BlogPemilik PropertiFinansialApa Saja Perbedaan Capital Gain dan Dividen? Simak Yuk!
0
0

Apa Saja Perbedaan Capital Gain dan Dividen? Simak Yuk!

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan capital gain dan dividentop-right-banner

Para investor saham sudah seharusnya mengetahui apa definisi dari capital gain dan dividen beserta perbedaan dari keduanya. Sebab capital gain dan dividen merupakan sumber keuntungan dari seorang investor.

Maka dari itu, pada artikel ini, Pins akan mengetahui seluk beluk dari keduanya. Mulai dari definisi umum hingga perbedaan yang akan dibagi dari jumlah, periode pendapatan, dan juga keputusan pembagian.

Baca juga: 15 Daftar Suku Bunga KPR Bank

Definisi Capital Gain dan Dividen

Source : Unsplash

Sebelum membahas mengenai perbedaan capital gain dan dividen, mari kita memahami terlebih dahulu mengenai definisi umum dari keduanya berikut ini.

Capital Gain

Source : Unsplash

Capital gain merupakan jenis keuntungan yang bisa Pins dapatkan ketika Pins menjual saham dengan harga yang lebih tinggi. 

Jenis keuntungan ini seringkali investor cari ketika mulai melakukan investasi. Sebab capital gain merupakan kenaikan nilai aset yang terealisasi ketika aset tersebut terjual.

Namun, ada kalanya ketika aset terjual dengan harga yang lebih rendah ketimbang harga beli. Hal ini mengakibatkan seorang investor mengalami capital loss, atau kebalikan dari capital gain.

Capital gain pun memiliki dua jenis, yaitu capital gain jangka pendek dan capital gain jangka panjang. Ketahui perbedaannya berikut ini.

Perbedaan Capital Gain Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Source : Unsplash

Capital gain jangka pendek merupakan jenis keuntungan yang investor dapatkan dalam kurun waktu 36 bulan atau dibawah tiga tahun. Jenis keuntungan jangka pendek ini berlaku untuk jenis investasi properti.

Sedangkan untuk investasi saham dan reksadana, capital gain jangka pendek berfungsi untuk tenor investasi selama 12 bulan atau satu tahun.

Sementara untuk capital gain jangka panjang, investor bisa mendapatkannya apabila ia menyimpan aset lebih dari tiga tahun. 

Sayangnya, keuntungan ini tidak dapat ia dapatkan apabila ia berinvestasi pada aset bergerak, contohnya perhiasan, reksadana, dan aset sejenis.

Dividen

perbedaan capital gain dan dividen
Source : Unsplash

Seperti yang telah Pins ketahui, dividen merupakan istilah pembagian sebagian keuntungan perusahaan pada para pemegang saham.

Kendati demikian, tidak seluruh perusahaan rutin melakukan pembagian dividen. Sebab, pembagian dividen sering dipengaruhi oleh berbagai hal.

Salah satu hal yang berpengaruh pada pembagian dividen adalah kinerja perusahaan. 

Contohnya, apabila kinerja perusahaan sedang berjalan lancar, mereka akan membagikan dividen. Namun apabila yang terjadi adalah sebaliknya, kemungkinan mereka membagikan dividen cukup rendah.

Mekanisme pembagian dividen pun terbagi menjadi dua, yaitu mekanisme dividen interim dan juga dividen final. Berikut perbedaan dari keduanya.

Baca juga: Update! 10 Tabel Cicilan KPR BTN

Perbedaan Dividen Interim dan Dividen Final

perbedaan capital gain dan dividen
Source : Unsplash

Dividen interim merupakan mekanisme dimana dalam jangka waktu sebelum pembukuan keuangan perusahaan ditutup, pembagian dividen akan dilaksanakan.

Sedangkan pada dividen final, pembagiannya akan terlaksana setelah proses pembukuan keuangan perusahaan selesai.

Kedua jenis mekanisme ini akan digunakan bersamaan dalam kurun waktu satu tahun. Dengan demikian, investor akan menerima dua kali dividen dalam satu tahun. 

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

perbedaan capital gain dan dividen
Source : Unsplash

Dari definisi yang telah Pins ketahui diatas, terdapat beberapa perbedaan dari keduanya. Perbedaan tersebut akan terbagi dari segi definisi, segi jumlah, segi periode pendapatan, serta segi keputusan pembagian. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan dari Segi Definisi

Source : Unsplash

Dari segi definisi, telah Pins ketahui bahwa dividen merupakan sebagian pendapatan perusahaan yang dibagikan pada para investor atau pemegang saham.

Sementara itu, capital gain merupakan sumber keuntungan yang bisa investor dapat dari penjualan saham. Dalam hal ini, tentu saja capital gain akan mereka dapatkan apabila saham terjual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli.

Baca juga: Ketahui 3 Rumus Multiplier Effect pada Investasi, Yuk!

Perbedaan dari Segi Jumlah

Source : Unsplash

Sementara dari segi jumlah, besaran dividen akan ditentukan ketika RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham dilaksanakan. Jumlah keuntungan yang akan investor dapatkan ditentukan dari jumlah saham yang ia miliki.

Sebagai contoh, perusahaan A menetapkan pembagian dividen sebesar Rp1000/lembar saham. Nah, apabila investor memiliki saham sebanyak 10 lot atau 1000 lembar (dengan catatan 1 lot sama dengan 100 lembar), maka investor akan menerima dividen sebesar Rp1.000.000.

Peraturan seperti ini berbeda dari capital gain yang telah ditentukan dari harga beli dan juga harga jual. Jenis keuntungan ini akan sebanding dengan selisih harga beli dan harga jual. 

Semakin besar selisih mereka, semakin besar pula capital gain yang akan investor dapatkan.

Perbedaan dari Segi Periode Pendapatan

Source : Unsplash

Selain dari segi definisi dan segi jumlah, Pins juga dapat mengetahui perbedaan dividen dan capital gain dari segi periode pendapatan.

Dapat Pins katakan bahwa capital gain sedikit lebih menguntungkan dari dividen, sebab pembagian dividen berdasar pada jadwal yang telah RUPS tentukan. Dengan demikian, periode pembagian dividen tidak menentu.

Pada tahun X, bisa saja perusahaan membagikan dividen sebanyak satu kali, namun bisa juga dividen akan perusahaan lakukan dua kali. 

Sementara itu, capital gain dapat investor dapatkan kapan saja. Investor dapat menentukan periode pendapatan mereka sendiri.

Perbedaan dari Segi Keputusan Pembagian

Source : Unsplash

Perbedaan terakhir dividen dan capital gain dapat Pins lihat dari segi keputusan pembagian. Ketentuan pembagian dividen telah perusahaan dan pemegang saham atur saat RUPS terlaksana.

Sedangkan hasil pendapatan dari capital gain dapat ditentukan oleh pemegang saham itu sendiri. Sehingga, investor tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pembagian capital gain.

Jadi, dari keseluruhan penjelasan yang telah Pins ketahui, Pins dapat menyimpulkan bahwa dividen dan capital gain memiliki banyak perbedaan yang mendasar.

Sebagai investor, Pins bisa meraih kesempatan untuk mendapatkan keduanya. Namun, ingatlah bahwa semua keputusan dalam berinvestasi butuh strategi khusus, sehingga keuntungan yang bisa Pins dapatkan maksimal.

Bagaimana? Apakah Pins siap berinvestasi setelah mengetahui penjelasan dividen dan capital gain dari artikel ini?

Baca juga: 10 Daftar Aplikasi Investasi Modal Kecil


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Bumi Cikal Kasih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download