Pinhome

9 Perbandingan Dinding Batu Bata dan Batako

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dinding rumah dapat menggunakan berbagai jenis material seperti batu bata, papan kayu, dinding beton bertulang, bataco, selcon dll, masing-masing bahan bangunan tersebut mempunyai perbandingan kelebihan dan kekurangan masing, dari semua material bahan bangunan tersebut ada dua macam bahan bangunan yang sering digunakan dalam membangun rumah yaitu batu bata dan batako.

Pinhome – Sebelum kamu menentukan untuk memilih bahan bangunan, pastikan kamu melakukan perbandingan ya Pins. Perbandingan tersebut mencakup dalam hal mengetahui kualitas barang. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan bahan yang awet digunakan sebagai material bangunan rumah.

Perbandingan dinding batu bata dan batako

batako
(Rumah Rumi)

Batu bata adalah sebuah material bangunan yang terbuat dari tanah yang dibuat dengan cetakan yang kemudian dilakukan proses pembakaran batu bata dengan suhu yang tinggi sampai tanah tersebut benar-benar kering dan berubah menjadi batu bata, jenis tanah yang dapat digunakan untuk dijadikan bahan batu bata tidak bisa sembarang tanah, ci-ciri tanah yang dapat digunakan untuk membuat batu bata seperti mengandung pasir dan berlemak.

Ukuran batu bata dipasaran bervariasi yang mempunyai tebal sekitar 3 cm – 5 cm, ukuran lebar 7 cm – 11 cm, dengan panjang bata antara 17 cm – 22 cm, yang masing-masing jenis batu bata merah tersebut akan sangat dipengaruhi oleh daerah asal dan merk dagang yang diproduksi oleh produsen batu bata.

Baca juga: Model Rumah Batako Unik dengan Sentuhan Alam yang Menyejukkan

Kelebihan batu bata sebagai material dinding rumah

  • Batu bata merah bersifat kedap air sehingga mampu menahan rembesan dari sisi sebelahnya baik akibat air hujan, air bak maupun air dari sumber lainya.
  • Pemasangan batu bata merah dengan baik dapat menghindari keretakan dinding kecuali struktur rumah tidak mampu bekerja dengan baik.
  • Dinding batu bata merah mempunyai waktu ketahanan yang lama dan kuat.

Baca Juga: Menghitung Biaya Bongkar Dinding Bata

Kekurangan dinding batu bata

  • Ukuran dinding batu bata yang kecil membuat proses pemasangan batu bata membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melaksanakan sebuah pekerjaan pemasangan batu bata sehingga memerlukan biaya tenaga kerja yang lebih banyak.
  • Biaya pekerjaan dinding batu bata lebih tinggi jika dibanding dengan dinding batako.

Batako adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir, semen yang dicetak atau dipress padat, selain itu batako juga dapat dibuat dari bahan batu tras, kapur dan air, ukuran batako dipasaran adalah tebal 8cm- 10 cm, panjang 36 cm – 40 cm, dengan tinggi 18 cm – 20 cm.

Kelebihan batako untuk dinding rumah

batako
(Batako Pandawaland)
  • Dinding batako bagus sebagai material dinding rumah yang kedap terhadap air.
  • Pemasangan bahan material ini cukup cepat sehingga membutuhkan biaya pekerjaan yang lebih murah dibanding batu bata.

Kekurangan dinding batako

  • Mudah terjadi keretakan pada dinding batako
  • Lubang pada bagian dalam batako akan membuat dinding rumah mudah untuk dilobangi jika lobang batako tersebut tidak diisi dengan adukan spesi

Demikian perbandingan dinding batu bata dan dinding batako, silahkan memilih mana yang terbaik menurut masing-masing 🙂


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel