Pinhome

Uncategorized

Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat – Nama asli dari burung trucukan ini adalah merbah cercukcuk. Tapi pada sejumlah daerah pengicau yang memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm ini memiliki nama ataupun sebutan yang berbeda-beda. Di sunda mislanya, banyak orang yang menjulukinya dengan julukan jogjog. Sedangkan orang jawa, menjulukinya dengan istilah trucukan yang sampai saat ini telah menjadi sebutan yang umum dan sering digunakan di kalangan kicau mania seluruh tanah air.

Pycnonotus goiavier merupakan nama ilmiah dari burung trucukan. Burung pengicau yang berkerabat dengan kutilang tersebut, juga termasuk ke golongan burung cucak-cucakan misalnya saja cucak gunung, cucak kerinci, cucak rawa, dan sebagainya. Trucukan menyukai tempat-tempat terbuka, seperti halnya semak belukar, tepi jalan, kebun, dan juga hutan sekunder

Adakah Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat?

Sebelum membahas menegetahui Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat, maka akan lebih baik jika anda mengetahui ciri dan keunikan dari burung ini. Trucukan merupakan salah satu jenis burung yang cerdas. Bisa dikatakan semikian sebab unggas berjambul hitam ini ternyata sangat mudah jinak terhadap manusia, terutama dia lebih jinak terhadap pemiliknya yang terus memeliharanya. Burung pengicau yang memiliki suara khas ropel ini sangat gemar untuk berkelana di daerah ramai penduduk. Misalnya saja dipemukiman warga, pepohonan halaman rumah, perkebunan serta di taman-taman kota.

Mungkin hal itulah yang menyebabkan mereka mudah sekali  jinak dan juga luluh terhadap manusia. Sebab mereka sudah sangat terbiasa dengan kehadiran dari manusia. Disamping mudah jinak, pengicau ropel ini juga mempunyai kemampuan untuk menirukan suara dari burung jenis lain yang memiliki suara senada dengannya, misalnya kutilang, cendet, cucak ijo, dan sebagainya.

Perbedaan dari Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat tidak lah begitu nampak. Sebab jenis burung ini hampir semuanya sama. Yang membedakan hanya jenis kemalin dan ciri – cirinya. Burung ini sering hidup berkelompok, baik saat mencari makanan ataupun bertengger. Mereka berkelompok baik itu dengan jenisnya sendiri ataupun dengan jenis merbah lainnya, atau bahkan juga dengan jenis burung yang lain.

Mempelajari Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat

Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat tidaklah begitu mencolok. Seperti umumnya, makanandari  burung ini terutamanya adalah buah-buahan yang lunak. Burung ini sering melubangi buah pepaya dan juga pisang yang sudah masak. Disamping itu, dia juga memangsa berbagai jenis serangga, seperti ulat dan hewan kecil lainnya seperti halnya cacing.

Mempunyai burung trucukan kesayangan yang baik tentunya juga diawali tentang bagaimana kit  memperoleh bakalan dari trucukan yang baik  pula. Selanjutnya dari bakalan burung trucukan yang baik dapat  ditambah dengan berbagai perawatan yang baik  pula.

Anda dapat memilih trucukan jantan. Trucukan jantan memiliki ciri-ciri : Bagian dalam rongga mulut yang berwarna kuning, jika dilihat dari depan maka bentuk kepalanya datar atau ceper. Lingkaran disekitr mata berwarna hitam yang tegas, Bulu telinganya mengembang. Pilihlah yang memiliki postur tubuh, ekor, dan juga kaki yang panjangnya serasi. Janganlah pilih bakalan trucukan yang memiliki leher dan badan pendek. Pilihlah yang pangkal paruhnya besar, tebal serta panjang, paruh bagian bawah yang lurus dan letak lobang hidungnya dekat dengan mata.

Demikianlah Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat yang bisa disampaikan.

Tags :

Bagikan Artikel