BlogPemilik PropertiFinansialKenali Perbedaan Common Stock, Preferred Stock, dan Juga Treasury Stock
0
0

Kenali Perbedaan Common Stock, Preferred Stock, dan Juga Treasury Stock

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sudahkah kamu memulai kegiatan berinvestasi yang memiliki banyak keuntungan itu? Apabila kamu sudah memulainya, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan common stock, preferred stock, dan juga treasury stock yang merupakan tren istilah investasi?

Meskipun ketiganya masuk dalam kategori saham, mereka memiliki beberapa perbedaan signifikan, beserta sejumlah kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, mari membahasnya lebih dalam pada artikel kali ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Investasi Emas Aman

Pengertian Common Stock, Preferred Stock, dan Treasury Stock

perbedaan common stock preferred stock dan treasury stock
Source : Unsplash

Sebelum mengetahui perbedaan dari ketiga jenis saham ini, ada baiknya jika Pins mengenali definisi dari common stock, preferred stock, dan juga treasury stock terlebih dahulu. 

Untuk lebih jelasnya, mari memahami pengertian dan kelebihan dari masing-masing saham yang akan dijelaskan berikut ini.

Common Stock

perbedaan common stock preferred stock dan treasury stock
Source : Unsplash

Berdasarkan definisinya, common stock dapat Pins artikan sebagai surat berharga yang menyatakan bahwa investor memiliki saham tertentu yang mereka beli dari sebuah perusahaan.

Saham biasa ini memiliki suatu kelebihan yang tidak preferred stock miliki, yaitu saham ini dapat investor perjualbelikan, serta tidak memilki jangka waktu tertentu untuk pembelian sahamnya.

Preferred Stock

perbedaan common stock preferred stock dan treasury stock
Source : Freepik

Berbeda dengan common stock, preferred stock merupakan saham dimana pemiliknya mempunyai hak lebih daripada orang yang memiliki saham biasa. Artinya, pemilik preferred stock bisa mendapatkan dividen terlebih dahulu.

Sedangkan kelebihan dari preferred stock adalah pemegang sahamnya bisa berkesempatan mendapatkan dividen yang lebih besar daripada pemegang saham biasa. 

Selain itu, investor preferred stock juga merupakan prioritas, sehingga mereka mampu mendapatkan permodalan terlebih dahulu sebelum perusahaan mengembalikan modal kepada pemilik saham biasa.

Treasury Stock

perbedaan common stock preferred stock dan treasury stock
Source : Freepik

Melansir dari Bursa Efek Indonesia (BEI), treasury stock merupakan jenis saham milik perusahaan yang pernah beredar. Saham ini kemudian perusahaan beli kembali untuk mereka simpan sebagai saham treasuri yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan demikian, selisih harga beli dengan harga jual tersebut dapat perusahaan gunakan untuk cadangan modal kerja emiten.

Baca juga: 6 Cara Agar Tidak Boros, Bikin Kaya & Mencapai Financial Freedom!

Beberapa Perbedaan Common Stock dan Preferred Stock Berdasarkan Karakteristik

perbedaan common stock preferred stock dan treasury stock
Source : Unsplash

Karena treasury stock hampir sama dengan saham biasa, mungkin Pins hanya perlu mengetahui karakteristik dari common stock dan preferred stock saja. Berikut karakteristik mendasar dari kedua saham ini.

Karakteristik Common Stock

Source : Freepik
  1. Saham biasa bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan jangka panjang. Hal ini dapat meningkat ketika kinerja perusahaan bertambah baik dan harga saham yang ikut naik.
  2. Saham biasa ini tidak dapat investor konversikan ke saham preferen.
  3. Pemegang saham biasa mempunyai hak perolehan bagian aset perusahaan terakhir. Perolehan ini akan pemilik saham dapatkan setelah perusahaan membagikannya kepada kreditor dan pemegang preferred stock terlebih dahulu.

Karakteristik Preferred Stock

Source : Pixabay
  1. Dapat Pins ketahui bahwa pemegang saham preferen memiliki prioritas tinggi. Pemegang saham preferen juga tentu didahulukan dalam pembagian dividen perusahaan.
  2. Saham preferen dapat ditukar menjadi saham biasa pada saat kondisi tertentu.
  3. Sebelum pembagian dividen, pemilik saham preferen memiliki hak untuk mendapatkan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan kesepakatan perusahaan.

Perbedaan Common Stock, Preferred Stock, dan Treasury Stock

Source : Unsplash

Dari definisi serta beberapa kelebihan yang ada pada masing-masing jenis saham, bisakah Pins menyimpulkan perbedaannya? Mari membahas perbedaan mereka dengan teliti berikut ini.

Perbedaan Common Stock, Preferred Stock, dan Treasury Stock Berdasarkan Kode Saham

Source : Freepik

Pertama, perbedaan common stock, preferred stock, serta treasury stock terletak pada kode sahamnya. Saham biasa menggunakan kode saham yang terdiri dari 4 huruf, contohnya BBCA dan ANTM. 

Kode saham milik treasury stock juga memiliki nama yang sama dengan saham biasa, sebab saham treasuri merupakan saham biasa yang perusahaan beli kembali atas nama perusahaan tersebut.

Sedangkan preferred stock atau saham preferen memiliki nama yang berakhir dengan huruf P sebagai penanda. Contoh saham preferen yang ada di Indonesia adalah MYRXP dan MAMIP.

Perbedaan Hak Suara

Source : Unsplash

Secara umum, baik saham biasa maupun saham preferen memiliki hak suara. Namun, hak suara tersebut bisa saja berbeda apabila ditentukan oleh anggaran dasar perusahaan.

Dengan begitu, kemungkinan pemegang preferred stock tidak memiliki hak suara sama sekali dan tidak dapat berpartisipasi dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pun juga dapat terjadi.

Hal yang sama dapat terjadi pada pemegang treasury stock. Sebab, perusahaan pemegang saham treasuri memang biasanya tidak memiliki hak untuk memberikan suara pada RUPS.

Perbedaan Dalam Penerimaan Dividen

Source : Unsplash

Dalam hal penerimaan dividen, pemegang saham biasa akan mendapatkan dividen yang telah RUPS putuskan. Berbeda dengan saham biasa, pemegang saham treasuri tidak memiliki hak sama sekali untuk menerima dividen.

Bahkan, apabila perusahaan pemegang saham treasuri dinyatakan untung pun, investor tetap tidak akan mendapatkan dividen sama sekali.

Sedangkan pemegang saham preferen memiliki kemungkinan untuk mendapatkan dividen secara teratur dalam jumlah tetap. Hal ini berarti pemegang saham preferen dapat Pins katakan lebih untung daripada pemegang saham biasa.

Bagaimana, Pins? Apakah setelah membaca perbedaan common stock, preferred stock, dan juga treasury stock, Pins semakin tertarik untuk mulai berinvestasi?

Tidak ada salahnya bagi seorang investor pemula untuk baru mengetahui perbedaan saham biasa, saham preferen, dan juga saham treasuri. Yang penting, kini Pins telah mengetahuinya dan bisa segera memutuskan investasi berikutnya dengan lebih bijaksana.

Baca juga: Update! Ini Daftar Saham IPO 2022


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Bumi Cikal Kasih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download