Pinhome

Jenis Cucak Rowo Di Indonesia dan Penyebarannya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 10 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Burung Cucak Rowo merupakan salah satu jenis burung kicau yang dapat dijumpai di beberapa negara Asia, salah satunya adalah Indonesia. Burung yang memiliki nama resmi Cucak Rowo ini termasuk jenis burung yang sudah lama dikenali oleh para pecinta burung, maupun orang awam.

Hal tersebut tak lepas dari suara Cucak Rowo yang keras membahana dan merdu. Namun, kualitas suara burung ini dapat dipengaruhi oleh kondisi iklim, keragaman vegetasi, tingkat kesuburan tanah, dan ketinggian permukaan laut. Selain itu, kondisi fisik burung ini juga akan terpengaruhi suara burung itu sendiri.

Baca juga: Cara Merawat Cucak Rowo Yang Baik dan Benar

Cucak Rowo di Indonesia

cucak rowo
(Pixabay)

Di indonesia, burung yang memiliki nama ilmiah Pycnonotus zeylanicus atau Straw-headed Bulbul dalam bahasa inggrisnya ini, dapat dijumpai di beberapa daerah seperti Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Dari ketiga daerah tersebut memiliki karakteristik tersendiri, dan kami mencoba untuk mengulasnya seperti berikut ini.

Cucak Rowo Medan

Ketenaran Cucak Medan tidak hanya dari suaranya, tetapi dari ukuran tubuhnya yang besar. Daerah ini memiliki Hutan berawa-rawa yang luas dan tidak terlalu jauh dari pantai sehingga udaranya lumayan panas. Jadi pohon yang tumbuh disekitar tempat ini tidaklah terlalu tinggi.

Ciri Fisik

Perbedaan burung asal Medan ini terletak pada ukuran tubuh sehingga bila dipegang terasa padat dan agak keras. Walaupun baru ditangkap dari alam liar, warna bulunya cenderung seperti burung yang telah lama dipelihara, yaitu hijau keabu-abuan sedikit kecoklatan dan tampak bersih.

Kualitas Suara 

Rata-rata memiliki suara kicauan yang baik, bervariasi serta mepunyai volume suara yang cukup besar. Namun, kelemahannya adalah kurang didukung lengkingan suara atau jeritan, sehinga suaranya menjadi salah satu perbedaan ciri khas Cucak asal Medan yaitu, terkesan berat namun kurang tebal. Bila diamati, kicauannya cenderung nggambang/mengambang.

Cucak Rowo Aceh 

Cucak asal aceh ini terbilang sangat mirip dengan asal Medan. Tetapi, para penggemar burung kicau yang senior dapat mebedakan antara Cucak Rowo Medan dan Aceh.

Ciri Fisik

Perbedaan burung asal Aceh dan Medan hampir bisa dikatakan tidak memiliki perbedaan, karena memiliki ukuran tubuh yang sama, namun perbedaannya terletak pada bulunya, yakni warna hijaunya lebih menonjol dari Cucak asal Medan.

Kualitas Suara 

Suara Cucak Aceh tidak jauh berbeda dengan Cucak asal Medan. Hal ini disebabkan karena daerah Langkat dan Aceh hanya dipisahkan oleh sungai Besitang.

Cucak Rowo Lampung

Kondisi alam daerah lampung umumnya berbukit dengan hutan-hutannya yang tergolong berpohon tinggi. Hutannya pun tergolong hutan terbuka dalam bentangan yang luas. Walaupun termasuk dataran tinggi, daerah ini tergolong berudara cukup panas.

Ciri Fisik

Dilihat dari bulunya, burung asal Lampung ini hampir tidak jauh berbeda dengan asal Medan. Tetapi, yang membedakannya adalah ukuran badannya yang sedikit pendek walaupun besar badannya hampir sama.

Meskipun begitu, Cucak Rowo Lampung memiliki fisik yang kekar, berdada bidang serta tulang sayap yang lebih kokoh bila dibandingkan dengan Medan. Hal ini lebih disebabkan oleh faktor alam atau lingkungan sekitarnya.

Kualitas Suara 

Suara Cucak asal Lampung tidak sekeras asal medan. Namun, kicauannya lebih tajam dengan sedikit variasi yang lebih sedikit dibanding asal medan. Meskipun begitu, Cucak dari daerah ini mampu membawakan nyanyiannya dalam speed yang baik dan cepat.

Cucak Rowo Sumatera Selatan

Daerah ini tergolong kawasan yang berhutan lebat dan berawa-rawa luas. Burung ini dapat ditemukan diberbagai daerah seperti Sumatera Selatan, Jambi, Riau, dan sebagainya.

Ciri Fisik

Perbedaan Cucak dari daerah Sumatera Selatan hampir sama seperti asal Lampung. Namun, untuk membedakan Cucak Sumatera Selatan, Jambi, Riau dengan daerah lain terletak pada bagian dadanya yang kurang bidang.

Kualitas Suara 

Suara burung asal Sumatera Selatan, Jambi dan Riau juga hampir sama dengan Lampung. Hanya saja, dengan volume sedikit lebih kecil jika dibandingkan Lampung.

Cucak Rowo Kalimantan

Pada saat ini, yang banyak membanjiri pasaran dan diminati para kicau mania adalah Cucak Rowo Kalimantan.

Baca juga : Cara Membedakan Kelamin Cucak Keling Jantan dan Betina

Ciri Fisik

Perbedaan Cucak asal Kalimantan dengan Sumatera terletak pada warna bulunya yang kurang hijau dan ukuran tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan Cucak asal Sumatera Selatan.

Kualitas Suara 

Suara Cucak Rowo Kalimantan tidak sebaik Cucak asal Sumatera. Kebanyakan, tempo kicauannya sedikit lambat serta kurang keras dan kurang tebal. Kebanyakan, para penggemar burung ini menyatakan bahwa Cucak asal Kalimantan bersuara tipis dan kurang tajam.

Cucak Rowo Jawa

Selain kelima jenis di atas, terdapat jenis Cucak Rowo Jawa. Sayangnya, perburuan besar-besaran sejak tahun 80-an mengakibatkan burung asal Jawa ini hampir punah. Akan tetapi, Cucak Jawa banyak terdapat di penangkaran. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk membeli Cucak yang berasal dari penangkaran agar turut melestarikan spesies burung ini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang jenis Cucak Rowo di Indonesia.

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel