Perbedaan Menggunakan Zoom untuk Meeting dan Zoom untuk Webinar

Diperbarui oleh Livina Hermawan ∙ November 27, 2022 ∙ 6 menit membaca

Zoom untuk meeting dan Zoom untuk webinar bisa kamu gunakan untuk menghadirkan acara penting secara virtual. Namun, ada beberapa perbedaan di antasa keduanya yang perlu Pins ketahui.

Bila kamu menjadi host pada acara di Zoom, maka kamu perlu mengetahui perbedaan tersebut agar dapat menjalankan acara dengan lancar. Untuk itu, simak selengkapnya di bawah, ya!

Baca juga: Panduan Menggunakan Zoom Meetings untuk Pemula

Pengertian Zoom Meetings dan Webinars

Pengguna Zoom umummnya lebih familiar dengan Zoom Meetings dibandingkan Webinars. Hal ini karena jenis tersebut lebih sering digunakan pada saat rapat virtual. Namun, Pins akan menemukan tampilan Zoom Webinars ketika menghadiri acara virtual dengan jumlah audiens banyak.

Untuk itu, berikut kita akan membahas sekilas mengenai pengertian Zoom Meetings dan Webinars.

  • Meetings adalah menghubungkan sekelompok orang untuk diskusi dan kolaborasi dua arah. Zoom Meetings paling baik untuk kolaborasi grup, rapat tim, demo penjualan, pembelajaran dan pelatihan online.
    Fitur ini memungkinkan semua peserta berinteraksi dan berbagi satu sama lain dan dengan tuan rumah (host).
  • Webinars paling baik untuk ditampilkan kepada audiens dalam jumlah besar di mana penyelenggara ingin lebih mengontrol pengalaman audiens bergabung tanpa mengaktifkan audio atau video mereka. Fokus untuk webinar ada pada narasumber atau panelis.
    Penonton bergabung untuk mendengarkan dan belajar dan kemudian mengajukan pertanyaan di akhir acara. 
    Zoom untuk Webinar mendukung acara internal dan eksternal yang besar, seperti rapat perusahaan, rapat dewan kota, pengumuman produk, konferensi pelanggan, konser, dan bahkan kajian keagamaan.

Baca juga: Cara Mengganti Profil Zoom di Laptop dan HP Anda

Zoom untuk Meeting dan Zoom untuk Webinar

Zoom untuk Meeting dan Zoom untuk Webinar
blog.zoom.us

Setelah mengetahui pengertian dari masing masing jenis, saatnya kamu mengenal lebih dalam mengenai fitur Zoom Meetings dan Webinars. Tujuannya agar kamu dapat memaksimalkan fungsi fitur tersebut demi kelancaran acara.

Fitur Zoom Meetings

Meeting dirancang untuk kolaboratif, memungkinkan semua peserta berbagi konten dan mengaktifkan atau menonaktifkan video mereka, membuat anotasi, whiteboard, dan berkontribusi dalam meeting. Karena rapat sifatnya kolaboratif, paling baik acara harus dihadiri oleh seluruh peserta.

Berikut adalah fitur utama yang dapat kamu manfaatkan dalam Zoom Meetings:

  • Waiting Rooms – Selain membutuhkan password, penyelenggara dapat mengaktifkan Ruang Tunggu (Waiting Rooms) untuk menyaring peserta dan memastikan hanya mereka yang diundang acara yang dapat bergabung.
  • Registration Untuk pengguna Zoom Meetings berlisensi, kamu memiliki opsi untuk menjadwalkan pertemuan kamu dan memerlukan pendaftaran peserta. Sesuaikan halaman pendaftaran kamu untuk menangkap bidang yang kamu inginkan.
  • Screen sharing Host rapat dapat berbagi konten dan mengizinkan peserta untuk juga berbagi layar mereka. Saat berbagi layar, kamu juga dapat memutar musik dan video.
  • Whiteboarding Saat berbagi layar, kamu memiliki opsi untuk berbagi whiteboard. Layaknya papan tulis di ruang kelas, kamu dapat menggambar, mengetik, dan menempelkan stiker di atasnya. Host rapat dapat mengizinkan peserta untuk membuat anotasi bersama, artinya mereka juga dapat menggunakan konten yang dibagikan.
  • Breakout Rooms Fitur Breakout Rooms memungkinkan kamu membagi pertemuan menjadi 100 sesi terpisah, menciptakan ruang individu untuk kolaborasi erat dan diskusi kelompok kecil.
  • Reactions – Peserta rapat dapat bereaksi selama rapat dengan emoji untuk berkomunikasi tanpa mengganggu rapat. Emoji akan muncul di pojok video peserta.
  • Chat dalam rapat mendukung obrolan pribadi 1-ke-1 serta obrolan grup. Penyelenggara rapat dapat memilih dengan siapa peserta dapat mengobrol atau menonaktifkan obrolan sepenuhnya.
  • Polling  Untuk pengguna Zoom Meetings berlisensi, kamu dapat mengatur dan meluncurkan hingga 25 polling dalam satu pertemuan. Menampilkan jajak pendapat pilihan tunggal atau pilihan ganda agar peserta rapat dapat ikut terlibat.
  • Streaming – Pengguna Zoom Berlisensi memiliki kemampuan untuk melakukan streaming ke YouTube Live, Facebook Live, atau layanan streaming khusus untuk memperluas jangkauan audiens.
  • View management Host atau Co-Host dapat menyoroti hingga sembilan peserta video sebagai pembicara utama aktif, dan peserta hanya akan melihat pembicara ini. Fitur ini sering digunakan untuk menampilkan pembicara utama. Host atau Co-Host juga dapat mengatur ulang urutan tampilan galeri peserta.

Saat mengadakan rapat besar, penting bagi Host untuk memahami fitur yang dapat mereka akses dan cara mengaktifkan / menonaktifkannya.

Fitur Zoom Video Webinars

Zoom untuk Meeting dan Zoom untuk Webinar
(Software Advice)

Sebagai tambahan untuk lisensi Zoom berbayar kamu, Zoom Video Webinar menyediakan alat untuk menghubungkan dan melibatkan pemirsa di seluruh dunia.

Menggunakan Zoom untuk webinar memberikan kualitas dan keandalan video yang sama hebatnya dan memastikan semua orang mendapatkan pengalaman yang baik.

Berikut adalah fitur utama yang akan membuat acara webinar kamu menarik dan berdampak saat menggunakan Zoom Video Webinars:

  • Registration Saat menjadwalkan webinar, kamu dapat meminta pendaftaran. Seperti rapat, kamu dapat menyesuaikan halaman pendaftaran kamu untuk menangkap bidang yang kamu inginkan.
  • Branding – Sesuaikan halaman pendaftaran webinar kamu dengan skema warna, judul, spanduk, logo, dan informasi pembicara.
  • Source tracking URLs – Dalam produk webinar Zoom, kamu dapat membuat link tautan unik yang memungkinkan kamu melihat dari mana pendaftar kamu berasal jika kamu membagikan halaman pendaftaran webinar di beberapa lokasi. Misalnya, kamu dapat membagikan satu tautan pelacakan sumber di Facebook dan lainnya di Twitter untuk melihat mana yang berkinerja terbaik.
  • Q&A – Fitur Q&A memungkinkan peserta untuk mengirimkan pertanyaan selama webinar. Host, Co-Host, dan panelis dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Selain itu, jika Host mengaktifkannya, peserta dapat menjawab dan mendukung pertanyaan peserta lain. Setelah webinar, kamu dapat mendownload laporan Q&A dan meninjau pertanyaan yang telah dikirimkan. Misalnya, untuk memberikan pengalaman tindak lanjut pasca-webinar, kamu dapat meninjau pertanyaan dan topik yang ditanyakan peserta.
  • PayPal and EventBrite integrations – Integrasi PayPal memungkinkan kamu untuk membebankan biaya pendaftaran untuk webinar kamu, dan integrasi Eventbrite memungkinkan kamu untuk menjual tiket dan mengelola pendaftaran webinar kamu dan informasi peserta secara otomatis tersinkronisasi. Lihat Zoom App Marketplace untuk melihat integrasi Zoom untuk webinar.
  • Post-webinar survey – Saat menjadwalkan webinar, kamu dapat menyiapkan survei yang akan muncul setelah acara. Kamu bisa membuat survei sendiri atau peserta dialihkan ke survei pihak ketiga. Fitur ini bagus untuk mendapatkan feedback tentang bagaimana manfaat acara, apakah konten sudah sesuai, dan sebagainya.
  • Attendee view management – Dengan webinar, kamu memiliki dukungan tiga layar untuk menampilkan panelis, pembicara aktif, dan presentasi secara bersamaan. Terlebih lagi, host dapat menyoroti video beberapa pengguna, memungkinkan peserta di desktop untuk melihat ini. Host webinar dan panelis juga dapat mengatur ulang urutan Tampilan Galeri (Gallery View).
  • Streaming – Dengan Zoom untuk webinar, kamu juga memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan streaming ke YouTube Live, Facebook Live, atau ke platform streaming lainnya.

Nah, itu dia beberapa perbedaan pengertian dan fitur dari Zoom Webinars dan Zoom Meeting. Kamu bisa menyesuaikan tipe Zoom yang digunakan sesuai kebutuhan. Semoga artikel berikut bermanfaat, ya!

Editor: Daisy

Feature image source: Helixstorm


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi rumah murah di Jakarta Selatan dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia