BlogPemilik PropertiDesain HunianKelebihan Batako Dibanding Batu Bata Merah
0
0

Kelebihan Batako Dibanding Batu Bata Merah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 26, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan batako dibanding batu bata merahtop-right-banner

Batako dan batu bata merah adalah bahan bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi rumah dan gedung. Walau keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai bahan bangunan, batako memiliki kelebihan dibanding batu bata merah. Jika berencana untuk membeli rumah baru, kamu tentu wajib mengecek kualitas bahan bangunan yang dipakai. Maka dari itu, artikel ini ditujukan untuk membantu Pins membandingkan antara batako dibandingkan batu bata merah.

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong! Ini Kisaran Biaya dan Model Terlengkapnya

Mengenal Batako dan Batu Bata Merah

Sebelum membahas kelebihan antara batako dan batu bata merah, penting untuk memahami itu batako dan batu bata merah. Batako adalah material bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan agregat yang dietak dalam bentuk persegi panjang. Sementara itu, batu bata merah adalah bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Kelebihan Batako Dibanding Batu Merah

Harga Batako
Source : Bukit Barisan Batako

Batako merupakan material bangunan yang banyak digunakan untuk membuat dinding rumah. Pins tentu sering menjumpai bahan material ini di lingkungan perumahan, misalnya perumahan di Tangerang Selatan. Mulai dari waktu pemasangan yang lebih cepat sampai kemudahan dalam pembongkaran kembali.

Berikut ini deretan kelebihan batako dibanding batu merah yang bisa Pins jadikan pertimbangan.

1. Tahan Terhadap Kelembapan

Salah satu kelebihan utama batako adalah tahan terhadap kelembapan. Batako memiliki daya serap air yang lebih rendah dibanding batu bata merah. Hal ini menjadikan batako lebih cocok digunakan di daerah dengan tingkat kelembapan yang tinggi atau pada bangunan yang akan terpapar air secara langsung. Contohnya, kolam renang atau kamar mandi.

Lebih kuat dan tahan lama

Batako memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada batu bata merah. Kekuatan ini membuat batako mampu menahan beban struktural yang lebih besar, sehingga cocok digunakan dalam konstruksi gedung bertingkat tinggi. Selain itu, batako lebih tahan terhadap keretakan dan deformasi.

Efisiensi konstruksi

Batako biasanya menawarkan dimensi lebih besar dibandingkan batu bata merah. Hal ini membuat proses konstruksi dengan menggunakan batako lebih efisien. Dalam satu waktu, pekerjaan konstruksi dapat menempatkan lebih banyak batako dibandingkan batu bata merah. Ini tentu bisa mempercepat proses pembangunan rumah.

Baca juga: Rincian Biaya dan Cara Bangun Rumah 10 Juta

Variasi ukuran

Harga Batako per Buah

Kelebihan batako dibanding batu bata merah lainnya adalah tersedia dalam berbagai ukuran. Pins bisa menyesuaikan bahan material ini dengan kebutuhan konstruksi.

Dengan begitu, batako bisa Pins manfaatkan dalam berbagai macam struktur bangunan, baik itu di rumah tinggal maupun gedung komersial. Fleksibilitas ini memudahkan para arsitek dan kontraktor dalam merancang dan melaksanakan proyek konstruksi.

Ramah lingkungan

Batako lebih ramah lingkungan daripada batu bata merah. Proses pembuatan batako menggunakan bahan baku seperti semen dan pasir yang lebih mudah didapatkan.

Batako juga lebih ramah lingkungan dibandingkan batu bata merah. Pasalnya, proses pembakaran batu bata merah yang membutuhkan bahan bakar fosil. Dalam hal ini, penggunaan batako dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Kekurangan batako press

Walaupun batako memiliki beragam keuntungan dibandingkan bata merah, tidak menutup kemungkinan ada beberapa kekurangan pada batako.

Pertama, dinding rumah dengan batako cenderung mudah retak. Hal ini berlaku terutama ketika kualitas batako yang digunakan tidak bagus. Selain itu, batako kurang baik dalam meredam suara bising.

Jika diangkat, batako memiliki beban yang cukup berat. Maka dari itu, pembangunan gedung bertingkat tinggi lebih sering memilih memakai bata hebel selcon putih untuk menghemat struktur gedung.

Di sisi lain, harga batako press cenderung lebih mahal dibandingkan batako konvensional. Hal tersebut tentu bisa memengaruhi anggaran pembangunan, terutama ketika tengah mencicil KPR.

Meskipun memiliki kekurangan tersebut, dengan pemilihan yang tepat dan penerapan yang baik, batako press masih dapat menjadi pilihan yang layak untuk pembangunan dengan pertimbangan kekuatan dan efisiensi.

Kelebihan batu bata merah

harga batu bata per biji

Meskipun batako memiliki banyak kelebihan, batu bata merah juga memiliki beberapa keunggulan tertentu. Beberapa kelebihan batu bata merah antara lain adalah daya hantar panas yang lebih baik, tampilan estetis yang khas, dan harga yang lebih murah di beberapa daerah.

Namun, dalam konteks keunggulan struktural dan efisiensi konstruksi, batako tetap menjadi pilihan yang lebih unggul.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa batako memiliki beberapa kelebihan dibanding batu bata merah. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah tahan terhadap kelembapan, kekuatan yang lebih tinggi, efisiensi konstruksi, keberagaman ukuran, dan ramah lingkungan.

Meskipun batu bata merah memiliki beberapa keunggulan tertentu, batako tetap menjadi pilihan yang lebih baik dalam banyak situasi konstruksi. Dengan mempertimbangkan kelebihan-kelebihan batako ini, kontraktor dan pengembang properti dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih material bangunan yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

Baca juga: 3 Game Bangun Rumah yang Seru Untuk Dimainkan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download