Pinhome

Tentang peradaban lembah sungai Gangga

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 14 September 2014 ∙ 3 menit membaca

Tentang peradaban lembah sungai Gangga – Lembah Sungai Gangga dengan anak sungainya Yamuna terletak di antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Vindhya. Sungai Gangga bertemu dengan Sungai Brahmaputra yang bermata air di Pegunungan Kwen Lun. Lembah Sungai Gangga merupakan daerah yang subur. Sungai Gangga juga dianggap suci oleh umat Hindu.

Menurut kepercayaan umat Hindu India, air sungai Gangga dapat mensucikan diri manusia dan menghapus segala dosa. Begitu pula tulang dan abu orang yang meninggal di buang ke dalam Sungai Gangga agar arwah orang yang meninggal tersebut dapat masuk surga.

Pendukung kebudayaan

Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga meninggalkan jejak yang sangat penting dalam sejarah kehidupan umat manusia. Di tempat ini muncul dua agama besar, yaitu agama Hindu dan Buddha.

Agama Hindu merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan peradaban bangsa Hindu. Kepercayaan Hindu bercorak politeisme dan mengakui tiga dewa tertinggi yang disebut Trimurti, yaitu Brahma (Dewa Pencipta), Wisnu (Dewa pemelihara/pelindung), dan Syiwa (Dewa perusak).

Sementara itu, agama Buddha lahir sebagai bentuk reaksi beberapa golongan atau ajaran kaum Brahmana yang dipimpin oleh Siddarta Gautama. Siddarta Gautama adalah seorang putra mahkota Kerajaan Kapilawastu yang meninggalkan hidup penuh kemewahan dengan menempuh jalan kesederhanaan untuk mengindari penderitaan.

Agama Buddha menyebar setelah Siddarta Gautama mencapai tahap menjadi Sang Buddha, yang artinya disinari. Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka. Dalam penyebaran selanjutnya agama Buddha menjadi dua aliran, yaitu: Buddha Mahayana dan Buddha Hinayang.

Pemerintahan

Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari sistem pemerintahan masyarakat Lembah Sungai Indus. Setelah Kerajaan Maurya runtuh, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan. Keadaan ini baru dapat diamankan setelah munculnya Kerajaan Gupta.

Baca juga Awal dan akhir Peradaban Lembah Sungai Indus (India Kuno) 

1. Kerajaan Gupta

Kerajaan Gupta didirikan oleh Candragupta I. Mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Samudra Gupta (cucu Candragupta I), yang berhasil menguasai seluruh Lembah Sungai Gangga dan Lembah Sungai Indus. Ibukota Kerajaan Gupta adalah Kota Ayodhya.

Kemudian Raja Samudra Gupta digantikan anaknya yang bernama Candragupta II. Pada masa pemerintahannya kesusastraan mengalami perkembangan yang pesat, bahkan pada masa ini terkenal seorang pujangga yang bernama Pujangga Kalidasa dengan hasil karyanya berjudul Syakuntala.

Setelah Candragupta II meninggal, Kerajaan Gupta mulai mengalami kemunduran. Hampir dua abad India mengalami masa kegelapan, dan baru pada abad ke-7 Masehi muncul raja kuat yang bernama Harshawardana.

2. Kerajaan Harsha

Salah seorang raja Kerajaan Harsha adalah Harshawardana (seorang pujangga besar). Ibu kota Kerajaan Harsha adalah di Kanay. Pada masa pemerintahannya, kesusastraan dan pendidikan berkembang dengan pesat. Pujangga yang terkenal pada masa itu adalah Pujangga Bana dengan buku karangannya berjudul Harshacarita.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia