Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Diperbarui oleh M. Agung Septyanto ∙ November 29, 2022 ∙ 5 menit membaca

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook Air dan MacBook Pro. Jadi jika kamu ingin membeli laptop ringan dengan fitur canggih, maka MacBook adalah pilihan terbaik kamu. Namun apa sih perbedaan MacBook Pro dan Air?

Kedua variasi tersebut merupakan produk Apple yang menarik bagi banyak konsumen dan pelanggan. Walaupun sama-sama MacBook, tetapi ada beberapa perbedaan yang kurang jarang diketahui. 

Sebelum membeli, sebaiknya ketahui dulu perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air. Hal ini lantaran kinerja, spesifikasi, dan pekerjaan setiap orang pasti akan berbeda. Sehingga hal ini sangat berpengaruh pada kualitas laptop Pins baik sedang bermain game, bekerja atau melakukan hal lainnya. Sehingga sebelum memutuskan untuk memilih, kamu terlebih dahulu harus mengetahui beberapa perbedaannya berikut ini!

Baca juga: 6 Cara Screenshot Di Macbook Mudah Dan Gampang

Perbedaan MacBook Pro dan Air Pada Desain

(idntimes.com)

Perbedaan antara MacBook Pro dan Air yang pertama terlihat pada bobotnya. MacBook Air lebih ringan daripada MacBook Pro. Ketika MacBook Air dirilis pada tahun 2008, itu merupakan jajaran laptop paling ringan yang tersedia. Meskipun begitu, versi MacBook pro juga merilis bobot yang semakin menurun, sehingga perbedaannya tidak terlalu terlihat.

Sebelumnya, MacBook Air memiliki layar yang lebih kecil. Namun kini MacBook Air 2022 keluar dengan layar yang lebih besar daripada MacBook Pro 13 inci. Yang paling signifikan adalah fakta bahwa MacBook Air 2022 memiliki layar 13,6 inci yang lebih besar dengan bezel yang lebih tipis, sedangkan MacBook Pro 13 inci hanya memiliki layar 13,3 inci.

Perbedaan desain lainnya, MacBook Air 2022 hadir dalam beberapa warna baru: Midnight (biru tua), Starlight (emas), Space Grey, dan Silver. Sedangkan MacBook Pro hanya menawarkan opsi perak dan abu-abu ruang.

Terakhir, semua model juga memiliki sensor Touch ID dan trackpad Force Touch, tetapi hanya 13 -inch MacBook Pro dilengkapi Touch Bar. Apple secara khusus menghapus strip multi-sentuh dari model MacBook Pro kelas atas pada tahun 2021.

Perbedaan MacBook Pro dan Air Pada Tampilan

(idntimes.com)

Perbedaan antara MacBook Pro dan Air selanjutnya ada di bagian tampilannya. MacBook Air 2022 memiliki layar baru yang lebih besar dan lebih terang daripada MacBook Pro M2.

MacBook Air baru menawarkan layar Liquid Retina 13,6 inci, bukan layar Retina biasa. Ini pada dasarnya berarti layar yang lebih baru memiliki rasio kontras yang lebih baik dan dapat mendukung lebih banyak warna (satu miliar versus jutaan).

Namun, keduanya tidak sebagus tampilan Liquid Retina XDR yang ditemukan pada model MacBook Pro 14-inci dan 16-inci. Opsi MacBook Pro yang lebih mahal ini juga menawarkan kecerahan hingga 1.000 nits, warna hitam yang lebih pekat dan warna yang lebih hidup, serta ProMotion.

Perbedaan MacBook Pro dan Air Pada Spesifikasi Yang Digunakan

(jalantikus.com)

Spesifikasi juga menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui perbedaan antara MacBook Pro dan Air. Apple sekarang memperbarui semua laptop Mac dengan chip pada sistemnya. MacBook M1 dirilis pada November 2020, diikuti M1 Pro dan M1 Max pada Oktober 2021, dan kini M2 digunakan di MacBook Air 2022 dan MacBook Pro 13 Inch.

M2 merupakan chip yang lebih baru dari M1 Pro dan M1 Max dan lebih baik dari seri M1 pro dan M1 Max. Tentunya dengan teknologi ini, ada kecanggihan sistem yang lebih kuat dari sebelumnya. 

Perbedaan spesifikasi lainnya terdapat pada RAM yang terdapat pada dua seri Mac ini. Secara umum, semua MacBook M1 baik Pro maupun Air hadir dengan RAM 8GB dalam konfigurasi dasarnya. Chip M2 menawarkan opsi untuk meningkatkan ke RAM 24GB, sedangkan M1 terbatas hanya pada RAM 16GB.

Jika Pins membutuhkan RAM yang melebihi dari 24GB, kamu harus menggunakan MacBook M1 Pro yang mana bisa upgrade RAM dari 16GB menjadi 32 GB. Atau Macbook M1 Max yang bisa diupgrade dari RAM 16GB menjadi 64GB. 

Akan tetapi untuk model Air terbaru membawa kapasitas RAM sebesar 16 GB dengan penyimpanan SSD dari 256 GB hingga 2TB. Sedangkan untuk model Pro membawa kapasitas RAM sebesar 32 GB dan penyimpanan SSD sampai 4TB dan 8TB.

Perbedaan MacBook Pro dan Air Pada Daya Tahan Baterai

(makemac.grid.id)

Perbedaan antara MacBook Pro dan Air bisa dilihat dari daya tahan baterainya. Menurut Apple, model MacBook Air M1 dan M2 menawarkan masa pakai baterai 18 jam, sedangkan untuk MacBook pro 13 inch menawarkan masa pakai baterai hingga 20 Jam. 

Pada Pengujian model Macbook M1, MacBook Pro lebih bertahan sedikit lebih lama daripada Air, tetapi keduanya cukup efisien. Peningkatan yang menyentuh angka 40% dibandingkan model Intel sebelumnya. 

Namun, ada alasan mengapa Pins mungkin tidak ingin memilih MacBook Pro 14 inch atau 16 inch yaitu model ini memiliki takik. Takik merupakan fitur iPhone yang terkenal dimana takik menyembunyikan ID wajah dan komponen kamera. 

Perbedaan MacBook Pro dan Air Pada Port dan Ekspansi

(okezone.com)

Perbedaan antara MacBook Pro dan Air terakhir ada pada port dan ekspansi. Selama bertahun-tahun, Apple telah menurunkan berat ukuran dengan menghapus port dari Mac-nya. Namun, sisi negatif dari hal tersebut menyebabkan apabila Pins membutuhkan lebih banyak port yang berbeda maka harus mencolokkan adaptor atau dok. 

Model MacBook M1 dari MacBook Air hanya menawarkan dua port USB/Thunderbolt, salah satunya juga digunakan untuk mengisi daya.

Jika Pins membutuhkan lebih banyak port, MacBook Pro 14 inch dan MacBook Pro 16 inch adalah opsi yang tepat, karena memiliki sejumlah port yang tersedia termasuk tiga port Thunderbolt 4 (USB C), port HDMI, dan slot kartu SDXC. 

Itulah perbedaan antara MacBook Pro dan Air yang perlu kamu ketahui. Untuk harga tentu bagi MacBook Pro harganya mulai dari 17 jutaan hingga 30 jutaan. Sedangkan MacBook Air harganya mulai dari 12.5 jutaan. Harga yang diberikan tentu saja sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh Apple. Tertarik untuk membeli varian MacBook Pins?

Featured image: jalantikus.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Samesta Green Nongsa City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia