Penyebaran daerah hujan dan musim di Indonesia

Diperbarui oleh ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Banyak daerah di Indonesia ditandai bulan dengan hujan terbanyak sebagian besar antara Desember dengan Maret (Jakarta, Semarang, Surabaya, Ujungpandang, Manado dan Jayapura). walaupun terletak di lintang yang berbeda-beda, hujan maksimumnya jatuh pada bulan Januari.

Hanya di beberapa daerah saja hujan maksimum jatuh pada bulan-bulan Juni – Juli – Agustus, misalnya dari sejumlah 240 cm/tahun hujan yang jatuh di Ambon, jatuh kebanyakan pada pada Mei – Juni – Juli, juga Sorong hujan maksimumnya jatuh pada bulan-bulan itu. Tebelo yang terletak di pantai Timur Halmahera daerahnya lebih kering dan maksimum hujannya jatuh pada bulan Mei.

Jumlah bulan dengan sedikit hujan atau sama sekali tak ada curah hujan, berangsur-angsur lebih jelas dari Barat ke bagian Tenggara. Hal ini karena pengaruh musim Timur dari Gurun Australia yang kering makin kuat di bagian Tenggara tadi.

Suatu contoh misalnya Jambi yang mendapat hujan rata-rata pertahun 300 cm hanya satu bulan dalam setahun mendapat hujan kurang dari 15 cm, sedangkan Ujungpandang dengan keseluruhan curah hujan pertahunnya 290 cm, selama empat bulan curah hujannya dibawah cm. Hal ini juga tampak di daerah Kalimantan Timur.

Nusa Tenggara, Jawa Timur dan bagian-bagian dari Sulawesi Tenggara dan Selatan sangat dipengaruhi oleh musim kering yang panjang. Daerah dataran rendah di pantai mengalami lebih banyak kekeringan daripada daerah yang berbukit-bukit, karena ketinggian mendorong curah hujan yang lebih tinggi. Secara keseluruhan daerah terkering adalah pantai selatan dan pantai Timur.

Daerah-daerah yang tinggi seperti Gunung Rinjani (Lombok) dan Gunung Tambora di Sumbawa mendapat curahan yang tinggi dengan tidak ada sama sekali bulan kering, tetapi sebagian besar Lombok Timur, Sumbawa Selatan dan daerah pantai Sumbawa merupakan daerah kering.

Baca juga: 4 faktor iklim di Indonesia dan penjelasannya

Musim di Indonesia

1. Musim kemarau

Pada bulan Juli Indonesia dipengaruhi oleh musim Timur, Angin bertiup dari arah Tenggara dan setelah melalui khatulistiwa angin tersebut membelok ke kanan dan menjadi angin musim Barat Daya bagi daerah-daerah yang letaknya di utara Khatulistiwa (ingat hukum Buys Ballot) yang berbunyi: 

  • Angin ialah massa udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum.
  • Di Belahan Bumi Utara, arah gerakan angin dibelokkan ke kanan, sedangkan di Belahan Bumi Selatan arah angin dibelokkan ke kiri.

Angin ini merupakan angin kering bagi daerah Indonesia yang terletak di belahan selatan. Hal ini disebabkan pada masa-masa itu matahari sedang bergerak di belahan bumi utara (ingat tanggal 21 Maret matahari mulai mulai bergerak meninggalkan khatulistiwa ke arah utara dan mencapai garis balik utara atau tropik of Cancer pada tanggal 21 Juni serta mencapai lagi khatulistiwa pada 23 September).

Ini berarti belahan bagian utara sedang mengalami musim panas dan Asia Tengah mengalami tekanan minimum. Sedangkan belahan bumi selatan pada waktu itu sedang musim winter dan Australia mengalami tekanan maksimum. Udara bergerak dari tekanan maksimum ke daerah minimum (Hukum Buys Ballot).

Itulah sebabnya daerah Indonesia yang letaknya di belahan selatan mengalami musim kering, karena angin itu datang dari benua Australia yang kering (bagian tengah Australia adalah gurun), dan laut yang dilewati angin itu sempit.

2. Musim hujan

Keadaan bulan Januari adalah sebaliknya. Pada waktu itu Australia sedang mengalami musim panas dan belahan utara sedang musim dingin. Asia Tengah sedang mengalami tekanan maksimum dan Australia sedang mengalami tekanan minimum. Musim di sebagian Indonesia adalah musim barat. Musim ini membawa hujan bagi hampir seluruh wilayah Indonesia.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia