Pinhome

5 Peribahasa Tentang Burung yang Paling Populer

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 11 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Burung merupakan salah satu binatang yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hewan kecil ini pun dikenal dengan keindahan dan kicaunya yang merdu. Melihatnya terbang di alam bebas pun mampu memberikan ketenangan tersendiri dalam batin.

Nggak heran jika banyak orang yang hobi memelihara burung dengan berbagai macam jenisnya. Dari burung sendiri, kita sebagai manusia bisa mengambil pelajaran hidup. Mereka yang kemana-mana selalu hidup dalam berkelompok, menyadarkan kita bahwa sejatinya manusia juga perlu menjaga jiwa sosialnya dan saling membantu satu sama lain.

Nah, di artikel ini, kami punya 5 peribahasa tentang burung yang paling populer, yang tentunya bisa kita jadikan sebagai pelajaran.

Kumpulan Peribahasa Tentang Burung paling Populer

Sumber: nature.org

1. Burung terbang dipipis lada

Bagi sebagian orang peribahasa tentang burung satu ini cukup tidak umum, artinya kurang dikenal oleh masyarakat secara luas.

‘Burung terbang di pipis lada’ merupakan peribahasa yang mengartikan jika segala sesuatu di hidup ini belum tentu bisa diperoleh sesuai dengan yang diinginkan. Tidak semua hal yang kita inginkan kelak bisa kita miliki walaupun semuanya sudah kita rencanakan sedemikian rupa.

Selain itu, tak semua orang ketika memiliki keinginan, mereka mau berusaha untuk mewujudkannya. Maka itu, peribahasa tentang burung ini sebaiknya kita jadikan pengingat untuk terus semangat dalam menggapai cita-cita atau keinginan dalam hidup.

Peribahasa Lain:
> Peribahasa tentang ayam
> peribahasa tentang harimau

2. Bagaikan burung di dalam sangkar

Peribahasa kedua kali ini sudah cukup familiar di masyarakat. Dimana memiliki arti tentang seseorang yang sedang dalam situasi terkekang atau tidak bebas dalam menjalani hidup mereka.

Kondisi seperti ini biasanya akan berkaitan dengan hubungan seseorang dengan orang lain. Seperti yang kita tahu, pengekangan dapat membuat seseorang semakin sulit untuk tumbuh dan berkembang, bahkan membuat mereka jadi melakukan sesuatu hal yang buruk.

Baca juga: 29+ Kata Kata Tentang Perjalanan Hidup

3. Kuat burung karena sayap

Peribahasa berikutnya adalah ‘kuat burung karena sayap’. Ini mengartikan jika setiap orang memiliki kekuatan serta kemampuannya masing-masing.

Ibarat sebuah burung yang jika mereka tidak memiliki sayap, mereka akan sulit untuk terbang kemanapun mereka mau. Begitu pula manusia, masing-masingnya telah diberi keunggulan berbeda sehingga ini bisa menjadi bekal untuk bisa meningkatkan kualitas diri serta mensyukuri apa yang ada dalam hidup.

4. Seperti burung gagak pulang ke benua

Peribahasa tentang burung ini menggambarkan sifat dan keadaan seorang yang masih sama, meskipun ia telah merantau jauh dan lama. Hal ini bisa menjadi pertanda baik atau mungkin sebaliknya, tergantung keadaan orang itu sendiri.

Akan menjadi baik apabila saat berangkat dalam keadaan baik, entah itu sifat dan keadaanya. Namun, tak menutup kemungkinan membuat sesoerang itu berada dalam keadaan yang tak baik ketika pergi.

Dari peribahasa ini, kita dapat belajar tentang arti sebuah perubahan. Alangkah baiknya sebagai manusia, kita terus tumbuh dan berkembang, sehingga pada akhirnya dapat menebar kebaikan untuk khalayak.

5. Satu sangkar dua burung

Terakhir adalah peribahasa ‘satu sangkar dua burung’, dimana mengartikan tentang dua orang perempuan yang memperebutkan satu orang laki-laki.


Nah, bagaimana menurut kalian mengenai kumpulan peribahasa tentang burung di atas? Semoga mendatangkan manfaat dan kebaikan untuk kita semua, ya!

Jangan lewatkan juga peribahasa populer lain, salah satunya peribahasa tentang buaya yang menarik dan kaya pembelajaran. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia