Perbedaan JNE dan J&T Express, mana yang lebih bagus?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 18, 2022 ∙ 4 menit membaca

J&T dan JNE adalah layanan ekspedisi barang. Lalu apa sih perbedaan JNE dan J&T? Mana yang lebih baik antara JNE dan J&T? Nah, bagi kalian yang sering kirim paket atau sering belanja online, tentu tak asing lagi dong dengan layanan ekspedisi tersebut. Bagi yang mau kirim barang, bingung mau memilih antara JNE dan J&T, barangkali postingan ini bisa membantu menentukan pilihan Anda.

Tahun Didirikan
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan perusahaan ekspedisi yang didirikan pada tahun 1990. Dengan begitu, JNE sudah beroperasi puluhan tahun di Indonesia. Sedangkan J&T didirikan pada tahun 2015. Meski baru beberapa tahun berdiri, nama J&T sudah populer dan sudah menjadi andalan para penjual online sebagai perantara pengiriman barang ke pembeli.

Layanan pengiriman
JNE menawarkan sejumlah pilihan pengiriman, diantaranya adalah layanan YES, REG, dan OKE. Perbedaannya adalah lama waktu pengirimannya, dan tentunya tarifnya juga berbeda. YES singkatan dari Yakin Esok Sampai, layanan JNE dengan waktu pengiriman 1 hari. Namun, layanan YES tidak tersedia untuk semua wilayah, hanya wilayah tertentu saja. Selain itu, meski estimasi pengirimannya 1 hari, tapi kenyataanya paket YES bisa sampai dalam waktu lebih dari 1 hari.

Kalau paket REG berarti reguler. Ini paket layanan standar dari JNE. Berikutnya layanan OKE, tarifnya lebi murah dari layanan REG, dan estimasi pengirimannya juga lebih lama dari layanan REg.

Selain itu, JNE juga menyediakan layanan pengiriman khusus untuk paket besar dengan harga lebih ekonomis, yaitu JNE Trucking (JTR). Minimal berat barang yang akan dikirimkan seberat 10 kg.

Berbeda dengan JNE, J&T hanya menawarkan satu layanan pegiriman yang disebut EZ, tidak ada pembagian tarif seperti JNE. Estimasi waktu sampai bisa bervariasi. Namun, untuk pengiriman masih satu provinsi, barang bisa sampai ke penerima hanya dalam waktu 2 hari saja, bahkan ada yang 1 hari sampai.

Layanan jemput paket
J&T menyediakan layanan jemput paket. Dengan begitu, bagi orang yang ingin mengirim paket via J&T, orang itu tidak harus langsung datang ke agen J&T terdekat. Kurir J&T bersedia menjemput paket pelanggan.

Sedangkan kalau JNE secara resmi belum memiliki layanan jemput paket, sehingga pelanggan yang ingin mengirimkan paket lewat JNE mesti ke agen atau konte JNE terdekat.

Kurir
Kurir J&T adalah karyawan J&T, yang selain mendapat gaji pokok juga mendapatkan komisi per paket yang dikirimkan. Kurir J&T juga bisa mendapatkan tambahan uang dari paket yang di-pick up. Sedangkan kurir JNE berstatus freelance, tidak mendapatkan gaji bulanan.

Batas toleransi berat
Di J&T, barang yang beratnya 1,3 kg masih dihitung 1 kg untuk ongkos kirimnya. Sedangkan jika lebih dari 1,3 kg, dihitung 2 kg.

Sedangkan di JNE, batas toleransi berat barang adalah 1,4 kg, berbeda 0,1 kg dengan J&T.

Tarif
Ongkos kirim JNE cenderung lebih murah ketimbang J&T.

Kecepatan pengiriman
Saat ini J&T hanya menyedikan satu layanan saja. Adapun untuk estimasi waktu pengiriman bervariasi tergantung alamat tujuan. Untuk pengiriman domestik, masih satu provinsi, lama pengiriman berkisar 1-2 hari. Bahkan komitmen J&T adalah pengiriman domestik maksimal 2 hari sampai. Sedangkan untuk antar provinsi yang masih satu pulau, misal dari Jakata ke Jawa Tengah, waktu pengiriman kurang lebih 3 hari.

Kalau di J&T, ada berbagai pilihan pengiriman, diantaranya adalah YES, REG, dan OKE. YES (Yakin Esok Sampai) merupakan layanan ekspres JNE dengan prioritas tinggi. Lama pengiriman antaa 1-2 hari. Namun, tidak semua daerah bisa menggunakan layanan YES.

Sedangkan REG merupakan pengiriman standar JNE, dan OKE merupakan pengiriman JNE dengan tarif lebih ekonomis. Selain itu, untuk barang-barang besar, JNE juga menyediakan layanan JTR (JNE Trucking) dengan minimal berat barang 10 kg.

Keagenan
JNE membuka peluang keagenan, sedangkan J&T tidak.

Layanan COD
J&T bekerja sama dengan Shopee dalam mengadakan layanan COD (Cash on Delivery). Dengan layanan ini, penerima barang bisa membayar barang pesanannya ketika barang sampai. Sedangkan JNE belum bisa.

Itulah sejumlah perbedaan antara JNE dan J&T. Lalu mana yang lebih bagus, J&T atau JNE? Tergantung keperluan. Kalau saya selaku penjual yang melayani pembelian secara COD, tentu saya memilih J&T. Tapi, kalau pembeli memilih JNE, ya saya pakai JNE. Masing-masing ada kelebihan dan juga kekurangannya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia