BlogLifestyleGadget8 Perbedaan iPhone X dan XR Yang Wajib Kamu Ketahui!
0
0

8 Perbedaan iPhone X dan XR Yang Wajib Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak diragukan lagi bahwa iPhone merupakan merek smartphone yang begitu populer dan laris di pasaran. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada HP android seperti OPPO, Vivo ataupun Realme, namun tetap saja iPhone memiliki banyak penggemar setia. Terlebih perbedaan iPhone X dan XR yang akan menjadi bahasan artikel kali ini. 

Salah satu merek iPhone yang paling populer adalah iPhone X yang pertama kali dihadirkanke publik pada akhir tahun 2017 lalu. Kemudian perusahaan Apple merilis XS dan XS Max. Namun dirasa memiliki harga yang mahal, Apple kemudian merilis iPhone XR dengan harga jual yang lebih murah. 

Apabila Pins perhatikan baik-baik, iPhone XR terlihat seperti versi downgrade dari iPhone X. Namun jangan salah sangka dulu, karena iPhone XR memiliki kelebihan yang tidak dimiliki iPhone X. Apalagi keduanya saat ini berada di kisaran harga yang tidak jauh beda antara satu sama lain. Agar Pins tidak salah langkah dalam membeli iPhone, ada baiknya kamu menyimak artikel dibawah ini tentang perbedaan iPhone X dan XR yang wajib Pins ketahui. 

Baca juga:

Perbedaan iPhone X dan XR

Source : apple.com

Ingin tahu apa saja bedanya iPhone X dan XR dari berbagai aspeknya. Pins bisa membandingkannya dari beberapa hal utama berikut ini. 

Perbandingan iPhone X dan XR dari Segi Desain

Source : bhinneka.com

Hal pertama yang bisa dilihat antara perbandingan iPhone X dan XR adalah pada segi desain. Tentunya kedua ponsel ini memiliki desain yang premium karena berada di bawah naungan perusahaan Apple yang terkenal desain yang elegan. 

Iphone X memiliki transisi desain utama, seperti layar tanpa bezel dan tombol home yang ditiadakan. Sementara iPhone XR juga mengalami hal yang sama, namun untuk ukuran yang digunakan cukup lebih besar daripada iPhone X.

Perbedaan iPhone X dan XR dari Ukuran Layar

Source : bhinneka.com

Mungkin sebagian orang sangat memperhatikan berat dari smartphone yang mereka miliki. Apabila Pins salah satunya, maka dari segi bobot ada perbedaan yang signifikan antara iPhone X dan XR. 

iPhone X memiliki bobot sebesar 17 gram, sedangkan iPhone XR memiliki berat mencapai 19 gram. Apabila Pins ingin mencari smartphone yang lebih ringan, mungkin iPhone X bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. 

Selain itu, ukuran layar atau dimensi ponsel juga sama sekali berbeda. iPhone X memiliki layar dengan panel OLED berukuran 5,8 inch dengan resolusi 2.346 x 1.125 piksel. Sementara iPhone XR dibekali layar yang lebih besar, yakni 6,1 inch. Sederhananya, resolusi yang dipakai hanya 1792 x 828 piksel dan menggunakan jenis panel Liquid Retina.

Jadi, bagi Pins bingung iPhone X dan XR bagus mana, apabila lebih memilih iPhone yang mempunyai resolusi terbaik, iPhone X bisa menjadi alternatif bagi kamu. Namun, jika memilih untuk menikmati ukuran yang lebih besar, iPhone XR bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk kamu. Jadi, menurut kamu lebih bagus iPhone X atau XR nih?

Baca juga:

Penggunaan Kamera yang Dipakai iPhone X vs XR

Source : apple.com

Sudah terlihat jelas di gambar bahwa bedanya iPhone X dan XR pada kamera yang dipakai. iPhone XR dilengkapi dengan satu kamera di belakang. Disisi lain, iPhone X memiliki dua kamera yang tersemat di badannya. 

Foto yang dihasilkan oleh keduanya memiliki kualitas yang hampir mendekati sama karena memiliki enam efek pencahayaan yang berbeda. Keduanya mampu menghasilkan gambar jernih dengan detail yang begitu apik dan tajam. 

Bahkan, kualitas gambar yang dihasilkan oleh iPhone XR mampu mengungguli dual cameranya iPhone X. Pasalnya, kamera iPhone XR memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone XS dan XS Max. 

Kamera iPhone XR mampu menangkap gambar dan video lebih baik dalam kondisi pencahayaan yang rendah maupun high exposure. Tentunya karena iPhone XR memiliki chipset yang lebih baru daripada iPhone X. 

Baca juga:

Baterai iPhone X dan XR yang Dipakai

Source : kompas.com

Apakah Pins setuju apabila smartphone canggih tidak ada gunanya apabila daya tahan baterainya payah. Setelah beberapa saat diajak bermain game atau streaming film, baterai HP tiba-tiba tinggal setengah. 

Namun jika Pins khawatir dengan masalah baterai pada iPhone X, maka Apple sebagai produsen iPhone telah mengatasi hal tersebut dengan iPhone XR. Kapasitas baterai yang lebih besar dengan ukuran 2,942 mAh dan battery consumption yang jauh lebih hemat membuat iPhone XR lebih baik dari iPhone X yang memiliki harga peluncuran yang lebih rendah. 

iPhone XR lebih baik dari pada iPhone X dalam hal daya tahan baterai. Ini karena kapasitas nya yang jauh lebih tinggi. Dalam pemakaian normal, iPhone XR mampu bertahan 11 jam lho Pins. 

Berbeda dengan saudaranya yaitu iPhone X yang hanya 1 jam kurang dari XR daya tahan baterai hingga 10 jam saja. Namun, kedua ponsel tersebut dibekali teknologi canggih yang sama, yakni fast charging 15W, USB Power Delivery 2.0 dan Qi wireless charging.

Perbedaan iPhone X dan XR dari Chipset yang Dipakai

Source : apple.com

Dari segi chipset yang dipakai, iPhone XR ditenagai oleh chipset A12 Bionic yang menjadi dapur pacu dari produk Apple. Ini merupakan peningkatan dari seri iPhone X yang hanya memiliki chip A11 Bionic. 

Dari penuturan laman Macworld, chip iPhone XR lebih hemat energi dan mengintegrasikan sensor kamera yang sedikit lebih besar.

Memori internal iPhone XR juga lebih lengkap dimulai dari 64Gb, 128GB, dan 256GB. Sementara iPhone X hadir dengan opsi 64GB dan 256GB saja. Perbedaan lainnya adalah iPhone XR juga memiliki jaringan LTE yang lebih cepat dan slot kartu sim ganda, yang tidak dimiliki oleh iPhone X. 

Baca juga:

Fitur Lain yang Ditawarkan oleh iPhone X dan XR

(makemac.grid.id)

Fitur lain dari iPhone X dan XR terkait dengan sensor ponsel. Sensor ini juga tersedia di seri ponsel iPhone lainnya. Jadi bisa dipastikan perawatan iPhone memenuhi standar Apple. 

Nah, fitur yang tersedia di kedua ponsel ini adalah Face ID, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer, dan Siri Natural Language Command and Dictation. Selain untuk perlindungan sensor ini digunakan untuk memudahkan akses ponsel. 

Harga Terbaru Beda iPhone X dan XR Desember 2022

Source : pikiran-rakyat.com

Terakhir yaitu pada segmen harga. iPhone X sendiri sudah terlebih dahulu rilis dan kini tidak diproduksi lagi oleh Apple. Sementara itu, untuk versi iPhone XR Pins masih bisa membelinya melalui iBox atau platform online resmi Apple.

Berikut adalah tabel harga iPhone X dan XR yang perlu Pins ketahui. 

Kapasitas PenyimpananiPhone XiPhone XR
64GB6,9 juta6,9 juta
128GB8,2 juta
256GB8 juta8,4 juta

Baca juga: 7 Perbedaan iPhone 7 dan 8, Siapa Yang Lebih Baik?

Jika melihat beberapa perbandingan diatas, sudah bisa disimpulkan jika iPhone XR lebih unggul dibanding pendahulunya, iPhone X. Namun kembali lagi, perbedaan iPhone X dan XR tersebut tidak menutup fakta bahwa keduanya pernah menjadi smartphone terbaik Apple pada tiga tahun lalu.

Spesifikasi Full Beda iPhone X dan XR

FituriPhone XiPhone XR
ChipsetApple A11 Bionic (10nm)Apple A12 Bionic (7nm)
CPUHexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral)Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
GPUApple GPU (three-core graphics)Apple GPU (4-core graphics)
RAM3GB RAM3GB RAM
ROM64GB256GB64GB128GB256GB
Layar dan resolusi5.8 inches dengan resolusi 1125 x 2436 pixels, 19.5:9 ratio6.1 inches dengan resolusi 828 x 1792 pixels, 19.5:9 ratio
Kamera Belakang12 MP (kamera wide)12 MP (kamera telephoto)12 MP (kamera wide)
Kamera Depan7 MP (depth/biometrics sensor)7 MP (depth/biometrics sensor)
BateraiLi-Ion 2716 mAh, non-removable (10.35 Wh)Li-Ion 2942 mAh, non-removable (11.16 Wh)
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm (5.65 x 2.79 x 0.30 in)150.9 x 75.7 x 8.3 mm (5.94 x 2.98 x 0.33 in)
Berat174 g (6,14oz)194 g (6,84oz)
WarnaSpace GraySilverBlackRedYellowBlue CoralWhite

Baca juga: 12 Nada Dering iPhone Terbaru dan Terupdate

Jika melihat perbandingan diatas, iPhone XR jelas lebih baik Pins. Mantan primadona yaitu iPhone X ini memiliki kekurangan. Namun kekurangan tersebut telah disempurnakan Apple melalui iPhone XR.

Tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa iPhone XR tak memiliki kekurangan. iPhone XR tetap akan menjadi pilihan karena memiliki spesifikasi dan performa lebih oke dengan dibanderol harga yang tidak jauh berbeda. 

Setelah mengetahui perbedaan antara kedua smartphone besutan Apple tersebut, Pins lebih suka yang mana? Semoga artikel ini membantu kamu yah!

Featured image: apple.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Puri Tejo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download