Zaman peradaban Islam tertinggi

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Zaman peradaban Islam tertinggi – Setelah kekhalifahan Al-Mahdi (775 – 785 M) berakhir, selanjutnya digantikan oleh Harun Al-Rasyid (785 – 809 M). Pada zaman Harun Al-Rasyid, hidup mewah sebagaimana digambarkan dalam cerita Seribu Satu Malam, sudah memasuki masyarakat modern.

Kekayaan yang melimpah digunakan Harun Al-Rasyid banyak digunakan untuk kepentingan sosial. Pendirian rumah sakit, pendidikan dokter dipentingkan, dan farmasi dibangun. Diceritakan bahwa Baghdad pada waktu itu memiliki hingga 800 dokter. Disamping itu, juga dibangun pemandian-pemandian umum.

Baca juga: Masa disintegrasi Islam Dinasti Abbasiyah

Harun Al-Rasyid adalah raja besar pada zaman itu dan hanya Charlemagne di Eropa yang dapat menyainginya. Anaknya, Al-Ma’mun (813 – 833 M), meningkatkan perhatian pada ilmu pengetahuan. Untuk menerjemahkan buku-buku kebudayaan Yunani, ia mengkaji penerjemah-penerjemah dari golongan Kristen, Sabi, dan bahkan juga penyembah bintang.

Untuk itu, ia dirikan Bait Al-Hikmah. Di samping lembaga tersebut, didirikan pula sekolah-sekolah. Al Ma’mun adalah penganut aliran Mu’tazilah yang banyak dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani.

baca juga: Masa kemunduran Islam 1 tahun 1250 sampai 1500 Masehi

Pada masanya, Baghdad mulai menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Khalifah Al-Mu’tasim (833 – 842 M) sebagai anak dari ibu berkebangsaan Turki mendatangkan orang-orang Turki untuk menjadi tentara pengawalnya.

Dengan demikian, pengaruh Turki mulai masuk ke pusat pemerintahan Bani Abbas. Tentara pengawal Turki kemudian begitu berkuasa di istana, sehingga khalifah-khalifah pada akhirnya hanya merupakan boneka dalam tangan mereka. Yang pada hakikatnya yang memerintah bukan lagi khalifah, tetapi perwira-perwira dan tentara pengawal Turki.

Untuk melepaskan diri dari pengaruh Turki, Al-Wathiq (842 – 847 M) mendirikan ibukota Samarra (Surra man ra’a = gembira orang yang melihatnya) dan pindah dari Baghdad. Akan tetapi, di sana para khalifah dapat dikuasai oleh tentara Turki.

Baca juga: Sejarah kemajuan Islam 2 zaman 3 kerajaan besar tahun 1500-1700 Masehi

Khalifah besar terakhir dari Dinasti Abbasiyah adalah Mutawakkil (847 – 861 M). Kahlifah-khalifah sesudahnya pada umumnya lemah dan tidak dapat melawan kehendak tentara pengawal dan sultan-sultan yang kemudian datang menguasai ibukota.

Ibukota di pindahkan kembali ke Baghdad oleh Mu’tadin (870 -892 M). Khalifah terakhir sekali dari Dinasti Abbasiyah adalah Al-Musta’sim (1242 – 1258 M) Pada zamannyalah Baghdad dihancurkan oleh Hulagu pada tahun 258 Masehi.

Pada masa Dinasti Abbasiyah perhatian ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani memuncak, terutama pada zaman Harun Al-Rasyid dan Al-Ma’mun. Buku-buku ilmu pengetahuan dan filsafat didatangkan dari Bizantium, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Kegiatan penerjemahan buku-buku ini berjalan kira-kira satu abad. Bait Al-Hikmah yang didirikan Al-Ma’mun, bukan hanya merupakan pusat penerjemahan saja, tetapi juga akademi yang memiliki perpustakaan.

Di antara cabang-cabang ilmu pengetahuan yang diutamakan dalam Bait Al-Hikmah ialah ilmu kedokteran, matematika, optika, geografi, fisika, astronomi, dan sejarah disamping filsafat.

Ringkasnya, periode ini adalah periode peradaban Islam yang tertinggi dan memiliki pengaruh, sungguhpun tidak secara langsung, pada tercapainya peradaban modern di Barat sekarang. Periode kemajuan Islam ini sebagaimana disebut Christopher Dawson, bersamaan masanya dengan abad kegelapan di Eropa.

Memang, seperti diterangkan oleh H. Mc Neill, kebudayaan Kristen di Eropa di antara 600 dan 1000 M, sedang mengalami masa surut yang rendah. Pada abad ke-11, Eropa mulai sadar akan adanya peradaban Islam yang tinggi di timur melalui Spanyol, Sisilia, dan Perang Salib, peradaban itu sedikit demi sedikit di bawa ke Eropa.

Mulailah Eropa kenal dengan rumah sakit, pemandian umum, pemakaian burung dara untuk mengirim informasi militer, pada bahan-bahan makanan timur, seperti beras (rice, rijst, du riz, berasal dari al-rurz), jeruk (lemon berasal dari al-laimun), gula (sugar, sucre, suiker berasal dari a-sukkar), dan sebagainya.

Mereka kenal pada hasil-hasil tenunan timur, seperti kain muslin yang berasal dari kata Mosu, kain baldaclin (dari kota Baghdad), kain damask (dari kota Damaskus) pada permadani, gelas, dan sebagainya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia