Apa itu Perkembangan Society 1.0 sampai Society 5.0?

Diperbarui oleh Hanif Pram ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Perkembangan society yang semakin pesat, memperjelas perbedaan kehidupan masyarakat zaman dulu dan masa kini. Saat ini, perkembangan society dibagi menjadi 5 peradaban, yaitu society 1.0, society 2.0, society 3.0, society, 4.0, dan society 5.0.

Perkembangan  Society yang terjadi di Dunia

Ternyata terdapat 5 generasi perkembangan peradaban yang manusia lalui, berikut ulasan singkatnya:

1. Society 1.0 (Hunting dan Gathering)

Dalam perkembangan society 1.0, homo sapiens atau bisa disebut dengan manusia modern mengalami perubahan pola pikir. Perubahan ini membuat mereka bisa mendirikan sebuah peradaban. 

Homo Sapiens sendiri adalah manusia purba yang dinilai paling serupa dengan manusia modern. Diasumsikan homo sapiens hidup sekitar 70.000 – 1000 tahun yang lalu.

Pada masa society 1.0, manusia mulai mengerti kerja sama dengan cara membentuk kelompok dan menjadikannya masyarakat. Mereka berkumpul membentuk kawanan untuk bertahan hidup. 

Manusia pada masa ini cenderung menghabiskan waktu dengan berburu mencari makan dan mengembara (nomaden) dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pada masa ini juga, manusia sudah mampu untuk membuat peralatan sederhana dan memanfaatkan alam. Contohnya membuat api yang kemudian digunakan untuk memasak hingga mempertahankan diri mereka dari ancaman makhluk buas.

2. Society 2.0 (Agricultural)

Perkembangan society 2.0 ini disebut juga sebagai Agricultural revolution. Pada masa ini, manusia tidak lagi melakukan perburuan untuk mencari makanan dan berpindah tempat. Manusia mulai bercocok tanam demi memenuhi kebutuhannya. Selain itu, manusia juga mulai menetap di satu tempat dan membuat koloni yang lebih besar.

Manusia pada masa society 2.0 membangun peradaban dan masyarakat yang lebih kompleks dan fokus meningkatkan segala ilmu pengetahuan. Perkembangan tersebut yang akhirnya menciptakan kerajaan-kerajaan dan mengenalkan sistem tulis-menulis.

3. Society 3.0 (Industrial)

Pada masa ini, populasi manusia mencapai angka yang cukup tinggi. Hal ini membuat kebutuhan sandang, bahan pangan, dan papan kian meningkat. Di sisi lain, kemampuan manusia di dalam perkembangan society 2.0 masih terbatas dalam memproduksi barang atau makanan.

Memasuki society 3.0, manusia menciptakan terobosan baru dengan membangun pabrik untuk memproduksi sesuatu yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia.

Masyarakat yang tadinya fokus bertani dan berternak hewan sekarang bisa bekerja di pabrik-pabrik dengan sistem upah. Di sini kapitalisme menjadi faktor dalam perkembangan society 3.0. Tetapi kemajuan tersebut memunculkan masalah seperti kesenjangan di antara masyarakat dan kerusakan lingkungan.

4. Society 4.0 (Information)

Di masa ini, manusia berada pada masa dimana informasi bisa dengan mudah didapatkan dan komunikasi antar manusia semakin hebat. Kehidupan  manusia seperti tidak mempunyai batas ruang dan waktu karena data yang mengalir sangat cepat.

Society 4.0 memperlebar ekonomi menuju ekonomi digital yang memungkinkan kegiatan dilakukan menggunakan internet dan komputer. Pelaku industri pada masa ini berkompetisi untuk memodernisasi sistem produksi, distribusi, ataupun pelayanan  informasi dengan teknologi.

5. Society 5.0 (Praktical and Automation)

Dilansir dari Sampoerna University, Society 5.0 adalah pengembangan untuk menangani cepatnya perkembangan teknologi yang ada pada society 4.0. Bisa dikatakan society 5.0 menitik beratkan pada kehidupan cepat, dan terintegrasi dengan teknologi serta membuat kehidupan manusia menjadi efektif dan efisien.

Segala hal akan menjadi mudah dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), seperti robot yang mengambil alih suatu pekerjaan. Perkembangan society di masa ini diperkirakan akan memberikan efek positif terhadap masalah-masalah sosial.

Sudah Tahukan Bagaimana Perkembangan Society?

Itulah perkembangan society yang terus berubah seiring pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan. Setiap perkembangan yang terjadi dalam kehidupan sosial pasti punya dampak positif dan negatifnya. Tentu kita berharap society selanjutnya semakin lebih baik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Finansial
Finansial Wajib Tahu! Ini Cara Memulai Investasi di Usia Muda

#WaktunyaBeliRumah - Mengelola keuangan dengan benar penting untuk dilakukan sejak dini. Banyak ora

Finansial
Finansial Apa itu Kawaii Island NFT dan Cara Bermainnya

Kawaii Island NFT merupakan permainan dengan konsep simulasi dan basis play to earn. Para pemain da

Finansial
Finansial Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu m

Finansial
Finansial Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Sekarang ini, trading telah menjadi suatu bentuk kegiatan yang populer untuk bisa memperoleh pemasu

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia