BlogPemilik PropertiFinansialPahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Agar Tau Prioritas!
0
0

Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Agar Tau Prioritas!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kebutuhan dan keinginan memang kerap kali sulit untuk dibedakan. Bahkan terdapat juga beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai keduanya. Itulah kenapa kita kerap kali mengalami masalah dalam perencanaan keuangan, karena kita juga belum sepenuhnya memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Contohnya, karena belum memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, kita sering kali melakukan pengeluaran yang sebenarnya tidak harus dilakukan saat itu juga. Kita merasa suatu barang dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari, bukan berarti barang tersebut dapat dikategorikan sebagai kebutuhan.

Untuk memahami lebih dalam perbedaan kebutuhan dan keinginan. Pada artikel kali ini, Pinhome akan menjelaskan perbedaan dari dua konsep tersebut agar Kamu tau mana yang prioritas dan mana yang bukan.

Kamu dapat mencari rumah nyaman yang dijual rumah baru di Kabupaten Bogor dan rumah bekas di Kec Bandung Kamu juga dapat memanfaatkan lahan kosong di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 14 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Source : Pixabay

Kebutuhan adalah semua bentuk barang dan jasa yang Kamu butuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sedangkan, keinginan merupakan seagal kebutuhan berlebih terhadap sesuatu yang dianggap kurang.

Pada dasarnya, keinginan tidak bersifat mengikat dan Kamu tidak memiliki keharusan untuk memenuhinya dengan cepat. Aakan tetapi, karena kita sering tidak menyadari barang mana saja yang kita butuhkan, justru keinginan yang sering kali kita utamakan.

Berikut perbedaan antara kebutuhan dan keinginan lebih jelasnya.

1. Keinginan Berasal dari Kebutuhan

Source : Pixabay

Kesadaran akan kebutuhan akan menghadirkan motivasi bagi seseorang untuk mencari informasi tentang beberapa pilihan untuk memenuhinya. Contohnya, ketika kebutuhan seseorang untuk makan akan mendorongnya untuk mencari apa saja makanan yang ada, mulai dari apa makanannya, tempat makannya, dan harga dari makanannya.

Pada dasarnya, kebutuhan kita yaitu makan. Makan apa saja akan membuat kita kenyang. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia biasanya akan memperluas keinginannya. Jika kita makan yang kita mau, selain kenyang, terdapat juga kepuasan tersendiri di dalam diri kita.

Baca juga: 10 Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

2. Kebutuhan Mempunyai Sifat Objektif, Keinginan Subjektif

Kebutuhan merupakan apa yang Kamu butuhkan untuk bertahan hidup. Secara garis besar, kebutuhan hidup manusia terdiri dan sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah). Ketiga hal tersebut adalah fondasi hidup yang harus terpenuhi, oleh karena itu sifatnya objektif.

Sedangkan, keinginan berkaitan dengan bagaimana seseorang memilih dalam hidupnya. Pilihan bisa dipengaruhi oleh lingkungan budaya dan sosial. Contohnya, seseorang berada di lingkungan pertemanan dengan gaya hidup hedonis. Jika Kamu tidak bisa mengontrol diri yang baik dan kemampuan finansial yang cukup, bisa-bisa kesehatan keuangan Kamu akan jadi terganggu.

3. Keinginan Mengedepankan Kepuasan, Kebutuhan Fungsi

Perbedaan kebutuhan dan keingin yang medasar lainnya berada pada esensi dari tindakannya. Semua kebutuhan pada dasarnya bisa terpenuhi oleh barang dengan fungsi yang sesuai. Contohnya, manusia menggunakan pakaian apa pun untuk menutupi tubuhnya. Dalam pemenuhannya tersebut, setiap orang memiliki selera dan kepuasannya masing-masing.

Pemenuhan selera dan kepuassan inilah yang kita sebut keinginan. Contohnya terdapat dua orang dengan gaji yang sama dan ingin membeli pakaian baru. Orang pertama membeli kemeja dari brand lokal dengan harga yang terjangkau. Sedangkan, orang kedua membeli kemeja dari brand ternama yang berasal dari luar negeri. Hal ini berarti, selera dan skala pemenuhan kepuasan dari keduanya berbeda.

Tips Untuk Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Source : Pixabay

Nah, Pinhome memiliki beberapa tips untuk Kamu agar dapat mengenali mana yang memang kebutuhan, mana yang hanya sekedar keinginan. Untuk menjawab hal tersebut, Kamu harus bertanya ke diri Kamu sebelum impulsif membelanjakan uang Kamu.

1. Memperhatikan Urgensi Kebutuhan

Pertanyaan pertama yang menjadi kuncinya yaitu sebenarnya Kamu ingin membeli barang tersebut karena memang butuh, atau karena barangnya kebetulan lagi diskon atau menarik saja? Jika Kamu memiliki kebiasaan seperti itu, maka Kamu harus menguranginya. Jika Kamu membeli barang hanya karna lucu ataupun lagi diskon, hal tersebut akan membuat keuangan Kamu menjadi tidak sehat.

2. Utamakan Kebutuhan

Usahakan untuk membeli suatu barang yang bisa Kamu gunakan lagi di kemudian hari. Contohnya, jika Kamu ingin membeli dress lucu atau bagus untuk datang ke pesta teman Kamu, pastikan untuk menggunakan dress tersebut di kemudian hari. Atau bertanya juga ke diri Kamu sendiri, sebera sering Kamu datang ke pesta? Jika terlalu sering maka Kamu dapat menundanya terlebih dahulu untuk memikirkan kemabali. Jika tidak hal tersebut tentunya akan membuat keuangan Kamu jadi tidak sehat juga.

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan

Pentingnya Mengedepankan Kebutuhan Dibandingkan Keinginan

Source : Pixabay

Saat ini Kamu sudah tahu, perbedaan dari kebutuhan dan keinginan. Mengikuti keinginan yang tidak akan pernah ada habisnya tentunya tidak akan sehat untuk kondisi finansial Kamu. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar memprioritaskan sesuatu yang Kamu butuhkan dibandingkan mengikuti keinginan Kamu.

Salah satu cara untuk mengutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan yaitu dengan membuat catatan pengeluaran dan anggarannya. Anggaran bulanan dapat membuat Kamu lebih selektif untuk membatasi transaksi yang memang kebutuhan, atau yang hanya sekedar keinginan. Sehingga, pada saat Kamu menerima gaji, Kamu tahu, uang tersebut harus dikemanakan.

Itu dia penjelasan tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan, dengan mengetahui perbedaan dari dua hal tersebut, akan membuat Kamu lebih tahu mana prioritas mana bukan. Semoga penjelasan artikel ini bisa bermanfaat buat Kamu semua ya.

Baca juga: 8 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Telaga Golf dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download