Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal dan Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Hobi

Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal dan Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 8 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Olahraga bermain sepak bola memang banyak digemari oleh kaum adam. Selain dapat menjaga stamina tubuh agar tetap prima, bermain sepak bola pun menyenangkan karena melibatkan banyak orang. Hal dasar dari perbedaan kedua lapangan bola ini adalah tempat bermainnya. Untuk lapangan sepak bola biasanya dimainkan di lapangan terbuka dengan rumput dan untuk lapangan futsal dimainkan di dalam ruangan.

Bila Pins merupakan salah satu dari beberapa orang beruntung yang mempunyai lahan cukup luas di rumah untuk dijadikan lapangan bola, Pins perlu memperhatikan perbedaannya terlebih dahulu nih. Selain dari tempatnya, ukuran lapangan futsal maupun bola itu berbeda. Mengenai ukuran lapangan futsal dan bola semua sudah ada sesuai standarisasinya. Yuk simak ulasannya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh 11 orang dengan waktu 2 x 45 menit. Olahraga satu ini terbilang menjanjikan, karena memerlukan stamina dan usaha extra untuk bermain dari satu sisi ke sisi lainnya yang terbilang cukup besar ukurannya. Untuk ukuran lapangan sepak bola sendiri terbagi atas dua jenis sesuai dengan pertandingan yang digelar. Standar nasional yang melibatkan negara sendiri dan standar internasional yang pertandingannya melibatkan negara lain.

Sepak Bola Nasional Indonesia contohnya, sudah memiliki ukurannya tersendiri. Ukuran tersebut sudah menjadi acuan dalam sebuah pertandingan yang melibatkan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) dan mengacu kepada FIFA. Berikut terlampir gambar beserta penjelasan ukuran dari masing-masing standarisasi.

Standar Nasional

(listrik.org/olahraganesia)

Lapangan bola standar Nasional memiliki panjang 90-120 m, lebar 45-90 m, lingkar tengah radius 9,15 m, kotak kiper 18,3 x 5,5 m dan kotak pinalti 40,3 x 16,5 m.

Standar Internasional

( listrik.org/olahraganesia)

Sedangkan untuk lapangan bola standar internasional adalah panjang 100-110 m, lebar 64-75 m, dengar lingkar tengah sama dengan nasional yaitu 9,15 m, kotak kiper 18,3 x 5,5 m dan kotak pinalti 40 x 16,5 m.

Ukuran Lapangan Futsal

Permainan futsal biasanya terdiri dari pemain yang berjumlah lebih sedikit dibandingkan sepak bola. Olahraga yang dimainkan dengan pemain 5 orang dengan waktu 2 x 20 menit ini mulai berkembang beberapa tahun terakhir. Dengan adanya hal tersebut, lapangan futsal komersil pun sudah banyak dibangun. Tidak terkecuali juga untuk beberapa masyarakat menengah ke atas yang membuat lapangan futsal pribadi di pekarangan rumah. Semua sebaiknya mengikuti ukuran lapangan futsal standar yang telah ditentukan. Ukuran lapangan futsal itu sendiri terbagi atas dua, yaitu standar nasional dan standar internasional.

(skor.id)

Gambar lapangan futsal beserta ukurannya diatas dapat Pins jadikan acuan dalam membuat suatu lapangan futsal. Perbedaan antara lapangan futsal internasional dan non internasional terletak pada panjang dan lebar lapangan futsal tersebut. Untuk lapangan futsal kelas pertandingan nasional atau domestik memiliki panjang yang bisa disesuaikan yaitu minimal 25 meter hingga 42 m dengan lebar lapangan adalah 16 – 25 m. Sedangkan kelas internasional panjang diperbolehkan antara 38 – 42 m dengan lebar tidak kurang dari 20 – 25 m.

Yang penting nih Pins, yang perlu diketahui titik penalti pada lapangan futsal memiliki dua titik di masing-masing zona. Titik penalti pertama berjarak 6 meter yang ditarik dari garis kedua tiang gawang dan titik penalti kedua berjarak 10 meter dari kedua tiang gawang. Penjelasan gambar lapangan futsal beserta ukurannya mengenai titik penalti, tersaji di bawah ini.

(skor.id)

Selain itu, untuk Pins yang ingin membuat lapangan futsal mini, Pins dapat mengacu ke ukuran standar domestik ya Pins. Ukuran lapangan futsal mini dapat disesuaikan dengan lahan yang Pins miliki. Ukuran lapangan futsal mini bisa dijadikan patokan untuk Pins yang sedang merencanakan membuat ruangan outdoor untuk lapangan futsal di rumah. Dengan ukuran panjang 25 dan lebar 16 m Pins sudah bisa bermain dengan teman-teman dan keluarga Pins di rumah lho!

Sekarang Pins sudah tahu bukan? Perbedaan dari masing-masing lapangan yang digunakan untuk bermain sepak bola? Ingat! Pembuatan lapangan sepak bola maupun futsal sebaiknya disesuaikan dengan ukuran standar yang telah dikeluarkan oleh FIFA, jadi Pins dapat berlatih dengan maksimal.

Ukuran lapangan futsal mini milik Pins pun dapat dijadikan sparing antar keluarga. Semakin banyak berlatih semakin baik. Siapa tau saja Pins bisa berkesempatan mewakili Indonesia untuk bertanding. Selalu semangat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti.

Koordinator: Ramanda Salsa
Editor: Achlisia Putri

Tags :

Bagikan Artikel