Tentang peradaban lembah sungai Gangga

Diperbarui oleh ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Tentang peradaban lembah sungai Gangga – Lembah Sungai Gangga dengan anak sungainya Yamuna terletak di antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Vindhya. Sungai Gangga bertemu dengan Sungai Brahmaputra yang bermata air di Pegunungan Kwen Lun. Lembah Sungai Gangga merupakan daerah yang subur. Sungai Gangga juga dianggap suci oleh umat Hindu.

Menurut kepercayaan umat Hindu India, air sungai Gangga dapat mensucikan diri manusia dan menghapus segala dosa. Begitu pula tulang dan abu orang yang meninggal di buang ke dalam Sungai Gangga agar arwah orang yang meninggal tersebut dapat masuk surga.

Pendukung kebudayaan

Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga meninggalkan jejak yang sangat penting dalam sejarah kehidupan umat manusia. Di tempat ini muncul dua agama besar, yaitu agama Hindu dan Buddha.

Agama Hindu merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan peradaban bangsa Hindu. Kepercayaan Hindu bercorak politeisme dan mengakui tiga dewa tertinggi yang disebut Trimurti, yaitu Brahma (Dewa Pencipta), Wisnu (Dewa pemelihara/pelindung), dan Syiwa (Dewa perusak).

Sementara itu, agama Buddha lahir sebagai bentuk reaksi beberapa golongan atau ajaran kaum Brahmana yang dipimpin oleh Siddarta Gautama. Siddarta Gautama adalah seorang putra mahkota Kerajaan Kapilawastu yang meninggalkan hidup penuh kemewahan dengan menempuh jalan kesederhanaan untuk mengindari penderitaan.

Agama Buddha menyebar setelah Siddarta Gautama mencapai tahap menjadi Sang Buddha, yang artinya disinari. Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka. Dalam penyebaran selanjutnya agama Buddha menjadi dua aliran, yaitu: Buddha Mahayana dan Buddha Hinayang.

Pemerintahan

Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari sistem pemerintahan masyarakat Lembah Sungai Indus. Setelah Kerajaan Maurya runtuh, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan. Keadaan ini baru dapat diamankan setelah munculnya Kerajaan Gupta.

Baca juga Awal dan akhir Peradaban Lembah Sungai Indus (India Kuno) 

1. Kerajaan Gupta

Kerajaan Gupta didirikan oleh Candragupta I. Mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Samudra Gupta (cucu Candragupta I), yang berhasil menguasai seluruh Lembah Sungai Gangga dan Lembah Sungai Indus. Ibukota Kerajaan Gupta adalah Kota Ayodhya.

Kemudian Raja Samudra Gupta digantikan anaknya yang bernama Candragupta II. Pada masa pemerintahannya kesusastraan mengalami perkembangan yang pesat, bahkan pada masa ini terkenal seorang pujangga yang bernama Pujangga Kalidasa dengan hasil karyanya berjudul Syakuntala.

Setelah Candragupta II meninggal, Kerajaan Gupta mulai mengalami kemunduran. Hampir dua abad India mengalami masa kegelapan, dan baru pada abad ke-7 Masehi muncul raja kuat yang bernama Harshawardana.

2. Kerajaan Harsha

Salah seorang raja Kerajaan Harsha adalah Harshawardana (seorang pujangga besar). Ibu kota Kerajaan Harsha adalah di Kanay. Pada masa pemerintahannya, kesusastraan dan pendidikan berkembang dengan pesat. Pujangga yang terkenal pada masa itu adalah Pujangga Bana dengan buku karangannya berjudul Harshacarita.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Gas Fee dalam Saham? Begini Cara Menggunakannya

Jika kamu adalah seorang pemula dalam investasi saham, mungkin kamu masih bingung dan awam tentang

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Peringatan Kerja dan Surat Teguran

Jika Pins adalah seorang pemilik, petinggi, maupun HRD dari sebuah perusahaan, maka kamu pasti pern

Gadget
Gadget 16 Rekomendasi HP 5 Jutaan, Libas Game Genshin Impact!

Rekomendasi HP 5 jutaan teratas pada tahun 2022 diberikan kepada 16 smartphone yang ditampilkan pad

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia