif, melatih tanggung jawab anak terhadap kelompok dan dirinya, serta melatih interaksi dan kerja sama dengan orang lain.

Layangan

(Orami)

Layangan atau layang-layang bukan hanya dimainkan di Indonesia, namun anak-anak berbagai penjuru dunia. Permainan ini dikenal oleh masyarakat China sejak tahun 2500 SM, kemudian layangan dikenal di Eropa dan wilayah dunia lainnya, termasuk Indonesia. Saat bermain layang-layang, anak bisa belajar melatih kesabaran saat berusaha menerbangkan layangannya. Selain itu, Pins bisa mengajak anak membuat layang-layang dan mengasah kreativitasnya.

Petak Umpet

(Hipwee)

Petak umpet juga merupakan permainan yang dikenal di berbagai negara. Petak umpet sendiri diperkirakan sudah dimainkan sejak zaman dahulu, yakni awal abad ke-2. Dalam permainan petak umpet, ada pemain yang berjaga dan ada yang bersembunyi. Permainan petak umpet melatih anak agar semakin kreatif, bersikap jujur, teliti, sportif, serta peka dan waspada terhadap hal di sekitarnya. Permainan yang dilakukan banyak orang ini juga melatih anak bersosialisasi.

Lompat Tali

(Medium)

Lompat tali terlihat sebagai sebuah permainan sederhana, ya, Pins? Meski begitu, permainan lompat tali memiliki manfaat untuk anak-anak, lo. Salah satunya, permainan lompat tali menjadi sarana olahraga bagi anak, terutama melatih kekuatan otot dan koordinasi tubuh. Lompat tali dilakukan dengan beberapa orang, sehingga anak berlatih bersosialisasi.

Nah, itulah berbagai manfaat bermain bagi anak serta beberapa permainan anak-anak zaman dulu yang memiliki nilai ataupun kelebihan masing-masing. Selamat menemani anak bermain dengan senang, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel