Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Perbedaan Jalak Putih Jantan dan Betina

Hobi

Perbedaan Jalak Putih Jantan dan Betina

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 16 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Perbedaan Jalak Putih Jantan dan BetinaBurung Jalak merupakan salah satu burung Endemik indonesia yang sampai saat ini masih jadi primadona di dalam jenis burung Jalak karena suaranya yang merdu.

Burung Jalak ini lebih mendapat perhatian di mata para kicau mania dibandingkan dengan Jalak kebo. Meskipun harga Jalak Putih pun jauh lebih mahal, sehingga tidak sedikit para pecinta burung banyak yang memelihara burung ini, baik untuk masteran burung kicau lainnya, burung hiasan sampai untuk ternak Jalak Putih.

Akan tetapi, jika berbicara yang dikhususkan untuk ternak Jalak Putih, maka wajib hukumnya memelihara Jalak Putih jantan dan betina. Sedangkan, untuk perbedaan Jalak Putih jantan dan betina hampir bisa dikata tidak memilki perbedaan, karena Jalak Putih tergolong jenis burung monomorfik yaitu secara fisik hampir tidak memilki perbedaan antara jantan dan betina.

Meskipun Jalak Putih termasuk burung monomorfik, bukan berarti diantara keduanya tidak memiliki perbedaan, meskipun hal tersebut sulit untuk diketahui oleh mereka yang belum berpengalaman dalam membedakan kelaminnya baik dewasa maupun Jalak Putih jantan dan betina anakan.

Perbedaan Jalak Putih Jantan dan Betina

perbedaan jalak putih jantan dan betina
(Shutterstock)

Sedangkan perbedaan Jalak Putih jantan dewasa mampun perbedaan Jalak Putih jantan dan betina trotol, kamu bisa mengikuti beberapa poin di bawah ini :

Ciri Fisik Jalak Putih Jantan dan betina

Ciri fisik di bawah ini dapat digununkan untuk memebedakan Jalak Putih dewasa maupun anakan.

1. Postur Tubuh Jalak Putih 

Ketika berusia antara 1 hingga 3 bulan, ciri fisik Jalak Putih jantan anakan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan ciri fisik Jalak Putih betina anakan.

Hal ini dikarenakan anakan Jalak Putih jantan pertumbuhannya sedikit lebih cepat dibandingkan anakan Jalak Putih betina. Jalak Putih betina memiliki tubuh yang sedikit lebih kecil.

Walaupun perbedaannya tidak signifikan, namun tetap terlihat jika keduanya disandingkan. Cara membedakan Jalak Putih jantan dan betina ini hanya bisa dilakukan dengan cara menyandingkan dua atau lebih Jalak Putih berbeda jenis kelamin.

Jika kamu membeli Jalak Putih dari ombyokan dan ingin cari yang betina, pastikan membeli yang ukuran badannya paling kecil. Perbedaan ukuran tubuh ini juga akan semakin terlihat ketika Jalak Putih masih muda. Terutama ketika berumur 1 hingga 3 bulan.

Baca juga : 8 Cara Memilih Jalak Suren Ombyokan Yang Bagus

2. Kepala Jalak Putih 

Bukan hanya ukuran badan saja yang lebih besar dibandingkan Jalak Putih betina, Jalak Putih jantan juga memiliki ukuran kepala yang lebih besar.

Hal ini bisa dilihat jika anda membeli Jalak Putih ombyokan. Jika ingin memilih Jalak Putih jantan, maka pilihlah yang kepalanya cenderung lebih besar, begitu sebaliknya dengan Jalak Putih betina

3. Cara Berdiri 

Selain badannya besar, Jalak Putih jantan juga memiliki postur tubuh yang panjang dan berdiri tegak. Sedikit berbeda dengan Jalak Putih betina yang lebih pendek dan tidak begitu tegak.

4. Suara Jalak Putih 

Salah satu prilaku khas Jalak Putih jantan adalah ketika dipegang, ia akan berunyi “kek”. Untuk mengujinya, anda harus memegang Jalak Putih secara langsung.

Tapi pegang si burung dengan hati-hati, jangan sampai membuatnya takut atau sampai menyakitinya. Sedangkan Jalak Putih betina akan berbunyi “kik”.

Untuk bisa mendengar perbedaannya, telinga anda harus cukup jeli dan harus dilakukan ditempat yang tenang (tidak bising).

5. Mata Jalak Putih 

Ciri fisik Jalak Putih yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelamin si burung adalah dari matanya. Jika mata Jalak Putih terlihat lebih pekat kuningnya, maka kemungkinan besar itu adalah Jalak Putih jantan.

Sedangkan Jalak Putih betina memiliki warna kuning di sekeliling mata yang lebih pudar jika dibandingkan Jalak Putih jantan.

6. Kloaka Jalak Putih 

Satu lagi bagian tubuh Jalak Putih yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelaminnya, yaitu bagian kloaka alias dubur. Jika dilihat bagian duburnya berwarna biru keunguan, maka kemungkinan besar itu adalah Jalak Putih jantan.

Ciri fisik ini bisa diketahui jika Jalak Suren sudah berumur lebih dari 1 tahun atau menginjak dewasa. Sedangkan Jalak Putih betina memiliki warna dubur berwarna putih kemerahan. Warna ini akan semakin terlihat ketika musim kawin tiba.

Baca juga : Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Kesimpulan

Dengan mengetahui ciri-ciri Jalak Putih jantan dan betina, kamu bisa memilih Jalak Putih dengan lebih akurat. Jika ingin membeli Jalak Putih untuk rumahan, maka bisa memilih yang jantan. Sedangkan jika ingin diternak, maka bisa membeli Jalak Putih jantan dan betina.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang perbedaan Jalak Putih jantan dan betina


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel