4 Peribahasa Tentang Monyet Populer

Pinhome

Peribahasa Tentang Monyet

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 28 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Peribahasa Tentang Monyet – Monyet merupakan kera yang bulunya memiliki warna keabu-abuan, sedangkan untuk mukanya tidak berbulu. Terdapat beberapa peribahasa tentang monyet dalam kehidupan, tentunya yang cukup familiar ya.

Hewan ini sangat mudah kita jumpai, hampir disetiap gunung ada hewan ini lho. Bagi kamu yang terbiasa mendaki gunung, tentu sudah tidak aneh ya menemukan hewan satu ini dalam perjalanan.

Nah, untuk menambah wawasan mengenai peribahasa, berikut telah kami rangkum beberapa peribahasa dan pepatah yang menggunakan kata monyet.

Selain monyet, kamu juga bisa membaca peribahasa tentang harimau, burung, atau serigala, yakni hewan-hewan yang memiliki habitat hampir sama.

4 Pepatah & Peribahasa Tentang Monyet

monyet
Sumber: Trip Advisor

#1. Seperti kera dan monyet

Arti dari ini ialah setali tiga uang, jadi sama saja. Kera dan monyet adalah hewan yang hampir sama, bisa dibilang masih satu keluarga. Peribahasa ini digunakan untuk mengungkapkan sesuatu hal yang sama.

Misal seseoarang yang melakukan keburukan di tempat A, lalu berhenti. Namun beberapa saat kemudian melakukan hal yang sama akan tetapi di tempat yang berbeda. Jadi pada intinya ya sama saja, tidaklah ada perbedaan sama sekali.

Nah, tentu saja jangan melakukan hal-hal yang buruk ya, kalau mengerjakan kebaikan tidak apa, meskipun itu sama.

#2. Kera Belanda menjadi monyet

Peribahasa satu ini juga tidaklah jauh berbeda dengan peribahasa sebelumnya, menunjukan sesuatu hal yang sama. Sesuatu yang sama itu lebih dari dua dan memiliki ciri yang sama, atau bisa dikatakan mirip.

Kera Belanda di sini juga mungkin hanya istilah penggambaran saja, menurut saya sendiri tidak memiliki arti yang sesungguhnya.

Sebab yang namanya kera dimana saja sama, ya seperti itu. kera Belanda dan kera Indonesia tidak akan mungkin berbeda, kecuali hanya sedikit saja.

#3. Monyet yang mendapat bunga, apakah tahu faedahnya?

Makna dari peribahasa ini ialah tidak tahu menghargai suatu barang yang bagus. Artinya tidak bisa membedakan atau tidak bisa menghargai pemberian.

Berbicara tentang urusan menghargai, sebagai manusia kita harus saling menghargai satu sama lain, bukan hanya urusan pemberian saja, akan tetapi lebih dari itu, termasuk pilihan dan kepercayaan.

Sebab dengan saling menghargai sudah bisa dipastikan di sana akan baik-baik saja. karena pada hakikatnya setiap orang membutuhkan penghargaan.

Meskipun tidak jarang orang yang berkata tidak membutuhkannya, padahal di hati yang paling dalam mereka pasti menginginkan penghargaan itu.

#4. Kera menjadi monyet

Kera menjadi monyet memiliki makna seperti peribahasa-peribahasa sebelumnya. Artinya adalah sesuatu hal yang sama, yaitu identik, mirip dan tidak ada perbedaan.

Dalam urusan kejelekan jangan sampai kita sama, artinya jangan mengerjakan sebuah keburukan.


Baca juga:


Penutup

Demikian peribahasa tentang monyet, semoga menjadi pepatah dan nasehat untuk kehidupan yang lebih baik.

Selain alat musik tradisional dan seni lainnya, peribahasa ini juga merupakan warisan budaya yang harus kita jaga bersama lho Pins, jangan sampai hilang begitu saja.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Edior: Daisy

Tags :

Bagikan Artikel