Peran Venture Capital

Diperbarui oleh Kartika Laksita ∙ January 18, 2022 ∙ 4 menit membaca

Peran venture capital – Orang awam yang baru saja ingin merintis suatu bisnis, pasti akan mencari info-info penting apa saja yang ada di bidang tersebut. Banyak istilah yang kurang dipahami oleh orang awam mulai dari startup, business model, inkubator, akselerator, venture capital dan lain-lain.

Entah kenapa, memulai sesuatu bisnis harus lebih berhati-hati. Hati-hati disini dimaksudkan karena sering kali beberapa orang takut mengalami kerugian saat merintis bisnis baru.

Selain itu, memahami hal-hal yang belum pernah diketahui sebelumnya. Untuk apa? Agar bisa menjadi pebisnis yang benar-benar kompeten dalam bidangnya.

Mengenal Venture Capital

mengenal venture capital

Apakah Anda tahu, apa itu venture capital?

Venture Capital merupakan sebuah jenis pembiayaan yang disediakan para investor untuk perusahaan startup, baik itu kecil hingga menengah. Venture capital berasal dari investor besar sampai dengan investor bank.

Tidak hanya itu, para perusahaan startup harus memiliki perkembangan bisnis yang bagus. Karena para investor besar pasti akan tertarik untuk melakukan investasi ke perusahaan startup Anda.

Sudah jelas, venture capital disini menjadi bagian yang sangat penting bagi sebuah perkembangan perusahaan rintisan kecil atau startup.

Selain istilah venture capital, ternyata ada juga istilah venture capitalist. Venture capitalist merupakan bagian yang mengawasi atau mengelola jalannya venture capital.

Apa tugas dari seorang venture capitalist? Tugas adalah memproyeksikan keuntungan dari kepemilikan yang didapatkan dari perusahaan yang diberikan dana.

Sedangkan, dana yang diberikan kepada perusahaan startup didapatkan dari para investor besar disebut dengan Limited Partners. Limited Partners ini terdiri dari orang-orang kaya, dana pensiun, dana mengendap, perusahaan besar dan sumber lainnya.

Peran Venture Capital

peran venture capital

Berikut peran dari venture capital terutama untuk para perusahaan startup:

1. Memastikan Startup Mendapat Untung Besar

Investor atau venture capital akan memberikan dana pinjaman kepada perusahaan Anda kelola sekarang. Biasanya dari pihak pengelola venture capital akan membantu perusahaan rintisan untuk mendapat keuntungan yang besar.

Jasa modal venture capital yang besar akan mempermudah para perusahaan startup untuk menaikkan jumlah perputaran uang. Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena apabila bisnis yang didanainya memiliki nilai saham yang tinggi jasa, maka jasa yang menyediakan modal seperti ini akan meraup keuntungan besar.

2. Memangkas Waktu Penggalangan Dana Bisnis Baru

Jika Anda adalah orang baru yang akan memulai sebuah bisnis, tentu akan berpikir bagaimana dan berapa besar modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Hal ini terjadi karena terbatasnya modal dan membuat perusahaan kecil terlambat berkembang.

Nah, untuk bisa lebih fokus memajukan startup, Anda bisa mencoba memasukkan berkas ke salah satu venture capital. Dimana perusahaan Anda tidak akan membuang waktu yang banyak hanya untuk menggalang dana.

Salah satu perusahaan yang bisa memberikan suntikan dana adalah Convergence Ventures. Firma Venture Capital yang satu ini akan memaksimalkan potensi & mengembangkan produk dari perusahaan Anda.

3. Mencadangkan Tambahan Modal

Adanya venture capital memang tidak bisa dipisah dari bisnis startup, mengapa demikian? Karena memiliki peran yang sangat penting.

Apa peran penting tersebut? Yaitu mencadangkan modal yang telah disediakan. Sehingga bos atau pemimpin perusahaan dapat berkembang tanpa perlu pusing-pusing mencari pinjaman dana tambahan.

Venture capital akan menyimpan tambahan modal sebagai dana lanjutan. Tujuannya yaitu untuk pengembangan bisnis jangka waktu yang lebih panjang.

4. Akses Mudah Jaringan VC

Akses jaringan merupakan keuntungan besar lainnya yang bisa didapatkan setelah kesepakatan kerjasama dengan venture capital. Keuntungan ini bisa berupa jaringan klien dan juga karyawan untuk menggunakan jasa atau produk dari perusahaan yang sedang Anda jalani sekarang.

Modal memang menjadi suatu bagian yang sangat penting demi keberlangsungan sebuah perusahaan yang sedang berkembang. Tetapi, ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting.

Venture capital di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, dan sudah menangani berbagai macam bisnis yang tentunya memiliki jaringan yang kuat. Tentu saja, bukan orang sembarangan yang masuk ke dalam jaringan venture capital.

Sebagian dari mereka mempunyai berbagai keahlian, sebagian juga merupakan seorang pengusaha dan memiliki pengalaman yang lebih dalam bidang yang Anda kelola. Sehingga akan memberikan sudut pandang yang berbeda pada masalah yang akan muncul, agar perusahaan Anda bisa berkembang menjadi besar.

Demikian penjelasan tentang peran dari venture capital. Memulai suatu bisnis tidaklah mudah tetapi dengan berusaha tentu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia