Pinhome

Cara Menjaga Performa Tledekan Agar Stabil

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 22 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Menjaga Performa Tledekan Agar Stabil – Untuk menjadikan burung Tledekan rajin berkicau, tentunya kamu perlu melakukan perawatan khusus, seperti halnya perawatan pada jenis burung kicau lainnya.

Perawatan pertama yang harus kamu lakukan pada Tledekan adalah menjaga performanya tetap stabil. Jika perawatan yang kamu lakukan pada Tledekan sudah benar, makan Tledekan akan memiliki performa kicauan yang gacor, kencang, bahkan nyeklek sekaligus.

Lalu, bagaimana cara menjaga performa Tledekan agar stabil? Simak tips di bawah ya Pins!

Performa Tledekan

performa tledekan
(Shuttertstock)

Menjaga performa kicauan dari seekor Tledekan, bukanlah hal yang mudah. Karena perlu ketelitian dan kesabaran tinggi untuk menetapkan konsistensimu dalam sebuah settingan perawatan Tledekan.

Burung jenis Tledekan juga termasuk jenis burung yang telah lama lengser dan digantikan dengan jenis burung lain yang sekarang ini sedang tenar seperti Kenari dan Pleci.

Tentu saja peminatnya akan berkurang dan karena hal itu juga metode-metode oleh para ahli dalam menjaga performa suaranya juga berangsur tak dirasakan lagi.

Tledekan terkenal dengan kicauannya yang merdu dengan gaya nyeklek yang sering diperlihatkan jika perawatannya dilkukan dengan baik dan benar. Sebelum melakukan perawatan harian Tledekan, kamu harus tahu seperti apa karakter dan jenis kelamin burung peliharaanmu.

Jika sudah mengetahuinya, akan lebih mudah untuk membuatnya mengerti dan menyesuaikan dengan perawatan yang kamu terapkan. Berikut ini adalah bagaimana cara menjaga performa Tledekan agar tetap gacor dan tahan lama.

Perawatan Harian Untuk Menjaga Performa Tledekan Agar Stabil

1. Ciri Performa Tledekan yang Bagus

Sebelum itu, ada baiknya kamu tahu seperti apa ciri-ciri burung dengan performa Tledekan yang bagus untuk dilatih dan di jaga.

Menurut ahli yang telah lama bergelut di bidang hobi burung Tledekan, kepala besar, ramping, mata belo, dan paruh tebal merupakan ciri yang sangat ideal untuk seekor Tledekan dengan performa suara yang bagus.

Baca juga : Cara Memilih Burung Tledekan Berkualitas

2. Umur Muda

Seperti pada burung kicau lainnya, Tledekan yang masih muda cenderung memiliki performa Tledekan lebih baik dari pada yang sudah tua atau dewasa. Tledekan yang berumur 1 tahun masih tergolong muda dan bisa di rawat untuk meningkatkan performanya.

Tledekan muda juga sangat berpotensi untuk dijaga performanya. Jika saat usia muda sang pemilik tidak pandai dalam menjaga mental, maka akan membuat mental Tledekan drop saat dewasa.

3. Pemberian Pakan EF

Pemberian pakan EF bisa meningkatkan birahi Tledekan. Hal ini penting karena birahi merupakan salah satu faktor yang bisa menjaga performa Tledekan. EF yang bagus untuk meningkatkan birahi adalah jangkrik, ulat hongkong, belalang, ulat jerman, dan lainnya.

Untuk setingannya sendiri juga berbeda dengan perawatan harian. Kamu boleh mengubahnya menjadi setingan harian jika ingin meningkatkan dan menjaga performa Tledekan tersebut. Pertama, pemberian kroto pada pagi hari dengan takaran cukup kemudian diberikan 5 ekor jangkrik yang diberikan setiap pagi hari.

Setelah memandikan burung di sore hari, berikan 5 ekor jangkrik kembali. Bisa diberikan kroto dan pakan voer sesuai keadaan Tledekan. Untuk satu hari dalam satu minggu, berikan pemberian EF yang sedikit lebih banyak, misalnya pada hari jum’ at.

Pada hari jum’ at berikan pakan jangkrik atau yang lainnya lebih sebanyak 1 ekor sehingga bertambah menjadi 6 ekor untuk pagi dan sore hari. Dengan setingan seperti ini, akan membantu dalam meningkatkan performa Tledekan.

4. Pemberian Multivitamin

Birdvit merupakan suplemen multi vitamin yang wajib diberikan pada Tledekan untuk menunjang kebutuhan vitamin dalam tubuhnya. Pemberian vitamin secara rutin bisa membantu dalam menjaga performa Tledekan, karena vitamin berfungsi juga menambah kelincahan, kekuatan, dan tenaga.

5. Pemberian Multimineral

Sama dengan jenis multivitamin, suplemen ini juga perlu untuk diberikan kepada Tledekan karena membantu dalam memperkuat tulang, otot, serta kebutuhan mineral tubuh Tledekan yang lain. Pemberiannya boleh dilakukan pada siang hari, malam hari, atau bersamaan dengan pemberian EF pagi dan sore hari.

6. Pengkrodongan

Proses pengkrodongan sangat perlu karena dengan ini, Tledekan bisa beristirahat full dan menjaga staminanya sehingga performa Tledekan tetap terjaga.

Krodong di buka pada pagi hari sebelum melakukan pengembunan sampai penjemuran. Setelah penjemuran, ada baiknya di krodong saja untuk menjaga performa suara Tledekan.

Sekitar pukul 05.00 sore, kamu wajib melakukan full krodong sampai pagi hari esoknya untuk menjaga performa suara serta kondisi tubuh dari Tledekan. Contohnya saja jika burung terus berbunyi, maka akan cepat lelah dan mentalnya mudah drop.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Ngedrop

7. Pengembunan

Pengembunan bisa membuat pikiran burung menjadi plong dan terhindari dari stress. Burung yang tidak stress tentu akan terjaga performa Tledekan tersebut. Pengembunan yang baik untuk Tledekan adalah sekitar pukul 05.00 subuh sampai secukupnya saja.

Manfaat dari pengembunan secara rutin dapat juga menjaga kualitas suara. Maka dari itu untuk Tledekan lomba wajib melakukan pengembunan setiap hari.

8. Angin-Anginan

Proses ini juga penting untuk menjaga performa Tledekan baik dari segi kesehatan maupun lainnya karena membantu menyegarkan pikiran. Jika kamu hendak melakukan kegiatan harian seperti mandi, krodong, penjemuran, pemberian pakan, dan lainnya, ada baiknya di angin-anginkan terlebih dahulu minimal 15 menit.

9. Perawatan Khusus Hari Sabtu

Berbeda dengan perawatan harian yang seperti dijelaskan pada poin di atas, hari sabtu sedikit khusus berbeda dengan jum’at di mana kamu menambah sedikit porsinya, maka di hari sabtu benar-benar diberikan pakan khusus. Pada hari sabtu berikan 5 ekor ulat hongkong yang masih muda.

Ulat hongkong muda memang sedikit sulit di dapat karena biasanya tergabung dengan ulat hongkong normal lainnya. Namun, kamu dapat memilahnya. Pemberiannya boleh dilakukan pada saat pagi dan sore hari, sama dengan pemberian EF pada hari-hari normal.

10. Pemberian Air Minum

Air minum yang disediakan harus benar-benar bersih, kalau bisa air yang sudah dimasak atau beli air mineral saja untuk memudahkan. Jika air terlihat sudah kotor, ganti air tersebut dengan air baru.

Perhatikan juga kebersihkan capuk air minum. Jangan sampai berlumut atau kotor karena bisa membawa banyak bakteri yang bisa membuat Tledekan menjadi drop dan sakit.

11. Pelatihan Mental

Tentu saja untuk tetap menjaga performa sulingan baik itu suara, kesehatan, fisik, mental, dan lainnya tentu harus melalui banyak pelatihan. Untuk masalah mental boleh di coba untuk rutin diberikan mandi malam. Banyak juga pelatihan untuk membuat mental Tledekan tambah bagus.

Baca juga : Cara Melatih Mental Tledekan Bakalan Agar Gacor Ngeplong

12. Olahraga

Sedangkan untuk menjaga kualitas tenaga, pernapasan, dan fisiknya, latihlah Tledekan menggunakan kandang umbaran. Selain itu, metode ini juga bisa membuat Tledekan menjadi kurus dan ideal. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan mandi keramba dan melatih burung untuk mandi sendiri.

Nah itu dia cara menjaga performa Tledekan agat tetap stabil dan rajin bunyi. Ikutih terus tips tips dari kami ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel