Apa itu Perkembangan Society 1.0 sampai Society 5.0?

Dipublikasikan oleh Hanif Pram ∙ 14 April 2022 ∙ 3 menit membaca

Perkembangan society yang semakin pesat, memperjelas perbedaan kehidupan masyarakat zaman dulu dan masa kini. Saat ini, perkembangan society dibagi menjadi 5 peradaban, yaitu society 1.0, society 2.0, society 3.0, society, 4.0, dan society 5.0.

Perkembangan  Society yang terjadi di Dunia

Ternyata terdapat 5 generasi perkembangan peradaban yang manusia lalui, berikut ulasan singkatnya:

1. Society 1.0 (Hunting dan Gathering)

Dalam perkembangan society 1.0, homo sapiens atau bisa disebut dengan manusia modern mengalami perubahan pola pikir. Perubahan ini membuat mereka bisa mendirikan sebuah peradaban. 

Homo Sapiens sendiri adalah manusia purba yang dinilai paling serupa dengan manusia modern. Diasumsikan homo sapiens hidup sekitar 70.000 – 1000 tahun yang lalu.

Pada masa society 1.0, manusia mulai mengerti kerja sama dengan cara membentuk kelompok dan menjadikannya masyarakat. Mereka berkumpul membentuk kawanan untuk bertahan hidup. 

Manusia pada masa ini cenderung menghabiskan waktu dengan berburu mencari makan dan mengembara (nomaden) dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pada masa ini juga, manusia sudah mampu untuk membuat peralatan sederhana dan memanfaatkan alam. Contohnya membuat api yang kemudian digunakan untuk memasak hingga mempertahankan diri mereka dari ancaman makhluk buas.

2. Society 2.0 (Agricultural)

Perkembangan society 2.0 ini disebut juga sebagai Agricultural revolution. Pada masa ini, manusia tidak lagi melakukan perburuan untuk mencari makanan dan berpindah tempat. Manusia mulai bercocok tanam demi memenuhi kebutuhannya. Selain itu, manusia juga mulai menetap di satu tempat dan membuat koloni yang lebih besar.

Manusia pada masa society 2.0 membangun peradaban dan masyarakat yang lebih kompleks dan fokus meningkatkan segala ilmu pengetahuan. Perkembangan tersebut yang akhirnya menciptakan kerajaan-kerajaan dan mengenalkan sistem tulis-menulis.

3. Society 3.0 (Industrial)

Pada masa ini, populasi manusia mencapai angka yang cukup tinggi. Hal ini membuat kebutuhan sandang, bahan pangan, dan papan kian meningkat. Di sisi lain, kemampuan manusia di dalam perkembangan society 2.0 masih terbatas dalam memproduksi barang atau makanan.

Memasuki society 3.0, manusia menciptakan terobosan baru dengan membangun pabrik untuk memproduksi sesuatu yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia.

Masyarakat yang tadinya fokus bertani dan berternak hewan sekarang bisa bekerja di pabrik-pabrik dengan sistem upah. Di sini kapitalisme menjadi faktor dalam perkembangan society 3.0. Tetapi kemajuan tersebut memunculkan masalah seperti kesenjangan di antara masyarakat dan kerusakan lingkungan.

4. Society 4.0 (Information)

Di masa ini, manusia berada pada masa dimana informasi bisa dengan mudah didapatkan dan komunikasi antar manusia semakin hebat. Kehidupan  manusia seperti tidak mempunyai batas ruang dan waktu karena data yang mengalir sangat cepat.

Society 4.0 memperlebar ekonomi menuju ekonomi digital yang memungkinkan kegiatan dilakukan menggunakan internet dan komputer. Pelaku industri pada masa ini berkompetisi untuk memodernisasi sistem produksi, distribusi, ataupun pelayanan  informasi dengan teknologi.

5. Society 5.0 (Praktical and Automation)

Dilansir dari Sampoerna University, Society 5.0 adalah pengembangan untuk menangani cepatnya perkembangan teknologi yang ada pada society 4.0. Bisa dikatakan society 5.0 menitik beratkan pada kehidupan cepat, dan terintegrasi dengan teknologi serta membuat kehidupan manusia menjadi efektif dan efisien.

Segala hal akan menjadi mudah dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), seperti robot yang mengambil alih suatu pekerjaan. Perkembangan society di masa ini diperkirakan akan memberikan efek positif terhadap masalah-masalah sosial.

Sudah Tahukan Bagaimana Perkembangan Society?

Itulah perkembangan society yang terus berubah seiring pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan. Setiap perkembangan yang terjadi dalam kehidupan sosial pasti punya dampak positif dan negatifnya. Tentu kita berharap society selanjutnya semakin lebih baik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia