Pinhome

Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Gacor dan Ngebren

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 20 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara merawat Ciblek Bahan agar gacor dan ngebren – Bagi para kicau mania, pastinya akan mengharapkan kicauan indah dan merdu dari burung peliharaannya yang telah melalui berbagai perawatan harian khusus. Begitupun dengan para pemilik burung Ciblek.

Sebagian besar pemilik burung Ciblek, sangat mengharapkan untuk menjadikan burungnya sebagai masteran saat dewasa. Namun, untuk mencapainya, tentu bukanlah perkara yang instan.

Selain ketepatan pada pemilihan burung sejak masih bakalan, pemberian pakan dan pola setelan perawatan Ciblek harian juga sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan Ciblek saat dewasa.

Setiap jenis Ciblek tentunya memiliki cara perawatan yang berbeda beda. Kali ini, kami akan membahas cara merawat Ciblek Bahan agar gacor dan ngebren. Simak terus sampai habis ya Pins!

Cara Merawat Ciblek Bahan

merawat ciblek bahan agar gacor
(Shutterstock)

Pada dasarnya perawatan utama burung Ciblek cukup sederhana. Kamu hanya perlu menjinakkan burung Ciblek Bahan tersebut, kemudian berikan pakan racikan, dan pemasteran. Namun, karena setiap burung Ciblek mempunyai karakter dan jenis yang tidak sama, maka dibutuhkan setingan yang beraneka ragam.

Perawatan burung Ciblek dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing selama berada di rumah. Kamu juga dapat menyesuaikan perawatan burung ini dari pemilik sebelumnya. Hal tersebut lebih baik dan mudah karena kamu hanya perlu meneruskannya saja.

Akan tetapi, jika tidak diberi tahu setingan sebelumnya, maka mau tidak mau harus memulai dan mencoba-coba berbagai perawatan Ciblek sampai ketemu setingan yang cocok agar bisa ngunci.

1. Burung Ciblek Dijinakkan

Untuk memperlancar proses perawatan, sebisa mungkin kamu harus menjinakkan burung Ciblek Bahan terlebih dahulu. Sebab, burung Ciblek di pasaran merupakan burung hasil tangkapan hutan.

Burung-burung ini masih liar dan galak. Sehingga mereka sering tidak mau mengikuti atau menerima perawatan yang diberikan pemiliknya.

Baca juga : Cara Melatih Mental Ciblek Gunung Agar Rajin Bunyi

Agar Ciblek cepat jinak, pilihlah burung yang masih muda. Saat beli burung di ombyokan pasar, pilih burung yang masih anakan atau bakalan. Tujuannya, agar kamu lebih mudah dan cepat dalam menjinakkan burung tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat melatih mentalnya sejak dini. Berbeda dengan burung dewasa yang mentalnya sudah melekat sejak masih di alam liar. Sehingga tak jarang ada burung Ciblek dewasa hasil tangkapan hutan yang ketakutan atau mentalnya drop saat bertemu dengan manusia.

Tahap-tahap Menjinakkan Ciblek

Berikut ini cara menjinakkan burung Ciblek Bahan:

  • Embunkan burung di jam 05.00 pagi hingga matahari terbit.
  • Berikan EF pada burung di jam 07.00. Kamu bisa memberikan EF berupa jangkrik kecil 2-3 ekor serta kroto sebanyak 1 sendok teh.
  • Kemudian mandikan burung dan dijemur selama 2 jam.
  • Untuk siang hari, burung tidak perlu dikerodong karena sekalian latihan mental. Burung bisa digantung di tempat ramai atau dilewati manusia.
  • Menjelang sore atau sekitar jam 16.00, mandikan kembali burung Ciblek, tunggu sampai bulu kering.
  • Selanjutnya, berikan pakan EF jangkrik kecil 3 ekor. Setelah itu, masterkan burung Ciblek sampai keesokan harinya.

Baca juga : Cara Menjinakkan Burung Liar Hasil Tangkapan Hutan

2. Racikan Pakan Burung Ciblek

Pakan racikan Ciblek bisa berupa ¼ kroto yang dicampur dengan ¾ voer. Campuran pakan kroto dan voer dapat disajikan selama 1-3 hari. Untuk hari berikutnya, racikan pakan bisa diubah dengan perbandingan ½ : ½ untuk voer dan kroto.

Baca juga : Pakan Ciblek Agar Cepat Gacor dan Ngalas Ngebren

Berikan racikan tersebut setiap pagi dan sore hari agar Ciblek cepat gacor dan ngebren. Agar kebugaran burung Ciblek selalu terjaga, kamu harus rutin memberikan pakan EF berupa jangkrik kecil sekitar 2 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari adalah kuncinya.

3. Pemasteran Burung Ciblek

merawat ciblek bahan agar gacor
(Shutterstock)

Agar isian masteran cepat masuk, sebaiknya burung Ciblek Bahan sudah dalam kondisi jinak. Mengapa harus menunggu Ciblek jinak dulu? Hal ini karena burung yang sudah jinak dapat mengingat atau merekam suara masteran dengan sangat baik.

Kamu bisa memperdengarkan masteran burung Ciblek gacor ngebren atau jenis burung lain seperti Cililin atau Kenari. Manfaat masteran burung lain dapat menjadikan suara Ciblek lebih bervariasi.

Jika kamu ingin menaikkan birahi agar Ciblek lebih rajin berkicau, maka perdegarkan suara Ciblek betina. Jika tidak punya Ciblek betina atau Ciblek yang gacor, kamu dapat memutar suara MP3 atau masteran suara burung dari YouTube.

Dapatkan : Suara Ciblek Betina Untuk Pancingan dan Pikat Burung

Proses pemasteran yang baik, dilakukan malam hari dalam kondisi sangkar dikerodong atau saat Ciblek mabung. Burung yang dimaster malam hari lebih fokus mendengarkan suara masteran dan suara isiannya lebih cepat terserap ke otak.

Dengan perawatan seperti ini burung Ciblek akan gacor dan ngebren. Suara yang dihasilkan akan mirip senjata AK47 yang tiada hentinya. Jadi, suara Ciblek akan terdengar gacor, ngerol, menggulung-gulung dan berulang-ulang tanpa henti, mirip suara AK47.

Nah, itu dia cara merawat Ciblek Bahan agar gacor dan ngebren. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti perumahan Golden Park 2 di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel