Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Perencanaan Keuangan Keluarga: Hal-Hal Ini Wajib diperhatikan!

Finansial

Perencanaan Keuangan Keluarga: Hal-Hal Ini Wajib diperhatikan!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mengelola keuangan keluarga bukan perkara mudah, mengingat kebutuhan keluarga cukup beragam dan penuh dengan hal tak terduga. Mulai dari biaya perawatan rumah, biaya listrik, hingga biaya kebutuhan sehari-hari, semuanya perlu direncanakan dan dipenuhi dengan bijaksana. Melalui kelas hasil kolaborasi uClass by Umma dan Property Academy by Pinhome, Shinta Yanirma, ahli keuangan dari Pinhome membagikan tips perencanaan keuangan keluarga. Yuk simak tips, trik, serta ilmu yang dibagikan oleh Shinta!

Pada tanggal 16 Desember 2020, uClass by Umma dan Property Academy by Pinhome, bekerja sama untuk melaksanakan webinar bertajuk “Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Keluarga”. Pertama-tama, Shinta menjelaskan jika setiap keluarga perlu terlebih dahulu mengetahui posisi keuangan keluarga terdahulu. Hal ini penting sebagai determinan utama bagi tindakan budgeting yang dapat dilakukan. Upaya untuk mengetahui posisi keuangan dapat dilihat melalui menghitung aset yaitu dengan mengurangi total aset yaitu semua harta kekayaan dikurangi dengan kewajiban seperti cicilan, kartu kredit, dan lain-lain. Berikutnya, setelah keluarga mengetahui posisi keuangan, hal penting yang bisa dilakukan berikutnya adalah menyusun prioritas keuangan berdasarkan urgensinya. Prioritas pertama ada pada alokasi uang untuk perlindungan, yaitu untuk asuransi dan pembayaran hutang. Prioritas kedua dan ketiga secara berturut-turut adalah tabungan dan uang untuk pertumbuhan. Tabungan diperlukan untuk mengantisipasi situasi tidak terduga, bentuk tabungan bisa berupa dana darurat atau tabungan lainnya yang bersifat likuid, di sisi lain uang untuk pertumbuhan mengacu pada penyisihan uang untuk aset yang mengalami pertambahan nilai baik secara modal maupun arus kas. Terakhir, prioritas yang paling terakhir adalah penyisihan uang untuk aset dengan risiko tinggi seperti saham.

Berikutnya, setelah prioritas keuangan sudah tersusun dengan rapi, pekerjaan berikutnya adalah untuk menentukan tujuan finansial yang berupaya dicapai. Dalam menetapkan tujuan keuangan, diperlukan detail jelas yang meliputi 5W + 1H atau what, where, when who, why, serta how. Setiap elemen dari kerangka pikir ini krusial dalam menentukan perencanaan dan pengeluaran keluarga. What penting untuk menentukan apa tujuan yang ingin dicapai (misal dana pendidikan anak), where misalnya penting untuk menentukan posisi sekolah anak sehingga dana yang disiapkan cukup, when penting untuk menentukan tujuan mana yang harus dicapai terlebih dahulu, who penting untuk menspesifikasi untuk siapa tujuan keuangan ini dirancang dan siapa yang bertanggung jawab terhadapnya, why penting untuk mengetahui urgensi dibalik tujuan yang ada, dan how penting untuk mengetahui bagaimana tujuan ini dapat dicapai.

Wah banyak banget tips menarik ya? Temukan kelas-kelas Property Academy by Pinhome lainnya disini

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Bagikan Artikel