Pinhome

Lifestyle

Perbedaan Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Siapa disini yang suka bercocok tanam? Kamu punya kebun di luar rumah? Atau memiliki tanaman hias di dalam rumah seperti di kamar tidur? Tanaman tidak hanya menjadi tanaman hias, tapi dapat memberi manfaat untuk hidup manusia, seperti menyediakan oksigen, mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas tanah. Apa saja perbedaan merawat tanaman indoor dan outdoor?

Ternyata terdapat perbedaan dalam merawat tanaman indoor dan outdoor. Karena pada dasarnya tanaman yang tumbuh di luar atau di alam terbuka memiliki daya jangkau hidup yang berbeda dengan tanaman hias indoor.  

Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan harus tahan terhadap kurangnya udara dan hawa yang sedikit pengap, tahan terhadap kurangnya cahaya alami dari matahari dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman, juga tahan terhadap media tanam yang hanya menampung sedikit asupan air.

Apa saja perbedaan dalam merawat tanaman indoor dan outdoor? Yuk mari kita simak artikel berikut ini!

Merawat Tanaman Indoor

1. Perhatikan Pencahayaan dalam Ruangan

Jika Pins meletakkan tanaman hias di dekat jendela, maka usahakan menaruhnya dengan jarak sekitar 25 cm dari sisi jendela. Bagian tanaman yang menghadap jendela akan mendapatkan sinar matahari, jadi agar semua sisinya dapat terkena cahaya matahari dengan adil maka sebaiknya tanaman tersebut diputar-putar sisinya bergantian menghadap jendela.

2. Perhatikan Cara Penyiramannya

Penanaman tanaman di dalam ruangan biasanya ditanam pada media tanam yang hanya sedikit menyerap air agar media tanam tidak becek dan basah. Agar tetap lembab, maka dibutuhkan media tanam yang berkarakter porous yang berisi cocopeat, sekam bakar, pakis yang dicacah serta ditambah dengan pupuk kandang dan humus yang telah diolah terlebih dahulu.Agar air yang disiram pada media tanam tidak tergenang, maka pastikan wadah atau pot yang digunakan untuk menanam tanaman hias memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya.

3. Perhatikan Hama Tanaman

Hama tanaman seperti jamur, ulat, virus atau binatang dan serangga penyebab penyakit seringkali menyerang dedaunan tanaman dan membuat tanaman cepat layu dan mati. Hindari hal seperti itu dengan membersihkan debu-debu yang melengket di sekitar permukaan atas dan bawah daun. Buat daunnya yang besar-besar terlihat sehat dan mengkilap dengan mengoleskan permukaan daunnya cairan susu menggunakan lap kering.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

Lalu bagaimana dengan merawat tanaman di luar ruangan atau outdoor?

Merawat Tanaman Outdoor

1. Jaga Suhu dan Kelembaban yang Tepat

Apapun jenis tanaman Pins, sayur, buah- buahan, bunga atau tanaman hias semuanya pasti membutuhkan suhu dan tingkat kelembaban yang pas. Sebagai rutinitas cara merawat tanaman yang baik, Pins harus rajin mencari tahu suhu dan kelembaban yang sesuai dengan jenis tanaman yang kamu miliki supaya tanaman tidak tumbuh pada cuaca yang salah apalagi jika diletakkan di luar ruangan. Memilih tanaman harus dimulai dari pemilihan jenis tanaman yang hanya sesuai dengan iklim dan kondisi tanah yang Pins miliki.

2. Jaga Kualitas Tanah

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman terserang hama dan penyakit adalah dengan menjaga kualitas tanah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan nutrisi organik, seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin. Juga jangan lupa lakukanlah penyiraman tanah secara rutin agar kualitas tanah tanaman di luar ruangan tetap terjaga dan tidak kering.

3. Memangkas Rumput Liar

Tanaman yang ditaruh secara outdoor atau di luar ruangan perlu dipastikan agar terbebas dari rumput liar. Untuk membuat tanaman Pins terhindar dari serangan hama dan penyakit, rajinlah membersihkan ilalang atau rumput liar yang tumbuh secara rutin.

Jadi itulah beberapa perbedaan dalam merawat tanaman baik tanaman indoor maupun outdoor. Semoga artikel ini dapat membantu Pins dalam merawat tanaman ya!

Bagi Pins yang juga sedang mencari rumah yang tepat, ayo kunjungi dan temukan rumah idaman pilihan terlengkap hanya di Daftar Properti & iklankan juga properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel